ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Dukung Dua Pita Frekuensi 5G Sekaligus, MediaTek Rilis Chipset Dimensity 1050

MediaTek-Dimensity-1050-Header

Gadgetren – Produsen chipset asal Taiwan telah memamerkan chipset anyarnya yang bernama Dimensity 1050 yang didukung oleh dua pita frekuensi jaringan 5G meliputi mmWave dan sub-6GHz.

Lewat chipset ini, MediaTek untuk pertama kalinya membawa pita frekuensi mmWave untuk handphone 5G. Chipset ini diklaim mampu beralih dari pita frekuensi mmWave 5G ke sub-6GHz dengan lancar.

Pada spektrum sub-6, chipset ini mendukung agregasi operator 3CC, sedangkan pada spektrum mmWave dilengkapi agregasi operator 4CC. Dengan menggabungkan dua pita frekuensi jaringan 5G, Dimensity 1050 dijanjikan MediaTek akan bisa memberikan kecepatan hingga 53 persen lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas ke handphone dibandingkan dengan agregasi LTE yang digabungkan ke pita frekuensi mmWave saja.

Di samping menghadirkan kecepatan 5G ke level berikutnya, Dimensity 1050 juga menawarkan peningkatan bermain game melalui fitur Wi-Fi yang dibekali HyperEngine 5.0 untuk memastikan koneksi latensi lebih rendah dengan tri-band baru mencakup 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz sehingga bisa memperpanjang waktu dan kinerja game.

Di samping itu Dimensity 1050 telah dibuat melalui teknologi fabrikasi 6nm yang berisi CPU Octa-Core atau delapan inti dan memiliki kecepatan mencapai 2,5GHz CPU Arm Cortex-A78 serta dipadukan dengan GPU atau mesin grafis Arm Mali-G610.

Chipset ini juga telah kompatibel dengan teknologi RAM LPPDR5 dan penyimpanan internal UFS 3.1 yang memungkinkan kinerja baca dan tulis untuk aplikasi, game, visual konten atau frame rate yang lebih cepat lagi dari generasi sebelumnya.

Soal fotografi, chipset Dimensity 1050 mampu menghadirkan fitur-fitur berupa video HDR ganda dan didukung mesin pemrosesan gambar APU 550 MediaTek untuk meningkatkan aksi kamera AI yang bisa menangkap objek dengan jelas di kondisi minim cahaya.

MediaTek-Dimensity-1050

Sementara chipset ini bisa menampung kamera utama beresolusi 108MP dengan lensa pelengkap lainnya beresolusi 20MP dan 20MP dan juga mampu mendukung perrekaman video dengan resolusi 4K atau 3840 x 2160 piksel.

Dimensity 1050 mendukung resolusi layar Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dengan refresh rate hingga 144Hz. Fitur-fitur lainnya yang bisa diterapkan ke perangkat seluler atau handphone berbasis Android antara lain True Dual 5G SIM (5G SA + 5G SA), Dual VoNR, dan Wi-Fi 6E yang memungkinkan efisiensi daya dengan antena MIMO 2×2 untuk koneksi yang lebih cepat.

CH Chen selaku Deputy General Manager, Wireless Communications Business mengatakan bahwa  Dimensity 1050 dan kombinasi teknologi sub-6GHz dan mmWave akan menghadirkan pengalaman 5G end-to-end, konektivitas tanpa gangguan, dan efisiensi daya yang unggul untuk memenuhi permintaan pengguna sehari-hari.

“Dengan koneksi yang lebih cepat, lebih andal, dan teknologi kamera canggih, chipset ini menghadirkan fitur canggih untuk membantu perangkat membedakan lini produk ponsel cerdas mereka,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar