ASUS TUF Gaming FX507
Berita Feature Phone

MediaTek Rilis Chipset Terbaru Dimensity 720 5G Untuk HP Kelas Menengah

MediaTek-Rilis-Chipset-Terbaru-Dimensity-720-Untuk-HP-Kelas-Menengah-Header.

Gadgetren – MediaTek telah mengumumkan Dimensity 720, sebuah System on Chip (SoC) 5G terbarunya yang akan memberikan akses pengalaman 5G premium pada smartphone kelas menengah.

Dimensity 720 merupakan rangkaian chipset 5G yang MediaTek hadirkan mulai dari Dimensity 1000 untuk smartphone 5G flagship hingga seri Dimensity 800 dan 700.

Dr. Yenchi Lee selaku Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek menuturkan bahwa Dimensity 720 telah menetapkan standar baru dengan memberikan pengalaman teknologi 5G untuk perangkat-perangkat yang lebih terjangkau bagi konsumen pasar yang lebih luas.

“Chip ini sangat irit daya, memiliki kinerja luar biasa serta teknologi-teknologi tampilan dan pencitraan tingkat tinggi. Gabungan seluruhnya akan membantu para pembuat smartphone dalam mengembangkan berbagai perangkat 5G yang berbeda untuk para konsumen di seluruh dunia,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

SoC Dimensity 720 dengan teknologi pemrosesan fabrikasi 7nm serta modem 5G dibangun dengan teknologi Mediatek 5G UltraSave yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengelola modus operasional modem secara real-time untuk memperpanjang umur baterai.

Chipset ini juga bekerja pada fitur-fitur dalam multimedia, konektivitas, dan pencitraan untuk pengalaman pengguna lebih baik secara menyeluruh. Adapun fitur-fitur yang diberikan chipset Dimensity 720 5G pada smartphone kelas menengah sebagai berikut.

Pertama adanya dukungan layar dengan frame rate mencapai 90Hz untuk gaming dan streaming cepat dan mulus. Kemudian kemampuan streaming video digadang lebih baik dengan pemutaran video MiraVision HDR10+ yang mendukung berbagai fitur, seperti pemetaan ulang dynamic range.

Selanjutnya, opsi konfigurasi fleksibel untuk kamera dengan dukungan hingga kamera tunggal 64MP atau kamera ganda 20+16MP ditambah rangkaian peningkatan kamera dengan teknologi Artificial Intelligence (Al) atau kecerdasan buatan yang diperkuat oleh APU (AI Processing Unit) terintegrasi dari MediaTek.

MediaTek Dimensity 720 5G Fitur

Terdapat pula Voice Wakeup (VoW) yang terintegrasi untuk meminimalkan konsumsi daya dari asisten suara yang selalu menyala dan penekanan kebisingan mikrofon ganda sehingga asisten suara bisa mendengar pengguna lebih baik, bahkan dalam keadaan bising.

Bersama-sama dengan rangkaian fitur-fitur 5G tingkat lanjut, Dimensity 720 memiliki kinerja inti besar khasnya yang memberikan kekuatan yang dibutuhkan perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi terbaru sementara tetap mempertahankan konsumsi tetap hemat daya.

Dengan delapan inti CPU dimana dua inti besar Arm Cortex-A76 beroperasi pada kecepatan 2GHz, chipset ini punya tingkat respon tinggi untuk pengalaman pengguna yang lebih lancar. Dimensity 720 juga didukung GPU kelas Arm Mali G57, memori berteknologi LPDDR4X, dan universal flash storage (UFS) 2.2 untuk kecepatan baca atau tulis yang lebih tinggi.

Tak hanya sampai disitu, chipset ini juga mendukung berbagai teknologi konektivitas terbaru, termasuk dua agregasi operator (2CC CA), Voice over New Radio (VoNR), SIM ganda 5G/4G, dan standby ganda (DSDS) untuk menyediakan koneksi terbaik bagi pengguna.

Dimensity 720 juga menopang jaringan-jaringan sub-6GHz standalone (SA) dan non-standalone (NSA). Kabarnya chipset ini dirancang untuk jaringan-jaringan 5G sub-6GHz global di wilayah Asia, Amerika Utara, dan Eropa.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar