ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Sambut Era 5G, MediaTek Umumkan Chipset MediaTek 5G di Computex 2019

MediaTek-5G-Feature

Gadgetren – Tidak mau ketinggalan dengan Qualcomm Snapdragon 855, MediaTek akhirnya mengumumkan SoC (System-on-Chip) MediaTek 5G di ajang Computex 2019.

Meskipun belum memiliki nama serinya, namun spesifikasi hardware yang dimiliki oleh chipset MediaTek 5G sudah diungkapkan. Terlihat chipset ini memiliki modem 5G Helio M70 yang mendukung jaringan 5G.

Selain itu, modem ini pun mendukung kecepatan download 4,7 Gbps dan kecepatan upload 2,5 Gbps. Penghematan daya pada saat menggunakan koneksi internet pun dapat dikelola secara cerdas dan komprehensif.

Tak hanya itu, modem ini pun mendukung multi-mode dari jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G sehingga dapat menjembatani akses ke jaringan yang sudah ada (2G hingga 4G) sementara jaringan 5G yang sedang dikembangkan di seluruh dunia.

Menariknya, chipset ini memiliki teknologi pergantian bandwidth dinamis yang mampu mengalokasikan bandwidth 5G yang dibutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu sehingga dapat meningkatkan efisiensi daya modem hingga 50 persen dan membuat umur baterai smartphone menjadi lama.

MediaTek-5G-Info

Selanjutnya, chipset MediaTek 5G ini pun dilengkapi dengan CPU dengan arsitektur ARM Cortex A-77 yang diklaim oleh pihak MediaTek memiliki performa kencang sehingga dapat menjalankan smartphone flagship dengan mulus tanpa lag.

Soal urusan grafis, chipset ini pun didukung oleh GPU ARM Mali-G77 yang memungkinkan streaming game berjalan mulus dan memberikan pengalaman bermain game di kecepatan 5G dengan cepat dan lancar.

Berkat pengguna teknologi proses 7nm, MediaTek mengklaim chipset ini mampu memiliki penghematan konsumsi daya ketika smartphone 5G menjalankan game maupun aplikasi dalam aktivitias sehari-hari.

MediaTek pun telah menyematkan arsitektur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) terbaru dengan dukungan APU 3.0 yang memiliki lebih pintar dibandingkan generasi sebelumnya untuk mengelola sistem operasi, aplikasi, proses gambar, dan masih banyak lagi.

Tak ingin kalah dengan kompetitornya, chipset MediaTek 5G ini pun dilengkapi dengan dukungan kamera depan resolusi yang besar hingga 80 MP dan encode/decode untuk video beresolusi 4K dengan kecepatan 60 FPS.

Pihak MediaTek sendiri mengatakan bahwa chipset MediaTek 5G ini akan mulai disematkan pada perangkat komersil di Q1 tahun 2020. Namun produk contoh untuk pelanggannya akan mulai tersedia di Q3 tahun 2019.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar