ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Tipe HP OPPO Untuk Melihat Model dan Tipe

Cara Cek Tipe HP OPPO Header

Gadgetren – Sebelum membeli ponsel, kamu sudah dapat melihat seri dan tipenya secara langsung melalui nama serta angka yang tertera di dus penjualannya.

Namun ada kalanya kamu takut dengan penjual nakal baik di offline maupun online yang suka menipu kamu dengan ponsel OPPO berkualitas HDC atau KW yang dibilang sebagai produk resmi. Padahal saat barangnya terkirim nanti bukan merupakan ponsel asli.

Bagi orang yang polos dan tidak terlalu mengetahui teknologi, tentunya akan mudah tertipu dengan hal tersebut sehingga kamu perlu mengecek tipe ponsel OPPO yang dimiliki.

Cara Cek Tipe HP OPPO

Melalui Settings

  • Buka kunci layar ponsel OPPO.
  • Akses aplikasi Settings.
  • Pilih menu About Phone.
  • Tipe dan mode ponsel OPPO secara jelas akan diperlihatkan pada bagian Device Name.

Selain mendapatkan informasi mengenai model dan tipe perangkatnya, kamu juga dapat melihat model, versi sistem operasi, versi firmware, kapasitas RAM, dan kapasitas penyimpanan internal secara lengkap.

Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan fitur RAM Expansion secara langsung di halaman About Phone. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, RAM Expansion merupakan fitur yang memungkinkan sistem pada ponsel OPPO meminjam kapasitas kosong penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual.

Sebagai alternatif untuk melihat informasi yang ditampilkan dari halaman About Phone, kamu pun dapat menggunakan kode rahasia yang bisa hanya dibuka melalui ponsel OPPO asli.

Melalui Kode Rahasia

  • Akses aplikasi Phone atau Telepon.
  • Ketik kode *#6776#.
  • Pada halaman Software version, kamu dapat melihat nama serta nomor model dari ponsel.

Jika ponsel OPPO asli, maka seharusnya fitur ini dapat menampilkan nama dan nomor modelnya dengan benar. Pada Software Version, kamu juga dapat melihat versi sistem operasi, versi baseband, kernel, versi firmware, dan masih banyak lagi.

Tidak menggunakan fitur bawaan saja, kamu juga dapat melihat tipe dan nama ponsel dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti AIDA64 yang biasanya mendapatkan informasi dari sistem di ponsel.

Melalui Aplikasi AIDA64

  • Download aplikasi AIDA64 dari Google Play Store.
  • Setelah terpasang di ponsel OPPO, buka aplikasi.
  • Pada halaman Utama, pilih menu System.
  • Nantinya kamu akan menemukan nama tipe dan model ponsel OPPO yang dimiliki.

Pada halaman System, kamu juga dapat melihat jenis perangkat, manufaktur, merek, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan internal yang terpasang, versi Bluetooth, dan lainnya.

Melalui AIDA64, kamu dapat juga melihat informasi mengenai merek serta seri chipset yang digunakan, resolusi layar, jaringan yang sedang digunakan atau terhubung, versi Android, sensor yang terpasang, dan masih banyak lagi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar