Tips dan Trik

Belum Disediakan, Begini Cara Alternatif Mengarsipkan Video TikTok

 Cara Mengarsipkan Video TikTok - Header

Gadgetren – Kita memang tidak akan menemukan cara mengarsipkan konten video singkat di platform TikTok secara langsung karena tidak ada fitur khusus untuk melakukan hal tersebut.

Hanya saja untungnya, ada sebuah trik yang bisa dimanfaatkan jika proses pengarsipan ternyata hanya dimaksudkan untuk menyembunyikan berbagai macam konten video pribadi supaya tidak ditayangkan secara publik.

Cara alternatif ini sangat mungkin dilakukan karena layanan TikTok mempunyai serangkai fitur yang dirancang secara khusus untuk memudahkan pengguna mengatur dan mengelola keamanan privasi secara mandiri sesuai kebutuhan.

Termasuk di dalamnya fitur setelan privasi untuk berbagai macam konten video yang diunggah. Kita dalam hal ini dapat mengatur apakah ingin membagikannya kepada publik atau hanya ingin tersedia untuk diri sendiri.

Cara alternatif untuk mengarsipkan berbagai macam video TikTok apalagi juga mudah untuk diikuti. Kamu yang belum tahu langkah-langkah melakukannya dapat menyimak secara lengkap sebagai berikut.

Cara Alternatif Mengarsipkan Video TikTok

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Login terlebih dulu jika diperlukan
  3. Masuk ke tab Profile
  4. Cari dan buka video yang mau diarsipkan
  5. Ketuk tombol More (ikon titik tiga)
    Cara Mengarsipkan Video TikTok - 2
  6. Pilih menu Privacy settings
    Cara Mengarsipkan Video TikTok - 3
  7. Klik opsi Who can watch this video
    Cara Mengarsipkan Video TikTok - 4
  8. Ubah ke Yourself
    Cara Mengarsipkan Video TikTok - 5
  9. Konfirmasi dengan mengetuk tombol Confirm
    Cara Mengarsipkan Video TikTok - 6

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, berbagai video TikTok seolah-olah akan diarsipkan. Konten nantinya akan disembunyikan dari publik supaya tidak ditonton orang lain sehingga kita tidak perlu menghapusnya dari layanan.

Alternatif dalam mengarsipkan video TikTok ini juga lebih praktis untuk dipakai karena kita bisa mengembalikannya tanpa perlu mengunggah ulang dan kehilangan tanda suka maupun jumlah penayangan.

Untuk mengembalikan video TikTok yang disembunyikan dengan cara ini, kita pun dapat menempuh cara yang serupa dengan langkah-langkah di atas. Kita nanti hanya perlu mengubah pengaturan dari Yourself ke Friends atau Everyone.

Dalam hal ini, kita bisa memilih Friends jika ingin menampilkan konten video hanya kepada pengikut yang juga kita ikuti. Kita pun dapat mengubahnya ke Everyone jika mau tayangan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna aplikasi TikTok.

Berbagai kemudahan dalam mengubah setelan privasi dari video ke Yourself ini tentu dapat menjadi alternatif yang paling pas untuk mengarsipkan konten. Meski begitu, saya pribadi masih berharap TikTok mau mengembangkan fitur khusus untuk melakukan itu di kemudian hari.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar