Berita Smartphone

OPPO Perkenalkan Wallpaper 3D ColorOS Ray Tracing Pertama Uuntuk Find X5 Pro

OPPO-Ray-Tracing-3D-Wallpaper-Header-1.

Gadgetren – OPPO menghadirkan inovasi terbaru untuk melengkapi pengalaman pengguna melalui handphone flagship OPPO Find X5 Pro yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu.

Inovasi tersebut berupa Wallpaper 3D Ray Tracing yang diklaim OPPO menjadi teknologi pertama di industri handphone dunia yang telah diperkenalkan dalam ajang Game Developers Conference 2022 (GDC).

Dalam acara tersebut, OPPO secara langsung memperlihatkan Wallpaper 3D Ray Tracing ke pengunjung yang hadir melalui perangkat OPPO Find X5 Pro yang ditenagai oleh MediaTek Dimensity 9000 (4nm).

Berdasarkan situs blog resmi OPPO global, aplikasi Wallpaper 3D Ray Tracing akan bisa dijajal lebih dulu kepada pengembang global, seniman, dan desainer pada akhir tahun 2022. Dalam video trailer resmi OPPO di kanal YouTube, OPPO juga menayangkan aksi dari inovasi Wallpaper 3D Ray Tracing.

Pada video trailer tersebut, OPPO membandingkan wallpaper 3D yang tidak dibekali Ray Tracing dan yang memiliki Ray Tracing. Hasilnya, wallpaper 3D dengan Ray Tracing bisa dilihat lebih hidup tampak seperti melihat pemandangan atau bangunan pada dunia nyata.

Detail bayangan, warna, pantulan cahaya, dan bentuk gambar bisa terlihat oleh mata sedangkan wallpaper yang tidak menggunakan teknologi Ray Tracing tidak memiliki aspek-aspek yang tersebut.

OPPO-Find-X5-Pro-Dimensity-Wallpaper-3D-Ray-Tracing-

Ray tracing sendiri merupakan teknologi rendering grafis yang mampu menyimulasikan perilaku fisik cahaya. Dengan mengadopsi teknologi ray tracing, wallpaper 3D dapat melakukan render cahaya secara real-time sehingga membuat bayangan, pantulan, dan pembiasan objek yang ditampilkan tampak lebih jelas dan hidup.

Selain itu, teknologi Ray Tracing juga memungkinkan pengguna memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan wallpaper 3D melalui serangkaian gerakan tangan termasuk memutar, mengetuk, dan melambai.

Sebagai tambahan informasi, OPPO mulai mengembangkan teknologi ray tracing ini sejak awal tahun 2018. Pada awalnya untuk mencapai hasil final, OPPO mengadopsi metode rendering hybrid ke perangkat handphone yang ada.

OPPO-Ray-Tracing-3D-Wallpaper-Header-.

Sementara Wallpaper 3D ColorOS Ray Tracing menghadirkan pendekatan baru untuk mempercepat kinerja ray tracing dengan mengadopsi arsitektur hybrid dan inti perangkat keras khusus pada OPPO Find X5 Pro. Yang mana sepenuhnya memanfaatkan potensi dari chipset MediaTek Dimensity 9000 dan GPU Arm Mali.

Jane Tian selaku Head of the Graphics Product Management at the OPPO US Research Center mengungkapkan bahwa sebagai pionir teknologi, OPPO ingin selalu aktif mengeksplorasi peluang baru untuk memperkaya pengalaman seluler bagi penggunanya.

“Kemampuan untuk memanfaatkan teknologi ray tracing di seluruh perangkat smartphone akan menghadirkan grafik gameplay yang lebih realistis, untuk game yang lebih imersif dan kompetitif. Wallpaper 3D kami juga akan berfungsi sebagai titik awal untuk menggunakan teknologi untuk menjelajahi aplikasi masa depan di perangkat pintar,” ujarnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar