ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Seri Flagship OPPO Find X5 Resmi Dirilis, Inilah Harganya!

OPPO Find X5 Pro

Gadgetren – Akhirnya OPPO resmi meluncurkan handphone flagship terbarunya yaitu OPPO Find X5 yang terdiri dari dua model yakni OPPO Find X5 dan OPPO Find X5 Pro.

Dalam acara peluncurannya secara daring lewat kanal YouTube resminya, secara kasat mata Find X5 standar dan Find X5 Pro sama-sama mengusung varian warna hitam dan putih. Namun keduanya memiliki tampilan modul kamera belakang yang agak berbeda terutama untuk warna putih.

Modul kamera belakang Find X5 Pro lebih menyatu seakan-akan deretan lensa yang ada di kamera belakang tertanam ke dalam. Dari desainnya juga tampak bodi bagian belakang Find X5 Pro tampil dengan bahan material yang lebih premium dibandingkan Find X5.

Adapun Find X5 standar dibanderol dengan harga €999 atau sekitar 16 juta rupiah sedangkan Find X5 Pro dilepas dengan harga €1299 atau sekitar 20 jutaan rupiah.

Menurut Venus Dang selaku Director of Find Series OPPO menjelaskan bahwa bodi bagian belakang Find X5 Pro dirancang berdasarkan lebih 2000 kontrol poin yang di dalamnya terdapat nanometer material kristal dengan tempaan di bawah 1000ºC dan dibuat oleh mesin CNC.

Dengan begitu, bodinya memiliki ketahanan dua kali lipat lebih kuat sekaligus tidak meninggalkan jejak sidik jari dan ketika digenggam akan sangat nyaman di telapak tangan pengguna karena memiliki tekstur yang mulus.

OPPO-Find-X5-1.

OPPO Find X5

Selain itu, Find X5 Pro telah mengantongi sertifikasi IP68 yang menandakan perangkat tersebut tahan terhadap lingkungan berdebu hingga tahan di kedalaman air lebih dari 1 meter selama waktu 30 menit.

Dapur pacu Find X5 standar ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G yang ditemani oleh  RAM berkapasitas 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Sedangkan Find X5 Pro menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen1 5G yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Keduanya memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan pengisian cepat 80W. Namun untuk Find X5 standar memiliki pengisian daya AIRVOOC 30W sedangkan Find X5 Pro mempunyai pengisian daya AIRVOOC 50W.

Dari segi layar, baik Find X5 standar dan Find X5 Pro sama-sama mengusung desain punch hole yang terletak di sebelah kiri sebagai rumah kamera depan 32 MP. Layar Find X5 standar berukuran 6,5 inci sedangkan Find X5 Pro berukuran 6,7 inci.

Layar seri Find X5 ini menggunakan panel AMOLED serta refresh rate 120Hz dan Multi-Brightness Colour Calibration.

OPPO-Find-X5-Pro-3

OPPO Find X5 Pro

Untuk memaksimalkan hasil fotografi maupun videografi di malam hari atau minim cahaya dibandingkan pendahulunya, OPPO turut menghadirkan pengolah grafis NPU yakni MariSilicon X buatannya.

Teknologi MariSilicon X menawarkan pengolahan gambar dengan bantuan Artificial Intelligence Noise Reduction (AINR) untuk menghasilkan akurasi warna dan detail warna yang memanjakan mata serta tampak nyata bila dilihat langsung oleh mata.

Oleh karenanya, seri Find X5 memiliki kemampuan perekaman video di malam hari dengan resolusi 4K. Di samping itu, fotografi di seri Find X5 juga turut berkolaborasi dengan Hasselblad Natural Colour Calibration pada Pro Mode dan menyajikan filter maupun efek unik pada hasil foto maupun video.

Untuk kameranya seri Find X5 menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa ultra wide 50 MP dengan sensor Sony IMX766, lensa wide 50 MP dengan sensor Sony IMX766 dan aperture f/1.7, dan lensa telephoto 13 MP dengan pembesaran hibrida 5x dan pembesaran digital 20x.

Lensa wide di Find X5 Pro sendiri dibekali oleh Optical Image Stabilization (OIS) 5-Axis layaknya kamera SLR sedangkan Find X5 menggunakan OIS biasa. Sementara itu tampilan antarmuka seri Find X5 menggunakan ColorOS 12.1 berbasis Android 12.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar