ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A53 5G – Paket Komplit di Kelas Menengah

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A53 5G - Header

Gadgetren – Berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang diusungnya, Samsung Galaxy A53 5G termasuk salah satu perangkat yang menarik untuk dipinang saat kita membutuhkan handphone baru.

Hanya saja supaya bisa meminang handphone menengah dari Samsung ini, kita memang harus menyiapkan dana yang lumayan banyak di mana varian 8GB + 128GB dibanderol Rp5.999.000 sedangkan 8GB + 256GB sampai Rp6.499.000.

Buat kamu yang masih ragu-ragu untuk membeli atau tidak setelah melihat banderol harganya, berikut ringkasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Galaxy A53 5G yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Kelebihan

Mirip dengan handphone menengah ke atas milik Samsung pada umumnya, Galaxy A53 5G juga termasuk salah satu perangkat yang menawarkan layar sebagai sebuah keunggulan. Panelnya sudah terbuat dari Super AMOLED dengan ukuran yang lumayan besar.

Berkat panel layar khas milik Samsung tersebut, Galaxy A53 5G tentu saja dapat menjadi salah satu opsi menarik jika kita membutuhkan tampilan antarmuka hingga konten dengan gambar yang lebih cerah dan berwarna.

Handphone menengah Samsung ini secara teknis menawarkan layar berukuran 6,5” dengan resolusi Full HD+ yang mampu menghadirkan tingkat kecerahan hingga 800nit. Di samping itu, panel yang dipakai pun sudah tersertifikasi Eye Comfort Shield supaya mata lebih nyaman.

Kita yang gemar bermain game maupun menonton video juga bisa mempertimbangkan handphone ini. Layar yang digunakan soalnya sudah dilengkapi dengan refresh rate 120Hz sehingga mampu menampilkan animasi secara lebih mulus.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A53 5G - Layar

Galaxy A53 5G apalagi juga menawarkan dapur pacu lebih mumpuni. Handphone tersebut soalnya tercatat membawa Samsung Exynos 1280 (5nm) berkecepatan hingga 2,4GHz yang diklaim mempunyai kinerja CPU, GPU, maupun NPU lebih cepat ketimbang chipset Galaxy A52 5G.

Berdasarkan hasil uji coba internal Samsung, chipset Exynos 1280 milik Galaxy A53 5G bahkan mampu menghasilkan kinerja CPU 6% lebih cepat, GPU 33% lebih tinggi, dan NPU 43% lebih canggih dari generasi sebelumnya.

Konfigurasi fotografi yang ditawarkan oleh Galaxy A53 5G juga termasuk cukup lengkap. Selain kamera utama 64MP, handphone ini juga menawarkan lensa sudut lebar 12MP, makro 2MP, kedalaman 2MP, serta selfie 32MP.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A53 5G - Kamera

Kamera Galaxy A53 5G juga menjanjikan hasil foto maupun video yang semakin sempurna karena Samsung pun menyematkan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) serta VDIS (Video Digital Image Stabilization).

Untuk melindungi handphone ini, Samsung juga terlihat menyematkan dukungan tahan air dan debu tersertifikasi IP67 yang secara teori mampu bertahan dalam peredaman hingga 1 meter selama 30 menit. Hanya saja memang tidak disarankan untuk dipakai berenang apalagi di laut atau air sabun.

Kekurangan

Samsung sebenarnya menyematkan dukungan baterai yang cukup besar pada Galaxy A53 5G seperti kebanyakan handphone menengah masa kini. Hanya saja sayangnya, kapasitas 5.000mAh yang dipakainya tidak disokong oleh teknologi pengisian cepat lebih mumpuni.

Selain harus membeli adaptor atau charger yang sesuai secara terpisah, Galaxy A53 5G tercatat hanya membawa dukungan 25W Super Fast Charging yang mana jauh di bawah beberapa handphone menengah lainnya.

Dengan teknologi 25W Super Fast Charging, kita tentu saja memerlukan durasi waktu lebih lama saat perlu mengisi baterai Galaxy A53 5G ketimbang beberapa perangkat di kelasnya yang kini sudah menawarkan dukungan mulai dari 33W hingga 67W.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar