Review Handphone

Review OPPO Reno7 5G – Kamera Pintar, Performa Lancar

OPPO-Reno7-5G-Feature

OPPO Reno7 5G merupakan handphone yang memiliki fitur dan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan Reno7 Z 5G. Dan, bagian pinggir atau frame perangkat ini masih menggunakan desain melengkung.

Handphone ini dibekali juga dengan chipset MediaTek yang sudah mendukung jaringan 5G. Selain itu Reno7 5G pun mempunyai kapasitas baterai yang bisa dibilang cukup besar dan fitur pengisian daya super cepat.

Perangkat ini hadir dengan dua pilihan warna menarik yang terdiri dari Star trails Blue dan Starry Black. Saya sendiri berkesempatan untuk mencoba OPPO Reno7 5G yang berwarna Starry Black.

OPPO Reno7 Z 5G
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.7/10

Ringkasan

OPPO Reno7 5G ini dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari karena memiliki daya tahan baterai yang lama, dukungan kamera pintar, dan performa yang lancar.

Pros

  • Daya tahan baterai lama
  • Layar AMOLED yang luas
  • Performa lancar
  • Hasil foto bagus
  • Kapasitas RAM dan ROM besar
  • 65W SuperVOOC super cepat

Cons

  • Speaker Mono
  • Air Gesture kurang responsif

OPPO-Reno7-5G-Layout

OPPO Starry Black ini menggunakan OPPO Glow yang merupakan lapisan khusus dengan kilauan dari berbagai macam sudut dan tahan terhadap goresan. Starry Black menghadirkan gradasi warna hitam biru dengan kilauan cahaya halus yang memberikan tampilan sederhana namun premium.

Dengan teknik OPPO Glow ini juga membuat handphone tidak licin dan mudah digenggam dengan satu tangan. Namun OPPO tetap memberikan softcase case tambahan pada boks penjualannya untuk membuat cover belakang Reno7 5G lebih terlindungi lagi.

Masih pada bagian belakangnya, terdapat tiga kamera dan satu LED Flash di dalam sebuah kotak. Kamera utama dan ultrawide memiliki lingkaran yang besar sedangkan kamera makro lingkarannya berukuran kecil sama dengan LED Flash.

Secara kasat mata, OPPO Reno7 5G memiliki layar 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan AMOLED yang mampu menampilkan konten, seperti video, game, maupun foto, dengan tajam serta terang sehingga membuat saya nyaman.

OPPO-Reno7-5G-Front-Stand

Adapun refresh rate 90Hz membuat layar handphone ini dapat menampilkan gerakan transisi perpindahan menu maupun animasi game terasa halus sehingga memanjakan mata saya. Sementara itu, kamu juga bisa mengatur agar refresh rate layar Reno7 5G menjadi 60Hz agar lebih menghemat daya baterai.

Layar handphone ini mampu merespons sentuhan jari saya dengan baik sehingga memudahkan dalam memainkan game hingga navigasi. Saya pun bisa menonton video streaming dari Netflix atau Amazon berkualitas HD berkat hadirnya Netflix & Amazon HD Streaming Certification pada handphone ini.

Terdapat Air Gesture yang memudahkan saya untuk mengangkat panggilan telepon yang masuk atau melakukan scroll pada beberapa aplikasi seperti YouTube, Facebook, TikTok, dan Instagram hanya dengan melambaikan tangan di udara tanpa perlu menyentuh layar Reno7 5G. Namun terkadang instruksi saya tidak direspons oleh fitur ini.

OPPO-Reno7-5G-Volume

Pada bagian kiri atas layar terdapat lubang yang menyimpan kamera depan. Sementara bagian kiri handphone ini menghadirkan tombol volume dan slot kartu SIM serta microSD. Untuk bagian kanannya terdapat tombol volume.

Menuju bagian bawah produk ini terdapat lubang speaker, port jack audio 3,5mm, dan port USB Type-C. Selain itu, Reno7 5G telah dibekali dengan sensor fingerprint di dalam layar yang dapat memindai sidik jari dengan responsif sehingga memudahkan pembukaan kunci layar dengan cepat tanpa perlu memasukkan password, PIN, atau Pattern.

Saya dapat menyematkan sidik jari berbeda pada handphone ini untuk berjaga-jaga apabila jari utama yang sering digunakan sedang dalam kondisi kotor. Namun alternatifnya, saya dapat menggunakan fitur Face Unlock untuk pembukaan layar yang cepat.

OPPO-Reno7-5G-Camera

Di sektor kamera, OPPO Reno7 5G telah dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 32 MP.

Pada saat saya memotret dengan kamera utamanya menggunakan mode Auto, secara bawaan akan menghasilkan foto beresolusi 16 MP karena hadirnya teknologi 4-in-1 pixel binning yang menggabungkan 4 piksel kecil dalam 1 piksel besar sehingga memiliki warna yang lebih kaya dan mampu menyerap banyak cahaya.

Namun saya tetap dapat menghasilkan foto beresolusi besar dengan kamera utama Reno7 5G dengan cukup mengaktifkan fitur 64 MP Mode yang sudah muncul di mode Auto atau Photos dari aplikasi kamera bawaan handphone ini.

Apabila dilihat sekilas pada media berukuran kecil pada layar handphone, maka perbedaan antara foto 16 MP dan 64 MP tidak begitu terlihat. Untuk itu saya melakukan crop pada bagian tertentu di antara kedua foto tersebut.

Terlihat bahwa foto 64 MP memiliki detail yang lebih tinggi dibandingkan foto 16 MP. Namun sebenarnya kedua foto tersebut sama-sama berkualitas bagus sehingga tergantung kita memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Reno7-5G-Bear-Auto-Target

Auto

Reno7-5G-Bear-64MP-Target

64 MP

Reno7-5G-Bear-Auto-Crop

Auto-Crop

Reno7-5G-Bear-64MP-Crop

64 MP Crop

Dukungan kamera ultrawide memungkinkan saya dapat menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan dan kamera makronya dapat menghasilkan foto dari jarak dekat dengan detail yang masih terlihat jelas. Meskipun tidak memiliki lensa telephoto, kamera handphone ini mampu melakukan 2x Optical Zoom dengan hasil foto yang masih berkualitas bagus.

Adapun fitur AI Color Portrait ada aplikasi kamera bawaan handphone ini mampu menghasilkan foto dan video dengan subyek yang memiliki warna asli sedangkan latar belakangnya berwarna hitam putih sehingga membuatnya terlihat unik.

Selanjutnya fitur Bokeh Flare Portrait mampu membuat saya dapat menghasilkan foto maupun video dengan subyek yang terlihat fokus namun latar belakangnya berefek bokeh berpola bulat layaknya menggunakan kamera profesional.

Reno7-5G-Hutan-Ultrawide

Ultrawide

Reno7-5G-Hutan-Auto

Auto

Reno7-5G-Hutan-2xZoom

2x Zoom

Reno7-5G-Masjid-Ultrawide

Ultrawide

Reno7-5G-Masjid-Auto

Auto

Reno7-5G-Masjid-2xZoom

2x Zoom

Reno7-5G-Mobil-Macro

Makro

Reno7-5G-Bunga-Macro

Makro

Reno7-5G-Batu-Macro

Makro

Reno7-5G-WhiteTable-Auto

Auto

Reno7-5G-WhiteTable-BokehFlarePortrait

Bokeh Flare Portrait

Reno7-5G-WhiteTable-AIColorPortrait

AI Color Portrait

Reno7-5G-HammockMalam-Auto

Auto

Reno7-5G-HammockMalam-BokehFlarePortrait

Bokeh Flare Portrait

Reno7-5G-HammockMalam

AI Color Portrait

Reno7 5G juga dibekali dengan fitur Extra HD pada aplikasi kamera bawaannya yang memungkinkan saya dapat menghasilkan foto beresolusi 108 MP sehingga dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti baliho, spanduk, maupun billboard.

Untuk foto malamnya, Reno7 5G telah dibekali dengan fitur Ultra Night dan Ultra Dark Mode. Dengan hadirnya Ultra Night Mode memungkinkan hasil foto di malam hari lebih terang serta minim noise dibandingkan dengan menggunakan Auto Mode.

Setelah mengaktifkan Ultra Night Mode, maka Ultra Dark Mode akan aktif pada saat kondisi daerah sekitar hampir gelap dengan hanya memiliki cahaya 1 lux atau di bawahnya sehingga membuat foto terlihat terang dan jelas.

Reno7-5G-VW-108MP

108 MP

Reno7-5G-Perahu-108MP

108 MP

Reno7-5G-IntercontinentalMalam-Auto

Auto

Reno7-5G-IntercontinentalMalam-UltraNight

Ultra Night

Reno7-5G-CafePasirMalam-Auto

Auto

Reno7-5G-CafePasirMalam-UltraNight

Ultra Night

Reno7-5G-ParkiranMalam-Auto

Auto

Reno7-5G-ParkiranMalam-UltraDark

Ultra Dark

Terdapat juga fitur AI Monochrome yang mampu menghasilkan video dengan mengunci warna utama seperti Crimson (merah), Forest Green (Hijau), atau Sky Blue (Biru). Nantinya bagian yang tidak memiliki warna utama akan dibuat menjadi hitam putih.

Selain dapat diterapkan pada kamera belakangnya, fitur AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait pun dapat digunakan pada kamera depan sehingga mampu menghasilkan foto maupun video selfie yang menarik, baik untuk kondisi siang hari maupun malam hari.

Selfie Siang Hari

Reno7-5G-Selfie-Auto

Selfie-Auto

Reno7-5G-Selfie-BokehFlarePortrait

Selfie – Bokeh Flare Portrait

Reno7-5G-Selfie-AIColorPortrait

Selfie-AI Color Portrait

Selfie Malam Hari

Reno7-5G-SelfieMalam-Auto

Selfie-Auto

Reno7-5G-SelfieMalam-BokehFlarePortrait

Selfie-Bokeh Flare Portrait

Reno7-5G-SelfieMalam-AIColorPortrait

Selfie-AI Color Portrait

AI Color Portrait Video




Bokeh Flare Portrait Video




Dual-View Video




AI Monochrome Video




Ultra Steady Video




Slow Motion Video




 

OPPO-Reno7-5G-HandsOn-Back

Dapur pacu OPPO Reno7 5G dipercayakan pada chipset MediaTek Dimensity 900 5G (6nm) Octa-Core yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal berkapasitas besar 256 GB.

Terdapat fitur RAM Expansion yang memungkinkan peminjaman ruang kosong dari penyimpanan internal menjadi RAM Virtual hingga 5 GB. Dengan kata lain, Reno7 5G memiliki RAM dengan total 13 GB.

Nantinya RAM Virtual ini akan dipakai apabila kapasitas RAM utama hampir habis digunakan dalam menjalankan aplikasi maupun game. Secara teori, komposisi hardware ini mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar.

Untuk mengetahui kemampuan dari hardware OPPO Reno7 5G, saya pun langsung menjalankan aplikasi untuk aktivitas sehari-hari, seperti media sosial, SMS, telepon, editor dokumen, email, pemutar lagu, dan chat.

Hasilnya handphone ini mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Hal ini bisa terjadi berkat RAM yang memiliki kapasitas besar dan chipset Dimensity 900 5G dengan kinerja bertenaga.

Reno7 5G Game Assistant

Sedangkan untuk pengujian tahap selanjutnya, saya pun memainkan beberapa game populer seperti Pokemon Unite, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, dan Mobile Legends. Semua game ini mampu berjalan dengan lancar pada pengaturan grafis dan frame rate tinggi.

Pokemon Unite merupakan salah satu game yang menonjol ketika dimainkan pada Reno7 5G. Game ini mampu berjalan dengan frame rate stabil di 61 FPS sehingga mampu menampilkan gerakan animasi yang halus sehingga memanjakan mata.

Reno7 5G FPS 61

Game Arena of Valor dan Mobile Legends pun dapat dimainkan dengan frame rate tinggi layaknya Pokemon Unite. Apalagi saat pertarungan yang mempertemukan sepuluh karakter game sekaligus, semua game ini mampu berjalan lancar tanpa patah-patah.

Sedangkan pada game Call of Duty Mobile, saya dapat mengendalikan kontrol virtual dengan baik berkat layar yang mampu merespons sidik jari dengan baik. Bahkan pada Game Assistant yang bersembunyi di bagian kiri layar, saya dapat mengatur tingkat sensitivitas respons sentuhan terhadap layar.

Reno7 5G Benchmark Performance

Untuk lebih mengetahui nilai benchmark dari handphone ini, saya pun melakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark V9.3.2 dan Geekbench 5.4.4. Hasilnya, Reno7 5G mendapatkan skor 433.085 poin pada AnTuTu Benchmark.

Sementara pada Geekbench 5.4.4, perangkat ini mendapatkan skor 712 untuk Single-Core dan 1.958 untuk Multi-Core. Berdasarkan pengujian performa ini, terlihat bahwa Reno7 5G mampu bersaing dengan handphone lain di kelasnya.

OPPO-Reno7-5G-Half-BackBottom

Berbekal baterai 4.500mAh, Reno7 5G diklaim OPPO dapat digunakan dalam waktu yang lama untuk aktivitas sehari-hari penggunanya. Saya pun menjalankan pengujian dengan aplikasi PC Mark for Android.

Benchmark yang saya lakukan dengan aplikasi ini memakai parameter mode Work 3.0 battery life, tingkat kecerahan layar yang mencapai 50%, dan kondisi baterai dari 100%. Hasilnya Reno7 5G mendapatkan skor tinggi mencapai 19 jam 19 menit pada layar refresh rate 60Hz. Sementara pada layar refresh rate 90Hz, handphone ini mendapatkan skor 17 jam 16 menit.

Sedangkan pada penggunaan aplikasi untuk aktivitas sehari-hari saya seperti media sosial, chat, SMS, telepon, editor dokumen, email, dan memutar musik sesekali, AccuBattery mencatat bahwa Reno7 5G dapat bertahan selama 20 jam 22 menit dengan Screen on time 8 jam 45 menit dari kondisi baterai 100% ke 6% pada layar refresh rate 60Hz.

Reno7 5G Benchmark Battery

Beralih ke layar refresh rate 90Hz, Reno7 5G mampu bertahan 18 jam 52 menit dengan Screen on time 6 jam 45 menit dari kondisi baterai 100% ke 12%. Hal tersebut memperlihatkan bahwa penggunaan layar dengan refresh rate 90Hz lebih banyak mengonsumsi energi dibandingkan refresh rate 60Hz.

Menariknya, Reno7 5G dilengkapi dengan fitur 65W SuperVOOC yang mampu mengisi daya baterai dari kondisi 3% ke 100% cuma 44 menit saja. Bisa dibilang waktu pengecasan dari handphone ini hampir mendekati klaim OPPO yang hanya membutuhkan 31 menit untuk mengisi daya dari 0% ke 100%.

OPPO-Reno7-5G-HandsOn-Display

Reno7 5G sudah menggunakan ColorOS 12 berbasiskan Android 11 yang memiliki tampilan antarmuka sederhana yang membuat saya mudah untuk menavigasikan menu dan mengakses aplikasinya.

ColorOS 12 sendiri hadir dengan beberapa fitur yang biasanya saya gunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti PC Connect, Dark Mode, Split Screen, App Cloner, dan Screenshot dengan tiga jari.

Sebagai fitur yang baru pertama kali di handphone seri Reno, PC Connect ini memungkinkan saya dapat menghubungkan handphone dan komputer secara wireless dengan mudah. Berkat PC Connect ini pun saya dapat mentransfer data dengan cepat, mengedit dokumen dengan nyaman, dan mengetahui notifikasi telepon atau pesan dengan baik.

Reno7 5G ColorOS 12

Sementara Dark Mode mampu mengubah latar belakang sistem operasi maupun aplikasi menjadi berwarna gelap atau hitam sehingga membuat saya dapat dengan nyaman ketika melihat konten di malam hari atau kondisi redup.

Split Screen mengizinkan dua aplikasi dapat mucul dalam satu layar handphone sekaligus. Misalnya saya dapat membaca berita di browser sembari melakukan chat dengan orang lain di aplikasi WhatsApp.

App Cloner ini mampu menggandakan aplikasi sehingga memudahkan saya untuk memasukkan dua akun media sosial dalam satu perangkat. Misalnya saja saya menggandakan aplikasi WhatsApp, maka dapat menjalankan dua akun sekaligus di Reno7 5G.

Saya sendiri sering menggunakan screenshot dengan menyapu layar dari bagian atas ke bawah menggunakan tiga jari agar bisa mengambil data yang muncul di layar Reno7 5G secara instan.

OPPO-Reno7-5G-HandsOn-Diagonal

Selama pemakaian beberapa minggu, saya merasa bahwa OPPO Reno7 5G memang nyaman untuk menunjang rutinitas harian. Apalagi handphone ini mempunyai performa yang dapat menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar.

Handphone ini pun memiliki daya tahan baterai yang lama karena dapat digunakan hampir seharian. Selain itu, dukungan multi kamera dan fiturnya memudahkan saya untuk menghasilkan video atau foto yang menarik.

Reno7 5G pun sudah dibekali dengan sensor NFC yang dapat membantu saya untuk mengisi atau mengecek saldo kartu eMoney secara instan. Saya juga diberikan kemudahan membuka kunci layar dengan hadirnya sensor fingerprint dan fitur Face Unlock pada produk ini.

Meskipun terdapat Air Gesture, namun terkadang fitur ini tidak mau merespons gerakan lambaian tangan sehingga jarang menggunakan fitur ini karena lebih cepat untuk menerima panggilan telepon atau scroll halaman aplikasi menggunakan sentuhan jari di layar.

Harga dan Spesifikasi OPPO Reno7 5G

Dimensi & Berat 73,2mm x 160,6mm x 7,8mm
173 gram
WarnaStarry Black, Star trails Blue
Layar6,4 inci, AMOLED, refresh rate 90HZ, resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), lubang kamera
Sistem OperasiColorOS 12 (Android 11)
Memori8 GB / 256 GB
ChipsetMediaTek Dimensity 900 5G (6nm) Octa-Core 2,4 GHz
Kamera BelakangUtama 64  MP
Ultrawide 8 MP
Makro 2 MP
Kamera Depan32 MP
Baterai4.500mAh, 65W SuperVOOC
Konektivitas5G, 4G- LTE, Wi-Fi, Wi-Fi, Direct, NFC, Bluetooth 5.2
SensorAkselerometer, barometer, pemindai sidik jari di dalam layar, giroskop, kompas, proximity, cahaya, orientasi, magnetik
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Mono
FiturAir Gesture, Face Unlock, Bokeh Flare Portrait, AI Color Portrait
HargaRp 7.499.000

Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar