Berita Smartphone

MIUI 13 Hadir di Indonesia Pada Kuartal Pertama Tahun 2022, Ini Fitur-Fitur Barunya!

MIUI 13

Gadgetren – Selain menghadirkan handphone kelas menengah terbaru yakni seri Redmi Note 11, Xiaomi Indonesia juga turut membawa sistem operasi MIUI 13. Sebelumnya MIUI 13 telah diluncurkan pertama kali di Tiongkok pada akhir tahun 2021 kemarin.

Seri Redmi Note 11 yang terdiri dari tiga model yakni Redmi Note 11, Redmi Note 11 Pro, dan Redmi Note 11 Pro 5G merupakan handphone yang sudah menggunakan tampilan antarmuka MIUI 13 dan pengguna yang membelinya akan langsung bisa menikmati sistem operasi terbaru dari MIUI itu.

Bagi pengguna handphone Xiaomi yang kebagian MIUI 13, dalam waktu dekat akan bisa melakukan update ke sistem operasi terbaru ini. Xiaomi Indonesia sendiri menjanjikan MIUI 13 digulirkan kuartal pertama tahun 2022 di Indonesia yang tentunya secara bertahap tersedia di handphone Xiaomi tertentu.

Adapun handphone Xiaomi yang kebagian MIUI 13 adalah Mi 11 Ultra, Mi 11, Mi 11 Lite, Xiaomi 11T, Xiaomi 11T Pro, Mi 10, Xiaomi Pad 5, Redmi Note 10 Pro, Redmi Note 10 5G, Redmi Note 10s, Redmi Note 10, Redmi 10, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9, dan Redmi 9.

Calvin Nobel selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia mengungkapkan bahwa di MIUI 13 fokus utama Xiaomi adalah meningkatkan pengalaman pengguna. “Kami ingin memberikan pengalaman yang lebih mulus, lancar, dan lebih optimal ketika menggunakan MIUI,” ujarnya.

Untuk mendapatkan hal tersebut, maka Xiaomi memberikan fitur-fitur terbaru dari MIUI 13 yang berfokus pada empat optimasi software atau perangkat lunak. Di antaranya Liquid Storage, Atomized Memory, Focused Algoritm, dan Smart Balance.

Liquid Storage

 Liquid-Storage

Liquid Storage atau optimasi sistem manajemen file akan memastikan optimasi di manajemen file khususnya di bagian penyimpanan. Dengan Liquid Storage bisa membantu mengoptimalkan penggunaan storage sehingga menghasilkan read dan write yang jauh lebih baik di mana diklaim lebih cepat hingga 60 persen.

Atomized Memory

Optimasi-RAM

Fitur lainnya dari MIUI 13 adalah Atomized Memory atau optimasi RAM. Fitur ini bisa membantu pengguna untuk mengelola kinerja aplikasi yang ada di handphone khususnya kinerja aplikasi yang ada di background atau yang sudah tidak digunakan.

Selain mengoptimalkan RAM, fitur ini juga akan menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi atau inactive background apps. Maka dari itu akan memberikan ruangan tambahan untuk menjalankan aplikasi yang sedang ingin dibuka. Optimasi RAM diklaim Xiaomi akan menghasilkan efisiensi background yang lebih baik hingga 40 persen.

Focused Algoritm

Focused-Algorithm

Fitur ketiga ialah Focused Algoritm atau Optimasi Fokus dan Prioritas Prosesor yang bisa membantu pengguna bisa mengalokasi sumber daya yang baik sesuai dengan prioritas yang mereka butuhkan.

Contohnya ketika pengguna bermain game dan ingin mendapatkan pengalaman terbaik, fitur Focused Algoritm akan memfokuskan semua sumber daya handphone ke aplikasi tersebut sehingga aplikasinya bisa berjalan lebih lancar.

Smart Balance

MIUI-13-di-Indonesia

Fitur keempat adalah Smart Balance atau Optimasi Performa dan Baterai yang menyeimbangkan antara performa yang tinggi dengan efisiensi. Dengan fitur ini, pengguna akan mendapatkan daya tahan lebih baik hingga 10 persen.

Satu lagi pembaruan yang diberikan MIUI 13 ke perangkat handphone Xiaomi di Indonesia adalah Sidebar di mana pengguna akan dengan mudah mengakses aplikasi favorit hanya dalam 1 swipe atau guliran.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar