Berita Smartphone

MIUI 13 Resmi Diumumkan, Inilah Fitur Baru dan Daftar Perangkat yang Kebagian

MIUI-13-Header.

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran handphone seri Xiaomi 12, tak lupa diperkenalkan juga tampilan antarmuka terbaru dari Xiaomi yang bernama MIUI 13.

Dilansir dari Gizmochina, Xiaomi lewat MIUI 13 secara khusus menghadirkannya untuk tiga segmen perangkat yang meliputi MIUI 13 untuk handphone, MIUI 13 Pad untuk tablet, dan MIUI 13 Fold untuk handphone lipat.

Sebagai suksesor dari MIUI 12, kabarnya tampilan antarmuka MIUI 13 tak banyak memberikan pembaruan yang begitu besar. Namun, MIUI 13 menawarkan fitur-fitur baru yang terbilang menarik.

MIUI 13 untuk handphone kebagian tujuh fitur baru yang meliputi MiSans Font, Widget, Wallpaper baru, Xiao Al Virtual Assitant, Privasi, Optimasi, dan Mi Magic Center. Sementara untuk tablet, MIUI 13 membawa pembaruan pada aspek multitasking, keyboard, stylus pen, dan kompatibilitas aplikasi.

Deretan Fitur Baru MIUI 13

Font MiSans

MiSans

Lewat MIUI 13, Xiaomi melahirkan font baru yang dikenal sebagai MiSans yang mana diklaim merupakan font sederhana yang dioptimalkan untuk bahasa Tiongkok dan Inggris agar dapat menawarkan keterbacaan yang jelas dan nyaman.

Font MiSans secara sekilas memiliki bentuk yang tegas di bagian atas dan bawah pada setiap huruf baik itu yang berbahasa Tiongkok, Inggris, maupun angka. Font ini sendiri kabarnya sudah tersedia pada tema MIUI untuk wilayah Tiongkok yang menjalankan MIUI versi sebelumnya.

Widget

Widget-MIUI-13

Fitur Widget pada MIUI 13 tidak begitu saja hadir. Sejak bulan Agustus 2021, fitur ini sudah digodok oleh Xiaomi secara matang untuk memberikan tampilan yang lebih segar kepada penggunanya. Menurut Gizmochina, Widget di MIUI cenderung mirip seperti OriginOS Ocean dari vivo dan ColorOS 12 dari OPPO.

Di samping Widget untuk halaman muka handphone beserta ikon menunya, Xiaomi juga menawarkan widget untuk tampilan mini-games, penghitung mundur, pengingat untuk minum air, saran apa yang harus dimakan hari ini, dan masih banyak lagi.

Wallpaper

Wallpaper-MIUI-13

Sebelumnya bila mengilas balik, MIUI 12 telah menghadirkan wallpaper hidup melalui MIUI Super Wallpaper. Kini MIUI 13 secara khusus berkolaborasi dengan Beauty of Science untuk menyediakan sejumlah wallpaper unik.

Wallpaper ini menampilkan struktur kristal dari berbagai mineral yang diambil dari tangkapan kamera mikroskop polarisasi dengan resolusi 8K secara time lapse. Sama seperti font MiSans, Beauty of Science Wallpaper sudah bisa diunduh di wilayah Tiongkok.

Xiao Al Virtual Assistant

Dengan menggunakan teknologi terbaru pada MIUI 13 bernama Xiao Al Virtual Assistant yang mengandalkan Artificial Intelligence (Al), kita dapat membuat avatar sesuka hati sesuai dengan personalisasi masing-masing. Ditambah lagi fitur ini menyediakan sebanyak 50 pakaian dan aksesoris.

Privasi

Privasi-MIUI-13.

Untuk kenyamanan privasi, MIUI 13 memiliki fitur baru beruapa virtual ID dan pembaruan pada sistem otentikasi wajah. Sebelumnya jika sistem hanya bisa memindah wajah, kini sistem bisa memindai tubuh bagian atas yang berguna untuk pemindaian lebih banyak data. Sistem privasi di MIUI 13 juga dapat melindungi pengguna dari panggilan atau teks spam hingga aplikasi dan transfer file berbahaya.

Optimasi

Optimasi MIUI 13 menawarkan teknologi terbaru untuk pengoptimalan kinerja dari segi komputasi (Focus Computation), memori (Atomic Memory), dan penyimpanan internal (Liquid Storage). Ketiga teknologi yang pertama kali dikeluarkan pada MIUI 12.5 Enhanced Edition ini diklaim dapat membuat sistem aplikasi dapat berjalan hingga 20 persen lebih lancar dan aplikasi pihak ketiga 26 persen lebih cepat.

Mi Magic Center

Berkat Mi Magic Center baru, pengguna dapat mengelola produk ekosistem Xiaomi di satu tempat saja. Selain itu, Mi Magic Center mampu mentransmisikan konten layar atau musik dari satu perangkat ke perangkat lain hanya dengan menyeret konten. Namun fitur ini hanya tersedia pada perangkat Xiaomi tertentu yang kompatibel.

Daftar Handphone yang Kebagian MIUI 13 Versi Global

Pada kuartal pertama 2022, MIUI 13 akan tersedia di beberapa perangkat antara lain Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11i, Mi 11X Pro, Mi 11X, Xiaomi 11T Pro, Xiaomi 11T, Mi 11 Lite, Mi 11 Lite 5G, Xiaomi 11 Lite 5G NE, Xiaomi 11 Lite NE, Xiaomi Pad 5, Redmi 10, Redmi 10 Prime, Redmi Note 8 (2021), Redmi Note 10 Pro, Redmi Note 10 Pro Max, Redmi Note 10, dan Redmi Note 10 JE.

MIUI 13 Pad

MIUI-13-Pad

MIUI 13 Pad memberikan pembaruan pada kinerja multitasking berupa dukungan tambahan jendela aplikasi yang dapat diubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan. MIUI 13 Pad juga memungkinkan perangkat Xiaomi saling terhubung.

Pada keyboard dan stylus S Pen, MIUI 13 Pad sekarang memiliki pintasan default dan kustom. MIUI 13 Pad juga telah mengadopsi sebanyak 3.000 aplikasi yang dapat diakses di tablet Xiaomi. Sementara untuk perangkat yang akan kebagian MIUI 13 Pad meliputi Xiaomi Pad 5 Pro dan Xiaomi Pad 5 pada akhir Januari 2022 serta Xiaomi Pad 5 pada kuartal pertama 2022.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar