ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Battery Health HP vivo Agar Tahu Kesehatannya

Cara Cek Battery Health HP vivo Header

Gadgetren – Biasanya setelah penggunaan cukup lama, kemampuan daya baterai dari ponsel vivo akan menurun seiring berjalannya waktu.

Dengan begitu, kamu perlu mengecek kondisi Battery Health atau Kesehatan Baterai dari ponsel vivo secara berkala agar dapat mengetahui kondisinya sehingga dapat ditangani dengan secepat mungkin.

Menariknya pada ponsel vivo terbaru sudah terdapat fitur bawaan yang memungkinkan kamu untuk mengecek kesehatan baterai secara mudah dan cepat.

Cara Cek Battery Health HP vivo

  1. Buka kunci layar ponsel.
  2. Akses aplikasi Settings.
  3. Pilih menu Battery.
    Battery Health vivo - Settings - 1
  4. Pilih menu Battery health and charging.
    Battery Health vivo - Settings - 2
  5. Pada bagian Maximum battery capacity, kamu akan melihat persentase dan status kapasitas baterai.
    Battery Health vivo - Settings - 3

Pada saat Battery Health dari ponsel vivo dalam kondisi prima, maka akan muncul informasi status Battery capacity status is good yang ditambah angka 100%.

Dengan Battery Health dari ponsel vivo yang masih bagus, kamu dapat memperlambat degradasi kemampuan baterai dalam menyimpan daya dengan mengisinya hanya sampai 80% saja dan menjaga baterai jangan sampai terlalu habis.

Apabila berada dalam kondisi buruk, indikator status akan menjadi bad dengan persentase yang menjadi kecil. Persentase tersebut jadi tanda seberapa banyak baterai dapat menyimpan daya dibandingkan aslinya.

Oleh karena itu kamu bisa mengaktifkan fitur bawaan ponsel vivo yang memungkinkan kamu dapat menampilkan persentase baterai di bagian atas Status Bar dekat dengan ikon baterai agar dapat selalu memantau dayanya.

Fitur untuk memperlihatkan Battery Health belum tersedia pada ponsel vivo generasi lama sehingga kamu perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AccuBattery yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Gunakan Aplikasi AccuBattery

  1. Buka aplikasi AccuBattery di ponsel vivo
  2. Kalibrasi baterai akan dilakukan untuk pertama kali.
  3. Setelah selesai, kunjungi tab Health.
    Battery Health vivo - AccuBattery - 1
  4. Selanjutnya, lihat bagian Battery Health.
  5. Akan tercantum estimasi kapasitas saat ini dan kemampuan kapasitas awalnya.
    Battery Health vivo - AccuBattery - 2

Perlu dicatat bahwa informasi yang dihadirkan oleh AccuBattery merupakan hasil analisis ketika kamu melakukan pengisian daya baterai sekaligus pemakaian dalam aktivitas sehari-hari.

Selain AccuBattery, kamu juga dapat menggunakan aplikasi AIDA64 yang dapat diunduh dari Google Play Store untuk mengetahui kesehatan baterai.

Lihat dengan Aplikasi AIDA64

  1. Buka aplikasi AIDA64 di ponsel vivo.
  2. Pilih menu Battery.
    Battery Health vivo - AIDA64 - 1
  3. Pada bagian Health, kamu dapat melihat status kondisi baterai.
    Battery Health vivo - AIDA64 - 2

Jika ditampilkan Good berarti Battery Health yang dimiliki oleh ponsel vivo masih dalam kondisi bagus. Sementara jika ditampilkan tulisan Bad, maka kemampuan baterai dalam menyimpan daya sudah tidak lagi baik.

Apabila perlu mengganti baterai ponsel vivo, kamu dapat mengunjungi Service Center resmi vivo agar dilakukan oleh staff profesional.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar