ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Kesehatan Baterai HP Xiaomi Untuk Melihat Baik Atau Tidak

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi - Header

Gadgetren – Alih-alih membantu pengguna dalam mengerjakan berbagai macam aktivitasnya, ponsel justru bisa menjadi batu sandungan jika kesehatan baterai miliknya sudah mulai menurun.

Karena pada saat baterai sudah tidak lagi prima, ponsel bisa cepat kehabisan daya saat digunakan. Jadi kita harus lebih sering melakukan pengisian daya yang notabene bisa menyita waktu pemakaian atau setidaknya berteman erat dengan powerbank.

Penurunan kesehatan baterai pada perangkat seluler memang tidak bisa kita hindari apapun jenis dan modelnya. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar hanya saja bisa terjadi secara lebih cepat saat kita menggunakan ponsel secara asal-asalan.

Baterai yang ditanamkan ke dalam berbagai macam perangkat modern umumnya dikembangkan dari bahan litium. Meskipun membawa sejumlah keunggulan, sayangnya ada sebuah kekurangan yang perlu diperhatikan di mana kemampuannya akan menurun secara berkala meskipun tidak digunakan.

Mengecek kesehatan baterai makanya menjadi salah satu hal yang sering kali perlu kita pelajari saat menggunakan perangkat seluler. Untuk ponsel-ponsel buatan Xiaomi, kita untungnya bisa melakukannya dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Cara Cek Kesehatan Baterai HP Xiaomi

  • Buka dialpad (papan ketik untuk membuat panggilan telepon).
  • Ketik kode *#*#6485#*#*.
  • Jika ponsel mendukung, akan muncul halaman Charging and battery info.
  • Cek pada bagian MB_06 untuk melihat kesehatan baterai.
    Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi - 1

Bagian MB_06 akan menunjukkan kesehatan baterai dari ponsel Xiaomi yang kita gunakan. Jika masih dalam kondisi prima maka kita pun akan menjumpai keterangan “Good”. Apabila tulisan yang muncul selain itu maka kemungkinan sudah terjadi penurunan.

Informasi kesehatan baterai yang ditampilkan dalam halaman Charging and battery info sayangnya memang kurang lengkap karena hanya menunjukkan statusnya. Untuk mendapat data yang lebih rinci kita pun perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  • Pasang aplikasi AccuBattery dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi setelah berhasil dipasang.
  • Izinkan beberapa permohonan akses yang diminta untuk pemakaian pertama kali.
  • Di halaman utama, buka tab Health.
    Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi - 2
  • Informasi mengenai kesehatan baterai akan ditampilkan pada kartu Battery health

Bagi kamu yang belum tahu, kesehatan baterai pada sebuah perangkat seluler umumnya merujuk kepada perbandingan antara kapasitas maksimal penyimpanan daya pada saat pemakaian dengan spesifikasi teknis. AccuBattery pun menjadi salah satu aplikasi yang bisa membacanya.

Hanya saja, data mengenai kesehatan baterai kemungkinan tidak akan langsung muncul ketika kita baru memasangnya. Aplikasi AccuBattery soalnya akan melakukan kalkulasi melalui siklus pemakaian terlebih dulu. Semakin lama biasanya akan semakin akurat.

Metode Lain

Selain kedua cara di atas, sebenarnya masih ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk mengecek baterai Xiaomi. Salah satunya termasuk menggunakan fitur Android Debugging di mana sebaiknya dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman.

Saat melakukan pengecekan baterai Xiaomi dengan Android Debugging, ada beberapa hal yang lumayan berisiko. Di samping itu pun kita memerlukan perangkat komputer atau membeli aplikasi LADB dari Google Play Store agar bisa melakukannya.

Beberapa cara di atas pun berlaku untuk ponsel-ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI versi Anyar. Jika memakai antarmuka sistem yang lebih lawas, kita sebenarnya juga bisa memanfaatkan Bug Report dan mode Engineering atau CIT yang mana kini tidak lagi menampilkan informasi kesehatan baterai.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar