Aplikasi Tips dan Trik

Cara Memesang Barang di TikTok Jika Ada yang Mau Kamu Beli

TikTok Phone Feature

Gadgetren – Layaknya Instagram dan Facebook, TikTok pun telah merambah ke segmen jual beli lewat sebuah fitur di aplikasinya yang bernama TikTok Shop.

TikTok Shop hadir untuk memudahkan kamu dalam menghasilkan keuntungan melalui penjualan barang di jejaring sosial berbasis video pendek tersebut. Bahkan untuk memikat minat banyak orang, TikTok pada periode tertentu akan menghadirkan diskon harga produk menjadi murah dan voucher gratis ongkos kirim.

Meskipun TikTok Shop telah hadir, namun sebagian dari kamu pastinya sedikit bingung bagaimana cara mencari dan memesan barang karena memang tidak terdapat menu khusus yang langsung memunculkan katalog seperti marketplace.

Rata-rata penjualan di TikTok masih memanfaatkan kreativitas pengguna atau kreator untuk membuat video pendek promosi yang biasanya akan muncul secara acak di timeline halaman Home pada aplikasimu.

Terkadang pengguna TikTok pun akan menggunakan fitur Live untuk melakukan penjualan secara interaktif dengan pembeli dan juga menawarkan diskon produk yang bisa dibilang menarik.

Untuk mempermudah pencarian produk yang diinginkan, kamu dapat memanfaatkan fitur Search pada aplikasi TikTok dan langsung menggunakan keyword spesifik agar langsung memunculkan video-video yang menjual barang diinginkan untuk kemudian dimasukkan ke keranjang.

Cara Memesan Barang di TikTok Shop

  1. Akses aplikasi TikTok dan login akun
  2. Pada halaman Home, pilih menu Search yang berikon kaca pembesar di sudut kanan atas
  3. Masukkan keyword produk yang ingin dibeli, misal YoyiC, dan tekan ikon kaca pembesar
  4. Nantinya akan bermunculan video-video yang mempromosikan dan menjual minuman YoyiC
  5. Buka salah satu video dan pilih menu bertuliskan nama barang tersebut yang biasanya berada di atas nama akun pembuat video
  6. Selanjutnya, kamu langsung dihadapkan halaman pembelian produk
  7. Pilih produk dan kuantitasnya
  8. Apabila beruntung, kamu akan mendapatkan produk dengan harga murah dan voucher gratis ongkos kirim
  9. Setelah semua dipilih, tekan tombol Buy Now untuk langsung membeli
    TikTok Shop Belanja 1
  10. Selanjutnya, tekan tombol Add payment method untuk memilih metode pembayaran
  11. Setelah metode pembayaran dipilih, maka tekan tombol Continue dan Place Order
  12. Lakukan pembayaran dan secara otomatis barang kamu akan diproses
    TikTok Shop Belanja 3

Setelah barang berhasil dibeli, maka kamu harus menunggu hingga produk yang kamu beli dikemas dan dikirim oleh penjual. Kamu dapat terus memantau perkembangan barang yang dibeli melalui menu Order yang terdapat di halaman Settings.

Saya sendiri pernah memesan produk di TikTok Shop yang mana penjual mengirimkan barangnya satu hari setelah pembelian, sementara pengantarannya ke rumah memakan waktu sekitar 3 hari. Namun estimasi waktu pengiriman akan berbeda-beda tergantung dari toko dan produk yang kamu beli.

Selain itu, TikTok memberikan kemudahan dalam pembayaran dengan menghadirkan banyak metode mulai dari GoPay, transfer bank, DANA, kartu debit atau kredit, OVO, hingga Cash on delivery.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar