Tips dan Trik

Cara Melihat Story di TikTok Buat Kamu yang Masih Bingung

Cara Melihat Story TikTok - Header

Gadgetren –  TikTok mulai menggelontorkan fitur Story kepada lebih banyak pengguna. Oleh karena itu, sebagian di antara kita kini sudah dapat menggunakannya untuk membagikan video sementara.

Kita yang mendapatkan kesempatan hanya perlu memperbarui aplikasi TikTok ke versi paling mutakhir jika mau menjajal fitur tersebut. Ini berlaku untuk handphone berbasis Android melalui Google Play Store maupun iOS lewat Apple Apps Store.

Sama seperti konten video singkat TikTok secara umum, kita pun dapat membuat story dengan mengetuk tombol Plus (+) dari menu di bagian bawah aplikasi. Kemudian mengubah mode kamera ke “Quick” lalu merekam apa yang ingin dibagikan.

Yang cukup menarik, tampilan untuk menu Story di layanan TikTok sangat jauh berbeda dari platform media sosial lain baik itu Instagram, Facebook, WhatsApp, maupun Snapchat. ByteDance soalnya tidak menyediakan tab khusus untuk fitur tersebut pada desain terbarunya.

Meskipun begitu, kita tetap bisa melihat konten-konten story di layanan TikTok dengan sangat mudah. Adapun dalam hal ini, terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk melakukannya sebagaimana dalam penjelasan berikut.

Cara Melihat Story TikTok

Lewat FYP

Alih-alih menggunakan tab khusus, TikTok mengintegrasikan fitur Story miliknya ke FYP (For You Page). Jadi nanti setiap konten yang berhasil diunggah akan langsung muncul ketika kita menggulirkan halaman tersebut.

Hanya saja untuk membedakannya dari konten unggahan biasa, TikTok akan memberikan label khusus. Foto atau video tersebut akan ditempeli sebuah tanda berbentuk kotak dengan warna biru dan tulisan Story yang diletakkan di atas nama pembuatnya.

Dengan begitu, konten-konten yang diunggah sebagai story TikTok bakal bisa dilihat oleh siapa saja. Bahkan termasuk juga di dalamnya orang-orang yang tidak mengikuti profil terkait asalkan akunnya bersifat publik.

Ditambah lagi, konten-konten story juga hanya tersedia untuk sementara waktu saja. Video maupun fotonya akan menghilang dari FYP setelah 24 jam seperti apa yang terjadi pada layanan Instagram maupun Snapchat.

Lewat Profile

Selain lewat FYP, melihat konten-konten story TikTok juga bisa dilakukan secara langsung di halaman profil pembuatnya. Kita dalam hal ini bisa mencari dan membuka akun yang dimaksud memakai menu penelusuran supaya lebih mudah.

Sama seperti di FYP, kita sayangnya juga tidak akan menemukan tab khusus untuk Story TikTok di halaman profile. Video maupun fotonya akan dikumpulkan menjadi satu dengan label Story dan diletakkan bersama dengan konten biasa.

Tinggalkan Komentar