ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Melacak Status Pesanan di TikTok Shop Untuk Lihat Proses

TikTok Apps

Gadgetren – Berbelanja di TikTok Shop kini bisa dinikmati kembali. Dengan hadirnya tampilan baru TikTok Shop, kamu yang sebelumnya pernah berbelanja di sana akan merasa canggung.

Hal ini dikarenakan tampilan TikTok Shop kini berbeda dari sebelumnya yang mana sekarang tampilan serba hijau karena TikTok Shop telah menggandeng Tokopedia sebagai partner e-commerce agar bisa kembali lagi memasarkan produk di Tanah Air.

Setelah membeli suatu produk, tentunya kamu akan melacak pesanan apakah masih dikemas penjual, sudah dikirim atau sudah sampai. Untuk melacak pesanan belanjanya di TikTok Shop, kamu dapat melihatnya melalui menu khusus Pesanan yang tersedia di halaman Beranda TikTok Shop.

Cara Melacak Status Pesanan di TikTok Shop

  • Buka aplikasi TikTok di ponsel kamu.
  • Ketuk ikon keranjang di bawah layar. TikTok-Shop-1-2.
  • Ketuk menu Pesanan di atas layar pada halaman Beranda. TikTok-Shop-1-1
  • Lalu kamu akan melihat daftar barang yang sudah kamu pesan.
  • Cari Pesanan yang ingin kamu lihat statusnya.
  • Kamu bisa mencari secara manual dengan menggulir ke bawah atau menggunakan kolom pencarian.
  • Kamu bisa melihat status Pesanan sedang dikemas, dikirim, dan seterusnya.  TikTok-Shop-2-

Jika saat pesanan kamu belum terkirim-kirim atau melewati batas jatuh tempo pengiriman, kamu pun bisa mengirim pesan kepada penjual untuk menanyakan produk yang kamu pesan. Kamu juga bisa melakukan pembatalan pemesanan apabila produk gagal dikirim penjual.

Kemudian jika dalam barang yang kamu terima berbeda dari yang kamu pesan, kamu bisa meminta pengembalian dan menukar barang yang sesuai dengan apa yang tertera pada halaman penjualan. Kamu dapat mengontak penjual untuk melakukan proses pengembalian.

Barang yang dikembalikan akan berada pada status atau menu Pengembalian. Namun perlu kamu ingat ketika melakukan pengembalian dan pengiriman ulang barang yang kamu inginkan biasanya setiap penjual menerapkan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan jarak toko pengiriman ke alamat kamu.

Dengan begitu untuk melakukan proses pengembalian barang memang dibutuhkan biaya lagi di luar dari yang diterapkan sistem pengiriman di TikTok Shop. Paling tidak jika lokasi toko jauh di luar kota, kamu perlu merogoh uang sekitar Rp20-Rp100 ribu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar