ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Semakin Canggih! Samsung Bakal Rilis TV dengan Teknologi Baru Pada CES 2022

Samsung-MICRO-LED

Gadgetren – Ajang teknologi tahunan Consumer Electronic Show (CES) 2022 sebentar lagi akan digelar. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan yakni Samsung pun telah mulai memperkenalkan deretan TV pintar generasi terbarunya yang akan mendapatkan pembaruan pada teknologi layar.

Di antaranya ialah MICRO LED dan Neo QLED. Untuk MICRO LED pada TV pintar Samsung akan mengusung teknologi layar tercanggih dengan membawa tiga varian ukuran yakni 89″, 101″, dan 110″.

Teknologi layar MICRO LED sebenarnya sudah ada pada TV pintar Samsung sebelumnya di mana didukung oleh 25 juta LED yang berukuran mikrometer. Namun kali ini, Samsung memberikan penyegaran teknologi pada layar MICRO LED dengan menambahkan beberapa fitur baru agar gambar semakin jernih dan lebih berwarna dibandingkan generasi sebelumnya.

Fitur baru tersebut seperti kedalaman greyscale 20-bit, 100% DCI warna gamut, dan Adobe RGB akan dibenamkan ke dalam jajaran TV Pintar 2022 berteknologi layar MICRO LED. Selain itu, konten pada teknologi layar MICRO LED juga dapat menampilkan konten HDR lebih bagus lagi.

Secara fisik, teknologi layar MICRO LED juga akan mengusung rasio layar-ke-bodi 99,99% sehingga menjadikan TV pintar tampak tak berbingkai dan memungkinkan kita menonton konten pada layarnya secara penuh.

Tak lupa MICRO LED turut akan menyediakan tiga fitur tambahan berupa mode Art, Multi View, dan Dolby Atmos. Mode Art merupakan fitur yang mampu membuat TV pintar Samsung sebagai lukisan layaknya galeri seni dan menambah kesan cantik interior ruangan.

Samsung-Neo-QLED-8K

Kemudian Multi View menawarkan empat konten pada layar sekaligus dengan sumber yang berbeda dengan kualitas resolusi 4K pada frame rate 120 fps. Dolby Atmos pada TV  pintar dengan layar MICRO LED akan mendukung kualitas suara atau audio yang memanjakan telinga.

Sementara itu untuk teknologi layar Neo QLED masih menggunakan Neo Quantum Processor namun mendapatkan pembaruan berupa teknologi Shape Adaptive Light yang  dapat meningkatkan kecerahan dan keakuratan gambar sehingga konten konten HDR bisa dinikmati.

Di samping itu, teknologi layar Neo QLED juga akan dilengkapi oleh Real Depth Enhancer, sebuah algoritma untuk memberikan kualitas gambar yang dalam. Untuk memberikan kenyamanan mata, TV pintar Samsung dengan teknologi layar Neo QLED akan dibekali oleh mode EyeComfort.

Mode kenyamanan mata ini akan secara otomatis dapat menyesuaikan tingkat kecerahan seiring dengan perubahan cahaya dalam ruangan sehingga mata tidak mudah cepat lelah menatap layar.

Pada aspek audio, TV pintar dengan teknologi layar Neo QLED akan menghadirkan OTS Pro (Object Tracking Sound) yang dapat menciptakan suara penuh di dalam ruangan sehingga seperti berada di dalam auditorium teater dan ditambah dukungan Dolby Atmos yang mana suaranya akan semakin lebih memuaskan.

Samsung-The-Frame

Lewat pembaruan teknologi layar pada deretan TV pintarnya, Samsung juga turut mengonfirmasi bahwa TV pintar 2022 ini akan dibekali oleh teknologi Smart Hub yang merupakan sistem menu cerdas buatan Samsung.

Melalui Smart hub, kita dapat memiliki akses ke semua menu yang disediakan di TV pintar Samsung. Bahkan dapat mengunduh aplikasi, game, dan berselancar di internet. Untuk fitur Gaming Hub yang ada di dalam Smart Hub, Samsung pun akan membuka akses TV ke Nvidia GeForce Now, Google Stadia, dan layanan cloud gaming Utomik.

Kemudian beberapa pembaruan sistem berupa Watch Together, NFT, dan Smart Calibration. Aplikasi Watch Together memungkinkan kita dapat melakukan video chat dengan teman dan keluarga sembari menonton seri dan film favorit.

NFT yakni sebuah aplikasi intuitif untuk menemukan dan membeli karya seni dan Smart Calibration atau fitur kalibrasi layar terdiri dari dua mode yakni basic dan profesional. Mode basic mampu mengkalibrasi layar dalam waktu 30 detik dan mode profesional hanya dalam waktu sekitar 10 menit.

Terakhir adalah Lifestyle TV 2022 yang mencakup tiga model yakni The Frame ukuran 32″ sampai 85″, The Sero, dan The Serif ukuran 43″ sampai 65″. Lifestyle TV 2022 kabarnya akan mendapatkan Matte Display baru dengan bahan anti-silau, anti-pantulan, dan anti-sidik jari. Ketiganya juga telah mengantongi verifikasi dari UL (Underwriter Laboratories) meliputi ‘Reflection Glare Free’, ‘Discomfort Glare Free’ dan ‘Disability Glare Free’.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar