ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

TikTok Jadi Domain Terpopuler Versi CloudFlare di Tahun 2021

TikTok Sky Cloud

Gadgetren – CloudFlare, perusahaan keamanan dan infrastruktur Internet, telah mengeluarkan laporan terbarunya terkait lalu lintas internet, baik itu pada aplikasi, situs web, dan perangkat IoT.

Dalam laporannya itu, kini TikTok semakin populer di dunia dengan menempati posisi pertama dalam kategori Top 10 Most Popular Domains 2021. Daftar tersebut dibuat oleh CloudFlare berdasarkan besaran lalu lintas internet yang telah masuk ke domain masing-masing situs atau aplikasi tertentu.

TikTok sendiri di tahun 2021 menariknya telah menyalip beberapa media sosial atau situs besar seperti Google, Facebook Microsoft, Apple, Amazon, Netflix, YouTube, Twitter, hingga aplikasi pesan WhatsApp.

Di tahun 2020, CloudFlare menempatkan Google di posisi pertama dan Facebook di posisi kedua, sedangkan TikTok pada waktu itu hanya berada di posisi ketujuh setelah YouTube yang berada di peringkat ke delapan.

CloudFlare menyebutkan bahwa TikTok hanya beberapa kali saja menempati posisi teratas. Pada tanggal 17 Februari 2021 TikTok sempat menduduki posisi teratas selama sehari. Kemudian juga di bulan Maret 2021 dan Mei 2021.

Setelah tanggal 10 Agustus 2021, TikTok semakin menunjukkan kepemimpinannya hampir setiap hari selama sebulan penuh. Namun, beberapa hari Google sempat menduduki posisi pertama tetapi di bulan Oktober dan November 2021 TikTok kembali mendominasi khususnya pada perayaan Thanksgiving di tanggal 25 November 2021 dan Black Friday di tanggal 26 November 2021.

Google memang menjadi pesaing TikTok yang sulit untuk ditaklukkan secara instan karena situs raksasa ini memiliki banyak layanan aplikasi yang semua orang di dunia pasti menggunakannya seperti Maps, Translate, Photos, Flights, Books, dan News.

TikTok-grafik-domain-CloudFlare

Selain menjadi domain yang populer, TikTok juga masuk dalam daftar media sosial domain 2021 di posisi teratas diikuti oleh Facebook di peringkat kedua dan YouTube di posisi ketiga. Sebelumnya di tahun 2020, TikTok hanya duduk di posisi kedua, sedangkan Facebook berkuasa menjadi media sosial yang populer di zamannya.

CloudFlare juga menampilkan daftar domain video streaming yang terpopuler tahun 2021 yakni ditempati oleh Netflix di peringkat pertama dan YouTube di peringkat kedua. Sementara daftar domain e-commerce terpopuler di tahun 2021 Amazon dan yang kedua oleh Taobao. Lalu untuk domain aplikasi chat terpopuler 2021 masih dipegang oleh WhatsApp dan Telegram di peringkat kedua.

Menurut CloudFlare bertumbuhnya lalu lintas internet di tahun 2021 ini sebagian besar dibantu oleh adanya pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang lebih sering di rumah untuk bekerja hingga mencari hiburan.

Hal inilah yang memungkinkan TikTok semakin melejit digemari oleh banyak orang di dunia sehingga tahun 2021 menjadi puncak ketenarannya bahkan sampai mengalahkan situs-situs raksasa sekelas Google, Facebook, dan YouTube.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar