Berita Tekno

Conterpoint: Apple Kuasai 10 Handphone Terlaris di Dunia pada Tahun 2021

Apple iPhone 13

Gadgetren – Lembaga riset Counterpoint telah merilis data terbaru seputar performa penjualan model handphone dari produsen perangkat terpopuler di seluruh dunia. Dalam laporannya tersebut Counterpoint telah mengumpulkan 10 model handphone yang menjadi perangkat paling laris secara global pada tahun 2021.

10 model handphone terlaris tersebut telah meraup 19 persen total penjualan unit handphone pada tahun 2021 secara global dan Apple menjadi produsen handphone yang mendominasi dengan tujuh model perangkatnya dan menguasai posisi lima besar dalam daftar riset Counterpoint.

Sementara itu Xiaomi merebut posisi di dua tempat dan Samsung hanya satu tempat. Menurut Counterpoint, perangkat yang aktif di pasar global pada tahun 2021 kemarin ada lebih dari 4.200 model.

Lima model perangkat teratas dari Apple yang paling laris dibeli di tahun 2021 antara lain iPhone 12 di peringkat pertama dengan pangsa pasar 2,9 persen, iPhone 12 Pro Max di peringkat kedua dengan 2,2 persen, iPhone 13 di peringkat tiga dan iPhone 12 Pro di peringkat keempat dengan 2,1 persen, dan iPhone 11 di peringkat kelima dengan 2 persen.

Lebih jauh, tiga model teratas dari Apple ini dijelaskan Counterpoint telah memberikan kontribusi sebesar 41 persen terhadap total penjualan handphone Apple yang mana sebagian besar diambil dari seri iPhone 12.

Counterpoint Global Top 10 Smartphones 2021

Di posisi keenam dalam daftar dari Counterpoint bertengger perangkat Samsung Galaxy A12 dengan pangsa pasar 2 persen. Kemudian di posisi ketujuh hadir model perangkat Xiaomi Redmi 9A dengan 1,9 persen.

Galaxy A12 merupakan handphone kelas pemula yang mendapatkan respons besar di hampir semua wilayah dan negara termasuk Indonesia di sepanjang tahun 2021. Counterpoint juga menambahkan bahwa pihaknya yakin pamor dari Galaxy A12 akan diteruskan oleh Galaxy A13 (5G) yang diluncurkan pada bulan Desember 2021.

Setelah dijeda oleh Samsung, Apple pun mengisi kembali di peringkat kedelapan melalui model perangkat iPhone SE 2020 dengan pangsa pasar 1,6 persen. Berikutnya dilanjutkan di peringkat kesembilan perangkat dari Apple lagi yakni iPhone 13 Pro Max.

Di posisi terakhir Xiaomi kembali mejeng dengan pangsa pasar sebesar 1,1 persen untuk perangkat Xiaomi Redmi 9. Secara keseluruhan, Counterpoint melihat bahwa baik Redmi 9A dan Redmi 9 telah menyumbang total penjualan produk Xiaomi sebesar 22 persen di tahun 2021.

Sebelumnya, Apple juga dilaporkan menjadi produsen yang mendominasi pasar perangkat tablet secara global di tahun 2021 berdasarkan laporan terbaru dari lembaga riset International Data Corporation (IDC).


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar