Tips dan Trik

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti yang Sangat Terganggu

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - Header

Gadgetren – Menggunakan layanan Google Play merupakan hal wajib untuk sebagian besar perangkat Android. Namun ketika fungsinya bermasalah, pemakaian handphone pun akan menjadi sangat terganggu.

Bukan hanya tidak dapat memasang atau memperbarui aplikasi, kita umumnya akan terganggu oleh kemunculan jendela peringatan. Frekuensinya bahkan kadang kala sangat sering sehingga kita tidak dapat memakai handphone dengan nyaman.

Beberapa aplikasi yang terhubung juga akan terkena dampak dari hal itu sehingga tidak dapat digunakan dengan semestinya. Pasalnya Google Play banyak dipakai oleh berbagai layanan untuk mengelola akun hingga menautkan data.

Maka dari itu layanan Google Play terus berhenti menjadi masalah yang paling umum terjadi dalam hal ini di mana berdasarkan penelusuran saya banyak muncul pada berbagai macam model handphone maupun sistem operasi lawas.

Mengatasi layanan Google Play yang terus berhenti tentu bukan hal sederhana karena terdapat cukup banyak penyebabnya. Meskipun begitu, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut untuk menyelesaikannya.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti

Muat Ulang

  1. Tekan dan tahan Tombol Power selama beberapa detik
  2. Pilih Power Off
  3. Tunggu perangkat sampai benar-benar mati
  4. Hidupkan perangkat dengan menekan Tombol Power kembali

Memuat ulang handphone umumnya dapat menyelesaikan sejumlah masalah yang terjadi agar sistem kembali segar dan dapat menangani berbagai macam tugas secara lebih optimal.

Kita tentunya dapat menerapkan metode ini untuk menyelesaikan masalah layanan Google Play yang terus berhenti terutama jika hal tersebut terjadi akibat penumpukan proses komputasi.

Membersihkan Data dan Cache Aplikasi

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke Apps atau App management
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 1
  3. Ketuk aplikasi Google Play Services
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 2
  4. Pilih menu Storage
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 3
  5. Ketuk tombol Clear Cache untuk membersihkan data sampah
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 4
  6. Atau masuk ke Manage Storage dan memilih Clear All Data jika ingin membersihkan data utama
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 5

Membersihkan data dan cache aplikasi menjadi cara yang tergolong ampuh untuk mengatasi berbagai macam bentuk error pada handphone. Penumpukan berkas yang masih terpakai maupun tidak memang bisa memberikan efek yang kurang baik untuk berbagai macam layanan.

Begitu juga pada layanan Google Play yang notabene dipakai oleh banyak aplikasi. Tumpang tindih dari data lama dan baru tentu dapat mengakibatkan error yang kadang-kadang bakal memaksanya untuk berhenti beroperasi.

Menghapus Pembaruan Layanan

  1. Buka bagian Apps atau App management di halaman Settings
  2. Pilih aplikasi Google Play Services
  3. Klik tombol More options (ikon titik tiga) jika diperlukan
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 6
  4. Pilih Uninstall updates
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 7
  5. Konfirmasi dengan mengetuk tombol Ok
    Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti - 8

Mengembalikan Google Play ke versi lawas juga dapat dicoba untuk mengatasi masalah layanan yang sering berhenti. Sama seperti aplikasi pada umumnya, bug dalam pengembangan juga dapat menyebabkan error yang mengganggu.

Update Sistem Operasi

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Cari bagian Software Update
  3. Jalankan pemeriksaan pembaruan
  4. Unduh dan pasang pembaruan jika tersedia

Kesesuaian versi sistem operasi juga dapat berpengaruh pada bagaimana Google Play akan berjalan. Jika kompabilitas minimalnya tidak terpenuhi, maka layanan akan mengalami sejumlah kendala hingga pada akhirnya malah berhenti beroperasi.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, kita bisa coba memperbarui sistem dari perangkat yang digunakan. Kita bisa melakukannya dengan cara yang berbeda-beda, tetapi kurang lebih seperti langkah-langkah dalam penjelasan di atas.

Factory Reset

  1. Akses halaman Settings
  2. Cari dan buka bagian Factory reset
  3. Klik tombol Erase all data atau Reset
  4. Konfirmasi dengan tombol sesuai

Umumnya bagian Factory reset akan tersedia di halaman About phone, General Management, maupun Additional settings. Jika kesulitan untuk menemukannya, kita dapat memanfaatkan kolom pencarian yang biasanya tersedia di bagian atas menu Settings.

Melakukan Factory reset secara teknis akan mengembalikan pengaturan dan data-data di dalam perangkat menjadi seperti kondisi awal saat keluar dari pabrikan. Dengan melakukannya, berbagai macam hal di dalam handphone bakal ikut terhapus termasuk error dan permasalahan yang melanda jika memang masalah perangkat lunak.

Namun sebelum menggunakan fitur bawaan dari semua handphone Android ini, kita harus memastikan terlebih dulu bahwa data yang ada di dalamnya sudah dicadangankan supaya bisa memulihkannya jika masih diperlukan.

Tinggalkan Komentar