Tips dan Trik

Cara Hapus File Sampah di Handphone Samsung Biar Penyimpanan Lebih Lega

Cara Hapus File Sampah di Samsung - Header

Gadgetren – Membersihkan berbagai macam file sampah dari sistem maupun aplikasi merupakan langkah yang bisa dilakukan ketika ruang penyimpanan di handphone semakin menipis.

Apalagi jika tidak rajin dibersihkan, file-file tersebut juga dapat mengganggu pemakaian seperti menyebabkan handphone berjalan semakin lambat hingga membuat beberapa layanan dan aplikasi tiba-tiba berhenti.

Berbagai macam handphone buatan Samsung untungnya mempunyai antarmuka sistem operasi Android bernama One UI dan Samsung Experience yang di dalamnya menawarkan fitur khusus untuk membersihkan file sampah.

Kita pun bisa memakai dukungan yang dinamakan Device care atau Device maintenance tersebut untuk mendapatkan kapasitas media penyimpanan yang lebih luas maupun mengatasi berbagai macam permasalahan di dalam perangkat.

Untuk membersihkan file sampah dengan dukungan ini, kita bisa langsung mengunjungi halaman pengaturan di perangkat Samsung yang digunakan seperti angkah-langkah berikut.

Cara Menghapus File Sampah di Handphone Samsung

Memakai Device Care

  1. Masuk ke Settings
  2. Buka menu Battery and device care atau Device maintenance
    Cara Hapus File Sampah di Samsung - 1
  3. Klik opsi Storage
    Cara Hapus File Sampah di Samsung - 2
  4. Ketuk tombol Clean Now

Menghapus file sampah dengan Device care atau Device maintenance merupakan hal yang sangat aman. Kita tidak perlu takut berbagai macam data personal dari sistem maupun aplikasi yang masih penting akan ikut terhapus dari penyimpanan.

Sayangnya dalam upaya melindungi data-data yang masih penting itu, proses menghapus file sampah menggunakan dukungan ini akan melewatkan cache maupun histori penelusuran setiap aplikasi karena biasanya dianggap masih diperlukan.

Oleh karenanya kita kadang-kadang perlu menghapus data-data cache secara manual satu per satu setiap aplikasi jika kendala masih terjadi atau ruang penyimpanan terasa sangat sesak. Adapun untuk melakukan hal ini, kita bisa memakai langkah berikut.

Membersihkan Cache Aplikasi

  1. Akses halaman Settings
  2. Masuk ke bagian Apps
    Cara Hapus File Sampah di Samsung - 3
  3. Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan
    Cara Hapus File Sampah di Samsung - 4
  4. Klik menu Storage
    Cara Hapus File Sampah di Samsung - 5
  5. Ketuk tombol Clear Cache
    Cara Hapus File Sampah di Samsung - 6

Menggunakan cara di atas untuk menghapus data cache tentu akan membutuhkan proses yang cukup panjang. Jika tidak sabar dengan hal ini, maka kita bisa memakai aplikasi dari pihak ketiga seperti AVG Cleaner yang menjadi andalan saya.

Memakai Aplikasi AVG Cleaner

  1. Pasang aplikasi AVG Cleaner dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Izinkan sejumlah permohonan akses seperti ke media penyimpanan jika diperlukan
  4. Ikuti petunjuk yang muncul
  5. Setelah berada di halaman utama aplikasi, kita nantinya tinggal mengetuk tombol Clean, Quick Clean, atau apa yang ada di layar

Cara Hapus File Sampah di Samsung - 7

Menggunakan aplikasi pihak ketiga menjadi langkah paling efektif menurut saya karena bisa menghapus file sampah bahkan yang tersembunyi sekalipun. Namun supaya lebih aman, kita perlu memastikan bahwa apa yang digunakan benar-benar bisa terpercaya.

Tinggalkan Komentar