ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Hapus File Sampah Perangkat Samsung Supaya Jadi Lega

Cara Hapus File Sampah HP Samsung Header

Gadgetren – Setelah penggunaan dalam waktu yang lama, ada kalanya terjadi lag atau error pada perangkat Samsung yang disebabkan oleh banyaknya file sampah yang menumpuk.

Selain mengganggu kinerja sistem, berkas file sampah juga dapat membuat beberapa layanan dan aplikasi ikut bermasalah seperti berhenti tiba-tiba.

Hal ini tentunya akan merepotkan ketika menggunakan perangkat untuk kegiatan sehari-hari baik pekerjaan maupun hiburan karena jadi tidak optimal.

Sebagai solusinya, kamu perlu tahu cara menghapus file sampah di HP Samsung yang aman untungnya sudah disediakan secara bawaan lewat fitur yang ada di pengaturan.

Cara Menghapus File Sampah Samsung

Gunakan Optimize Now

  • Akses aplikasi Settings di perangkat Samsung.
  • Pilih menu Battery and device care.
  • Tekan tombol Optimize Now.
  • Selanjutnya, sistem akan mencari file-file yang dirasa tidak dibutuhkan.
  • Pilih optimize untuk membersihkannya.

Bisa dibilang sistem dapat secara pintar akan mengenali berkas sampah mana saja yang memang sudah tidak lagi digunakan. Namun apabila kamu ingin menghapus berkas lain yang memakan kapasitas besar bisa memilihnya secara manual.

Hapus Berkas Secara Manual

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Battery and device care.
  3. Tekan bagian storage.
  4. Kamu akan diperlihatkan beragam berkas beserta kapasitasnya.
  5. Selanjutnya, kamu tinggal memilih jenis file yang ingin dihapus.

Meskipun fitur penghapusan di Device care dapat mengenali file sampah secara pintar, namun biasanya file cache dari aplikasi akan dilewatkan karena berbagai hal. Jadi kamu perlu membersihkannya melalui halaman Apps di aplikasi Settings.

Bersihkan Aplikasi dengan Clear Cache

  • Akses aplikasi Settings.
  • Pilih menu Apps.
  • Pilih aplikasi yang akan dihapus cache.
  • Pada halaman App Info, pilih menu Storage.
  • Tekan tombol Clear Cache di bagian bawah.

Besarnya file cache yang tersedia pada masing-masing aplikasi akan berbeda. Namun rata-rata aplikasi chat, media sosial, dan game, menjadi aplikasi yang memiliki file cache cukup besar sehingga perlu selalu diperhatikan, apalagi jika sering digunakan.

Meskipun sudah dihapus, namun cache akan kembali terbentuk ketika kamu membuka dan melakukan aktivitas karena cache memang memiliki fungsi untuk mempercepat akses aplikasi karena adanya data yang sudah tersimpan.

Jadi kamu pun harus menghapus cache di HP Samsung secara berkala agar tidak terlalu menumpuk. Tentunya dengan file sampah yang banyak dihapus juga akan membuat penyimpanan internal menjadi lebih lega sehingga membuat kinerja sistem lebih meningkat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar