ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Tips dan Trik Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Perangkat Samsung

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Samsung Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Keluhan ruang penyimpanan yang hampir habis, menjadi salah satu keluhan saya ketika menggunakan smartphone buatan Samsung yang memiliki memori internalnya cukup kecil.

Hal ini karena biasanya Samsung telah memasang sangat banyak bloatware, yakni aplikasi bawaan yang tidak kita butuhkan, yang tidak bisa dipungkiri juga memakan cukup banyak ruang penyimpanan dari waktu ke waktu terutama saat ada pembaruan dengan fitur baru.

Padahal di sisi lain, aplikasi-aplikasi (terutama game) yang saat ini beredar di toko aplikasi memiliki ukuran yang semakin besar, yang pastinya membutuhkan kapasitas ruang penyimpanan lebih luas untuk memasangnya.

Oleh karena itu, saya pun harus punya trik khusus supaya tetap bisa memasang aplikasi atau menjalankan aplikasi-aplikasi yang terpasang dengan normal tanpa gangguan semacam lag atau freeze.

Beberapa trik tersebut akan saya bagikan pada kesempatan kali ini dan semoga bisa membantu kalian yang mengalami permasalahan yang sama di ponsel-ponsel buatan Samsung.

Trik pertama yang biasanya saya lakukan ketika muncul permasalahan ruang penyimpanan yang hampir habis, adalah membersihkan ruang penyimpanan dari data-data yang tidak terpakai.

Dalam hal ini, saya biasa akan mencopot pemasangan aplikasi (terutama game lama) yang sudah jarang saya gunakan, membersihkan cache, atau menghapus berkas-berkas gambar, video, musik yang sudah tidak diinginkan.

Dalam hal ini juga, saya akan menghapus database cadangan dari WhatsApp, yang memakan cukup banyak memori penyimpanan. Bagi yang belum tahu, kamu bisa menghapusnya melalui My Files, lalu masuk ke Internal Storage.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Samsung Clean WhatsApp

Dari halaman ini kemudian cari dan buka folder WhatsApp, lalu folder Databases. Hapus semua berkas data di dalamnya, kecuali berkas dengan nama paling pendek – tanpa tambahan keterangan tanggal mencadangkannya.

Sementara untuk data-data yang masih terpakai, saya biasanya memindahkannya ke kartu memori eksternal, laptop, atau layanan cloud gratis, seperti Google Drive atau Samsung Cloud untuk berkas dokumen dan Google Photos untuk video dan gambar.

Selain itu, saya biasanya juga akan memindahkan lokasi penyimpanan data game, seperti PUBG Mobile, COD Mobile, atau Mobile Legends, dari memori internal ke memori eksternal jika aplikasi mendukungnya.

Kamu juga bisa mencobanya dengan membuka Settings, lalu masuk ke bagian Apps. Selanjutnya, cari dan pilih aplikasi yang dimaksud, misal PUBG Mobile, dan pilih Storage. Kemudian tekan tombol Change dan konfirmasi dengan tombol yang sesuai.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Samsung Change Location

Beberapa aplikasi, seperti peramban Google Chrome atau Kamera, biasanya juga saya ganti pengaturannya supaya menyimpan hasil download atau hasil pengambilan gambar ke memori eksternal.

Secara umum, beberapa hal di atas bisa sedikit mengatasi keluhan saya terkait memori penyimpanan yang hampir habis. Namun tentu saja, pada beberapa seri, langkah-langkah melakukan triknya perlu diadaptasi karena pengaturannya kadang sedikit berbeda.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar