ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik

7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Samsung yang Hampir Habis

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Samsung Habis - Header

Gadgetren – Meskipun ponsel-ponsel buatan Samsung kini menawarkan kapasitas media internal yang semakin besar, keluhan mengenai ruang penyimpanan yang habis masih sering terjadi.

Hal ini umumnya bisa terjadi karena penumpukan data baik yang masih maupun sudah tidak terpakai. Kebiasaan mengunduh berkas berukuran besar, memasang terlalu banyak aplikasi, membuat video berdurasi panjang, hingga menyimpan foto tanpa pandang bulu adalah sebagian di antara pemicunya.

Saat ruang penyimpanan semakin penuh, berbagai aktivitas yang memerlukan sebuah ponsel padahal bisa terhambat. Kita makanya perlu segera menangani masalah tersebut agar perangkat bisa kembali berfungsi dengan normal.

1. Mengecek Pemakaian Ruang Penyimpanan

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Battery and device care.
  • Ketuk menu Storage.
  • Cek pemakaian ruang penyimpanan.
  • Cek tipe berkas yang membuat penyimpanan penuh.

Langkah pertama yang dapat dilakukan ketika ruang penyimpanan di ponsel Samsung semakin menipis adalah memeriksa jumlah pemakaiannya. Dengan begitu, kita nanti dapat mengetahui berkas apa saja yang menjadi penyebab utamanya.

Setelah mengetahui penyebabnya, kita nanti bisa melakukan tindakan sesuai dengan kebutuhan. Kita dapat melakukan pengelola berkas dengan tepat sehingga tidak perlu menghilangkan hal-hal penting yang masih diperlukan.

2. Mengosongkan Tong Sampah

  • Buka halaman pengaturan Storage seperti langkah-langkah sebelumnya.
  • Jika terdapat berkas di tempat sampah, akan muncul ikon aplikasi yang berkaitan di bawah menu Recycle bin.
  • Ketuk ikon aplikasi tersebut.
  • Ketuk More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas jika diperlukan.
  • Pilih opsi Empty.
  • Konfirmasi dengan menekan tombol yang sesuai.

Ruang penyimpanan yang semakin penuh salah satu di antaranya dapat disebabkan oleh penumpukan data di tong sampah. Saat menghapus berkas di sejumlah aplikasi seperti Gallery, berkas umumnya tidak langsung terhapus melainkan akan dipindahkan terlebih dulu ke tempat khusus tersebut.

Dalam hal ini, data-data yang dihapus akan dibiarkan di tong sampah hingga selama 30 hari supaya bisa dipulihkan lagi jika ternyata masih diperlukan. Baru setelah itu akan dihilangkan dari penyimpanan perangkat secara permanen.

Meskipun hanya bersifat sementara, penumpukan data juga dapat terjadi di dalam tong sampah, terutama saat kita menghapus terlalu banyak berkas bersamaan. Hal ini pun dapat menghabiskan ruang penyimpanan di dalam perangkat.

3. Menghapus Aplikasi yang Sudah Tidak Terpakai

  • Masuk kembali ke pengaturan Storage.
  • Cari dan ketuk bagian Unused apps jika tersedia.
  • Pilih semua aplikasi yang ingin dihapus.
  • Ketuk Uninstall lalu konfirmasi dengan tombol yang sesuai.

Seiring pemakaian, sebagian orang mungkin tidak akan menyadari bahwa aplikasi di dalam ponsel mereka terus bertambah semakin banyak. Beberapa di antaranya padahal sudah tidak terpakai lagi tetapi lupa untuk dihapus.

Kebiasaan memasang banyak aplikasi tanpa menghapus yang sudah tidak terpakai tentu dapat menyebabkan ruang penyimpanan semakin cepat habis. Sering kali, kita baru menyadarinya setelah penuh sesak dan perangkat mulai bermasalah.

Di ponsel Samsung, untungnya terdapat sebuah fitur yang dapat digunakan untuk menghapus berbagai aplikasi tak terpakai sehingga kita bisa mudah melakukannya. Kita di sisi lain juga dapat memilah sendiri secara manual apabila merasa kurang pas.

4. Menghapus Data yang Sudah Tidak Digunakan

Selain aplikasi, kita juga sering lupa untuk menghapus data yang sudah tidak terpakai baik itu foto, video, rekaman suara, musik, hingga dokumen. Berkas-berkas tersebut padahal umumnya akan mengambil porsi yang sangat besar dalam ruang penyimpanan.

Apabila memang sudah tidak digunakan, data-data yang sudah tak terpakai tersebut sebaiknya dihapus dari perangkat. Hal ini perlu dilakukan terutama saat ruang penyimpanan di dalam ponsel sudah mulai habis.

Kita dalam hal ini dapat menggunakan aplikasi Samsung My Files atau Gallery sesuai berkas yang akan ditangani. Jangan lupa untuk membersihkan tong sampah seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya setelah selesai menghapus data.

5. Memindahkan Data ke Media Penyimpanan Lain

Untuk data-data yang masih penting dan ingin tetap digunakan, kita sebenarnya bisa membiarkannya tersimpan di dalam memori ponsel. Namun jika memungkinkan, sebaiknya dipindahkan ke media lain supaya penyimpanan perangkat terasa lebih lega.

Sebagai alternatif, kita di antaranya dapat memindahkan berbagai data tersebut ke kartu MicroSD jika ponsel Samsung yang digunakan masih mendukungnya. Kita selain itu juga dapat memanfaatkan layanan penyimpanan awan atau USB lewat OTG jika sudah tidak tersedia.

Memindahkan data ke perangkat lain seperti komputer, laptop, tablet, atau ponsel berbeda juga bisa menjadi solusi yang layak dipertimbangkan. Hanya saja, hal ini mungkin akan membuat kita sedikit kesulitan saat ingin kembali mengakses berkas tersebut.

6. Mematikan Atau Mengecilkan RAM Plus

  • Kunjungi halaman Settings.
  • Buka pengaturan Battery and device care.
  • Masuk ke menu Memory.
  • Ketuk opsi RAM Plus.
  • Matikan atau ubah pengaturan RAM Plus ke paling kecil.
  • Tekan tombol Restart untuk menerapkan pengaturan.

Berbagai ponsel Samsung kini dilengkapi dengan fitur ekspansi RAM bernama RAM Plus. Kita dapat memakainya untuk mendapat ruang memori yang lebih besar sehingga perangkat nanti bisa menangani lebih banyak tugas maupun multi-tasking secara lebih lancar.

Namun perlu diingat, fitur RAM Plus akan mengambil sebagian ruang penyimpanan perangkat untuk menghadirkan memori virtual sebagai tambahan. Besarnya tergantung pada pengaturan yang kita terapkan.

Mematikan atau mengubah kapasitas RAM Plus ke angka yang paling kecil pun bisa menjadi salah satu solusi saat penyimpanan ponsel Samsung habis. Dengan begitu, ruang yang sebelumnya terpakai sebagai memori virtual bisa digunakan kembali untuk menyimpan data pengguna.

7. Menghapus File Lainnya

Dari berbagai jenis berkas yang dapat membuat ruang penyimpanan ponsel Samsung habis, File lainnya kadang-kadang mengambil porsi yang sangat besar. Jenis berkas ini memuat berbagai macam data dari aplikasi-aplikasi yang terpasang pada perangkat, seperti file sistem, data cache, dan file sementara.

Menghapus File Lainnya pun termasuk langkah yang perlu dipertimbangkan saat ruang penyimpanan ponsel Samsung penuh. Namun untuk melakukannya, kita memang harus memakai cara yang berbeda-beda untuk setiap jenis berkas.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar