Mading Tekno

Mengenal Apa Itu Filter HEPA yang Banyak Dipakai Pada Air Purifier

Apa Itu Filter HEPA Header

Gadgetren – Filter HEPA mulai menjadi perhatian, terutama dengan semakin maraknya produk air purifier dari sejumlah perusahaan.

Samsung yang sudah sejak awal ikut mengembangkan perangkat elektronik rumah pun termasuk di antaranya. Disusul kemudian oleh perusahaan-perusahaan yang sedang naik daun seperti realme lewat TechLife Air Purifier maupun Xiaomi melalui Mi Air Purifier 3C.

Filter HEPA memang sangat bermanfaat bagi kesehatan berkat kemampuannya dalam menyaring udara sehingga dapat membantu kita memperoleh udara yang lebih segar di dalam sebuah ruangan.

Apa Itu Filter HEPA?

HEPA adalah sebuah singkatan dari High-Efficiency Particulate Air atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia merujuk pada sebuah penyaring partikel udara dengan tingkat efisiensi tinggi.

Kita umumnya akan menjumpai penyaring udara ini dalam bentuk lipatan-lipatan serat polipropilena atau fiberglass berdiameter sangat kecil. Dalam sejumlah penjelasan produk, ukurannya bahkan bisa mencapai 0,5 hingga 2 mikrometer.

Dengan bentuk dan ukuran tersebut, filter HEPA dapat menangani partikel berukuran sampai 0,3 mikrometer. Efisiensinya secara standar pun sangat bagus karena mampu bekerja hingga 99.97% atau bahkan bisa saja lebih tinggi.

Sederhananya, filter HEPA bakal mampu menyaring berbagai macam partikel halus yang ikut terbang di udara. Termasuk di antaranya seperti menangkap serbuk sari, kotoran, debu, kelembapan, bakteri, virus, dan aerosol cair berukuran submikron.

Kita biasanya dapat memanfaatkan kemampuan filtrasi dari filter HEPA pada perangkat air purifier untuk meredakan gejala alergi maupun asma. Meskipun begitu, filter HEPA dapat diaplikasikan juga pada berbagai macam kebutuhan lain seperti vacuum cleaner hingga filter pada kendaraan.

Jenis Produk dengan Filter HEPA

Air Purifier

Kemampuan filter HEPA dalam menyaring partikel berukuran mikron tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk menangani masalah yang berkaitan dengan udara. Air purifier termasuk perangkat yang menggunakan jenis penyaring yang satu ini.

Ada banyak jenis air purifier yang sudah menawarkan filter HEPA. Kamu bisa menemukannya dengan harga yang sangat bermacam-macam sesuai dengan cakupan ruangan penyaringan hingga teknologi tambahan seperti filter karbon aktif.

Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner juga termasuk salah satu perangkat yang memanfaatkan teknologi penyaring HEPA. Kemampuan penyaringannya memungkinkan perangkat membersihkan debu yang menempel pada berbagai macam benda di dalam ruangan.

Namun tentu saja tidak semua vacuum cleaner yang beredar sekarang sudah memakainya. Hal ini dikarenakan implementasi filter HEPA membutuhkan desain perangkat penyedot tertentu agar debu dan kotoran dapat terperangkap sempurna.

Filter Kendaraan

Implementasi standar penyaring HEPA pun sudah mulai merambah ke industri otomotif. Hal ini dimulai sejak Tesla Model X memperkenalkan diri sebagai kendaraan pertama yang mengadopsinya pada tahun 2016 silam.

Filter HEPA memang cukup bermanfaat bagi sejumlah orang. Namun sayangnya, pengguna harus rajin untuk membersihkan atau menggantinya secara berkala supaya kemampuannya tidak menurun.

Tinggalkan Komentar