Mading

Mengenal Apa Itu Indikator PM yang Ada di Air Purifier

Apa Itu Indikator PM di Air Purifier - Header

Gadgetren – Selain kapasitas dan jenis filter, kita juga harus mempertimbangkan sensor-sensor yang ditawarkan saat sedang memilih perangkat air purifier supaya bisa bekerja secara lebih optimal.

Setiap perangkat air purifier soalnya mempunyai sensor dengan jenis dan spesifikasi yang berbeda-beda. Kemampuan dalam memantau kondisi udara pun salah satu di antaranya akan sangat bergantung pada komponen penting ini.

Sayangnya, mempertimbangkan sensor pada air purifier memang bukan hal mudah bagi sebagian orang. Ada berbagai macam istilah yang perlu dipahami supaya dapat memilih dengan tepat. Salah satu di antaranya mengenai indikator PM yang digunakan.

Apa Itu Indikator PM di Air Purifier?

Bagi kamu yang belum tahu, PM sendiri merupakan kependekan kata dari Particulate Matter atau bisa diterjemahkan sebagai “bahan partikulat”. Dikenal juga sebagai partikel halus atau mikroskopis yang mana secara khusus merujuk pada bentuk polusi udara.

PM bisa berupa partikel yang berasal dari zat cair maupun padat asalkan berukuran mikroskopis dan tersebar di udara. Debu, kotoran, jelaga, asap, hingga uap air dapat menjadi beberapa contohnya.

Partikel-partikel PM tentu bisa cukup merugikan apalagi jika berasal dari zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Perangkat air purifier makanya memakai istilah ini sebagai indikator untuk menunjukkan kemampuannya dalam memantau kondisi maupun menyaring udara.

Indikator PM pada air purifier sendiri secara khusus merujuk pada ukuran partikel yang mampu ditangani (disaring atau diidentifikasi). Dalam hal ini setidaknya ada dua kategori yang bakalan kita dengar di mana meliputi PM10 dan PM2.5.

PM10

PM10 mengacu pada partikel-partikel yang tersebar di udara dengan ukuran kurang dari 10 mikrometer. Biasa disebut juga dengan partikel kasar, kategori ini sudah cukup untuk membuat mata, hidung, maupun tenggorokan kita menjadi iritasi.

PM2.5

Sementara PM2.5 adalah partikel-partikel berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer. Kategori yang biasanya disebut dengan partikel halus ini lebih berbahaya karena dapat masuk ke dalam paru-paru dan bahkan darah.

Saat mencari air purifier yang baik, kita makanya perlu memastikan bahwa perangkat mempunyai filter yang bisa menyaring partikel PM2.5. Bakalan lebih mumpuni lagi jika mempunyai sensor khusus untuk mengukur tingkat kepadatannya.

realme TechLife Air Purifier Pro, IT Smart Air Purifier S280, realme TechLife Air Purifier, dan Mi Air Purifier 3C menjadi beberapa perangkat yang bisa dipertimbangkan dalam hal ini. Beberapa air purifier tersebut tak hanya mendukung filter HEPA tetapi juga sensor PM2.5.

Tinggalkan Komentar