Review Smart Home

realme TechLife Air Purifier Pro RMH2102 – Lebih Besar, Bersihkan Udara Lebih Baik

Review realme TechLife Air Purifier Pro Header

Gadgetren – Sebagai upaya dalam membuat kehidupan di rumah semakin sehat, realme kembali menghadirkan perangkat smart home dan yang terbaru bernama realme TechLife Air Purifier Pro RMH2102.

Dengan ukuran yang lebih besar dan fitur yang lebih lengkap dari saudaranya, realme TechLife Air Purifier Pro diklaim dapat menyajikan ruang udara yang lebih bersih.

Bahkan filter yang dimilikinya pun lebih efisien dalam menyaring berbagai hal. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kemampuannya, berikut ulasan realme TechLife Air Purifier Pro.

Review realme TechLife Air Purifier Pro
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.3/10

Kesimpulan

realme TechLife Air Purifier Pro dengan ukuran yang lebih besar dapat bersihkan udara lebih luas dan sudah dilengkapi layar kecil untuk menampilkan kualitas udara secara langsung.

Pros

  • Cepat membersihkan udara
  • Tidak terlalu berisik
  • Filter mudah dilepas
  • Opsi kontrol fisik memadai

Cons

  • Filter debu menyatu dengan filter lain

Dari segi desain, realme TechLife Air Purifier Pro sama seperti deretan produk dari lini realme TechLife lainnya terlihat sangat modern lewat balutan warna putih yang menemani tampilan bergaya futuristik.

Pada bagian depannya terdapat layar LED beresolusi tinggi yang dapat menampilkan secara langsung berbagai informasi penting seperti kualitas udara, kecepatan kipas, status WiFi, status filter, waktu penghitung, indikator sterilisasi UV-C, dan lainnya. Layar pun dapat menampilkan kode error jika terdeteksi ada masalah.

Sementara itu pada terdapat lubang-lubang ventilasi di bagian depan dan belakang yang nantinya udara akan dikeluarkan lewat pembuangan di bagian atas. Penutup belakang bersistem magnetik dapat dilepas dengan mudah untuk kemudian mengganti filter yang mana seluruhnya dapat dilakukan tanpa batuan alat sama sekali.

Pada bodi realme TechLife Air Purifier Pro tepatnya di bagian atas terdapat beberapa tombol pengendalian meliputi tombol daya, timer, kecepatan kipas, mode otomatis, kunci anak, reset filter, dan reset WiFi. Nantinya ada indikator lampu yang menemani setiap tombol sebagai bentuk indikator apakah aktif atau tidak.

realme TechLife Air Purifier Pro (2)

Bodi realme TechLife Air Purifier Pro sendiri punya dimensi yang tergolong cukup besar sekitar 260 x 265 x 524 mm dengan bobot mencapai 4,9 Kg. Oleh karena itu perlu memperhatikan di mana tempat meletakannya karena cukup merepotkan jika ingin sering dipindahkan.

Namun tentu dengan ukuran yang besar, kekuatan yang dimilikinya pun semakin bertenaga. Bahkan perangkat air purifier ini diklaim memiliki tingkat CADR 480 m³/h atau sekitar 8.000 liter udara dibersihkan setiap menitnya.

Dengan ukuran ruang efektif mencapai 57 m², tentunya realme TechLife Air Purifier Pro bakal cocok digunakan pada ruangan berukuran sedang karena mampu membersihkan udara dengan cukup luas. Penempatannya pun bakal sedikit lebih bebas selama tidak terhalang benda lain dengan jarak minimal 50 cm.

Mengadopsi struktur pemutaran 360°, filter yang ada di dalamnya dapat menyerap udara dari berbagai arah secara lebih efektif. Ditambah lagi realme telah meningkatkan kemampuan filter agar dapat menghilangkan bakteri, virus, dan Formaldehyde sekaligus dengan lebih baik.

realme TechLife Air Purifier Pro (4)

Filter tersebut digadang dapat menyaring polutan sebesar PM2.5, gas, bakteri, dan virus yang beterbangan udara dapat dibersihkan melalui beberapa tahan penyaringan.

Dengan sudah ditingkatkannya filter H12 HEPA, realme TechLife Air Purifier Pro mampu menyaring berbagai hal seperti rambut, pollen, debu, hingga partikel sangat kecil berdiameter 0,3 micron. Lalu dengan penyedotan yang tinggi dapat menghilangkan berbagai gas berbahaya seperti asap rokok hingga formaldehyde dengan efektivitas mencapai 120 m³/h.

Sementara untuk bakteri dan virus dapat dihilangkan berkat kombinasi filter H12 HEPA dengan sinar Ultraviolet C. Kombinasi tersebut memungkinkan realme TechLife Air Purifier Pro dapat menjaga udara tetap bersih dan sehat.

Untuk filternya sendiri dalam halaman resminya tertulis dapat digunakan hingga 3.500 jam. Mengganti filter pun terbilang sangat mudah karena dapat dikeluarkan tanpa perlu menggunakan obeng atau sejenisnya.

realme TechLife Air Purifier Pro (5)

Layaknya perangkat air purifier pada umumnya, realme TechLife Air Purifier Pro sangat mudah untuk digunakan. Cukup dengan menekan tombol power dan memilih salah satu mode, maka perangkat sudah langsung bekerja menyaring udara.

Terdapat enam mode penyaringan yang dapat dipilih meliputi Auto, Soft, Normal, Strong, Customize, dan Sleep sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan. Untuk mode Sleep akan membuat pengoperasian hanya mengeluarkan suara kurang dari 34dB agar tidak mengganggu tidur.

Nantinya setelah realme TechLife Air Purifier Pro dinyalakan, layar akan memunculkan indikator kualitas udara PM2.5 secara otomatis. Warna yang ditampilkan berupa hijau, kuning, dan merah yang mana menandakan kualitas udara dari baik hingga buruk.

realme TechLife Air Purifier Pro mengandalkan sensor laser untuk memonitor konsentrasi dari udara PM2.5. Dengan begitu dapat mengetahui kualitas udara secara akurat yang mana dapat dimanfaatkan oleh mode Auto untuk menyesuaikan pembersihan dengan cerdas dan efektif.

realme TechLife Air Purifier Pro (3)

Sebagai perangkat smart home, realme TechLife Air Purifier Pro tentunya dapat dihubungkan ke aplikasi realme Link untuk dikendalikan maupun melihat informasi langsung dari handphone. Namun selama masa pengujian perangkat ini masih belum terdeteksi ketika melakukan pairing dikarenakan memang masih belum resmi rilis di Indonesia.

Namun jika merunut pada perangkat realme lainnya, seharusnya proses pairing dan pengendalian akan mudah untuk dilakukan. Nantinya segmen ini akan kembali diperbarui setelah sudah tersedia di aplikasinya.

Walaupun begitu, berbagai kendali utama untuk bisa menggunakan realme TechLife Air Purifier Pro sudah tersedia langsung di bodinya melalui tombol fisik yang ada. Oleh karena itu tidak wajib memasang aplikasi realme Link jika memang tidak ingin menggunakannya.

Salah satunya fitur timer dengan opsi maksimal waktu 8 jam. Perangkat akan mati secara otomatis sehingga menyala secara terus menerus yang mana tidak hanya boros listrik tetapi juga membuat masa penggunaan filter jadi pendek. Dengan begitu perangkat dapat digunakan secukupnya saja tanpa perlu khawatir lupa mematikannya.

realme TechLife Air Purifier Pro (6)

Hanya saja aplikasi realme Link menjadi sangat penting ketika perlu menggunakan fitur Kunci Anak dengan menekan tombol berlogo gembok selama 5 detik. Nantinya seluruh tombol tidak akan bisa digunakan dan perangkat hanya bisa dikendalikan lewat aplikasi realme Link.

Secara keseluruhan pengoperasian realme TechLife Air Purifier Pro RMH2102 tergolong sangat mudah. Ukurannya yang besar memungkinkan kemampuan pembersihan udara yang lebih luas. Bahkan selama penggunaan, udara terdeteksi dapat terjaga dengan angka PM2.5 di bawah 4 poin pada mode Auto.

Saat udara terdeteksi kurang baik, tidak membutuhkan waktu lama untuk realme TechLife Air Purifier Pro bersihkan agar kembali di bawah angka 10 poin. Informasi yang lebih detail ini tentunya membantu dalam mengetahui kualitas udara.

Tinggalkan Komentar