Mading Tekno

Kenapa Filter HEPA Itu Sangat Penting di Air Purifier?

Kenapa HEPA Itu Penting di Air Purifier Header

Gadgetren – Meroketnya kepopuleran filter HEPA tentu menimbulkan pertanyaan kenapa perangkat ini cukup penting di air purifier dan apakah benar-benar bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Bagi yang belum tahu, filter HEPA merupakan sebuah penyaring udara dengan tingkat efisiensi sangat tinggi. Kita dapat memakainya sebagai perangkap untuk partikel-partikel kecil bahkan hingga berukuran submikron.

Filter ini umumnya dibuat dari serat polipropilena atau fiberglass berdiameter 0,5 hingga 2 mikrometer dengan bentuk berlipat-lipat. Desain tersebut memungkinkan air purifier menyaring udara dengan tingkat hingga 99,97 persen atau bahkan lebih tinggi.

Secara sederhana, filter HEPA tentu memegang peranan yang sangat penting di dalam air purifier. Komponen inilah yang memungkinkan proses pemurnian udara di dalam sebuah ruangan dapat dilakukan.

Kenapa Filter HEPA Itu Penting di Air Purifier?

Air purifier sendiri merupakan perangkat elektronik rumah yang berfungsi sebagai penyaring udara. Kita dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan polusi, memurnikan udara, hingga meningkat kualitasnya supaya lebih aman bagi kita.

Prinsip kerjanya cukup sederhana. Air Purifier nantinya akan menyedot udara sekitar menggunakan kipas berukuran besar, menyalurkan ke bagian filter untuk disaring, kemudian mengeluarkannya dengan lebih bersih dan murni.

Filter HEPA mengambil porsi yang sangat besar dalam proses itu. Dengan kemampuannya dalam menjaring partikel berukuran kecil, komponen inilah yang bertugas membersihkan udara dari berbagai macam hal tak kasat mata.

Komponen ini umumnya mampu menangani benda-benda berukuran hingga 0,3 mikrometer. Adapun secara teknis di antaranya termasuk bakteri, virus, residu bahan kimia, hingga alergen seperti serbuk sari, kotoran, maupun partikel debu.

Partikel-partikel yang berukuran lebih dari 0,3 mikrometer tersebut bakal terperangkap di dalam filter. Udara yang dikeluarkan oleh air purifier pun akan menjadi lebih murni dan segar sehingga bisa kita hirup dengan aman.

Dampak Positif untuk Kesehatan

Secara tidak langsung, filter HEPA akan membantu menekan berbagai macam masalah kesehatan. Komponen ini misalnya dapat membersihkan udara dari penyebab alergi maupun partikel-partikel yang membahayakan penderita asma.

Di masa pandemi seperti sekarang, filter ini pun disebut-sebut mampu menekan penyebaran virus. Kemampuannya dalam menyaring partikel memang menunjang hal itu meskipun apakah memang benar efektif atau tidak masih perlu diteliti lebih lanjut.

Jika dipakai pada ruangan yang kita huni sendiri maka kemungkinan akan cukup membantu. Hanya saja kalau banyak orang yang berlalu lalang, menjalankan protokol kesehatan (prokes) tetap menjadi salah satu hal yang harus ditaati.

Pemakaian filter HEPA sendiri sayangnya memerlukan perawatan ekstra. Dengan durasi berbeda-beda sesuai apa yang ditetapkan oleh perusahaan pengembangnya, kita perlu membersihkan atau menggantinya supaya air purifier dapat bekerja dengan maksimal.

Kebanyakan air purifier yang beredar di pasaran sekarang sudah mengemas filter HEPA sebagai senjata andalan. Meski demikian, kita tetap saja perlu melihat spesifikasi teknis secara lebih jeli untuk memastikannya supaya tidak kecewa di kemudian hari.

Tinggalkan Komentar