ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Download Foto Atau Berkas Media?

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Download Foto - Header

Gadgetren – Ada banyak aspek dari dalam maupun luar yang bisa menyebabkan berkas media seperti foto di layanan WhatsApp tidak bisa diunduh atau prosesnya gagal di tengah jalan.

Seperti apa yang kita tahu, platform pesan singkat milik Facebook ini memerlukan banyak hal supaya dapat berjalan dengan baik sebagaimana layanan daring berbasis aplikasi pada umumnya.

Jika salah satu hal tersebut terganggu, maka WhatsApp pun akan mengalami sejumlah permasalahan mulai dari sejumlah fitur tidak bisa berfungsi hingga aplikasi benar-benar berhenti bekerja. WhatsApp tidak bisa download foto atau berkas media termasuk salah satu akibatnya. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, kita tentu perlu mengetahui apa yang jadi penyebab aslinya.

Adapun sepengalaman kami, masalah WhatsApp tidak bisa download foto bisa menyerang siapa saja dengan penyebabnya yang sangat beragam.

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Download Foto Atau Berkas Media?

Pengaturan Waktu dan Tanggal Salah

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke bagian General Management, System, atau General sesuai perangkat yang digunakan
  3. Akses menu Date & time
  4. Cek tanggal dan waktu apakah sesuai dengan kondisi sebenarnya atau tidak

Saat pengaturan tanggal atau waktu di handphone salah, aplikasi WhatsApp tak akan dapat terhubung dengan server. Hal ini tentu dapat menyebabkan beberapa masalah termasuk saat akan mengunduh berkas media.

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Download Foto - 1

Mengecek tanggal dan waktu di handphone seperti langkah-langkah di atas dapat ditempuh untuk memastikan hal tersebut. Selain itu, kita pun dapat sekaligus mengubahnya secara manual atau mengaktifkan opsi pengaturan otomatis melalui halaman yang sama jika masih belum sinkron.

Internet Terganggu

Koneksi ke server memungkinkan aplikasi WhatsApp saling bertukar data mulai dari mengirim teks biasa hingga konten multimedia. Internet yang bermasalah tentu dapat mengganggu hal tersebut. Kita dapat memastikan koneksi internet apakah cukup kuat atau tidak untuk berkomunikasi dengan mencoba membuka halaman web melalui peramban atau streaming video di aplikasi YouTube.

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Download Foto - 2

Menggunakan mode pesawat selama beberapa saat, mengubah koneksi ke kartu seluler lain, beralih ke jaringan Wi-Fi, hingga mereset setelan koneksi di handphone dapat menjadi beberapa solusi jika internet sedang terganggu.

Server WhatsApp Bermasalah

Berkaitan dengan masalah koneksi, kita juga perlu memastikan bahwa server WhatsApp sedang baik-baik saja karena proses mengunduh foto pun bakal bermasalah apabila mengalami gangguan.

Bagi kamu yang belum tahu, server WhatsApp dapat kita cek melalui layanan pihak ketiga seperti Downdetector maupun outage.report. Kedua situs ini akan menampilkan data dari berbagai jenis laporan gangguan.

Penyimpanan Penuh

Memori penyimpanan penuh memang dapat menjadi sumber masalah bagi para pengguna perangkat seluler. Beberapa aplikasi dan fitur bahkan bisa berhenti bekerja karena masalah ini dimana menyebakan WhatsApp butuh kapasitas penyimpanan luas supaya dapat berjalan. Untuk mengunduh foto atau video misalnya, kita perlu mempunyai ruang yang lebih besar dari ukuran berkas agar berhasil.

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Download Foto - 3

Mengecek sisa kapasitas penyimpanan di handphone untungnya cukup mudah. Kita bisa melakukannya melalui file manager atau halaman pengaturan meskipun setiap perangkat mempunyai cara yang sedikit berbeda.

Memindahkan data, uninstall aplikasi, membersihkan data sampah, hingga menggunakan layanan cloud mungkin dapat menjadi upaya yang pas jika memori penyimpanan memang menipis.

Masalah Kartu Memori Eksternal

Meskipun aplikasinya belum mendukung penyimpanan data ke memori eksternal, WhatsApp mengklaim bahwa kasus tidak dapat mengunduh foto atau berkas media lain pun bisa muncul akibat masalah kartu SD.

Memastikan bahwa kartu SD tidak penuh menjadi langkah pertama yang dapat dilakukan. Namun jika ruang penyimpanan sudah luas tetapi masalah masih terjadi, langkah berikutnya yang bisa diambil adalah menghapus data-data WhatsApp yang tersimpan di dalam ruang penyimpanan tersebut.

Kartu SD yang berubah menjadi Read-Only juga dapat menyebabkan masalah WhatsApp tidak bisa download berkas media. Oleh karena itu, kita juga perlu memastikannya menggunakan layanan via komputer.

Memformat kartu SD kadang kala juga dapat menjadi langkah jitu jika beberapa metode di atas belum berhasil menyelesaikan masalah. Hanya saja perlu diingat, kita akan kehilangan seluruh data yang ada di dalamnya saat melakukan format.

Kesalahan Aplikasi Atau Sistem

Memperbarui sistem operasi maupun aplikasi ke versi teranyar dapat menjadi upaya selanjutnya dalam mengatasi masalah WhatsApp yang tidak bisa download foto maupun berkas media lain. Hal ini dikarenakan masalah tersebut pun bisa terjadi karena bug yang muncul dalam pengembangan aplikasi maupun sistem operasi yang secara teknis membutuhkan solusi melalui pembaruan.

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Download Foto - 5

Namun perlu diingat, kesalahan pada level aplikasi maupun sistem operasi sayangnya juga bisa terjadi karena ketidaksesuaian setelan hingga keterbatasan sumber daya di dalam handphone itu sendiri. Beberapa langkah seperti memuat ulang handphone, membersihkan data, hingga memasang ulang aplikasi untungnya dapat menjadi solusi praktis jika beberapa kesalahan seperti itu terjadi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar