Tips dan Trik

Cara Mudah Untuk Mengecek WhatsApp Sedang Gangguan atau Tidak

Cara Cek WhatsApp Gangguan atau Tidak Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Tidak terkirimnya pesan WhatsApp bukan hanya bisa terjadi karena sinyal operator seluler yang buruk, melainkan juga bisa dikarenakan layanan tersebut sedang down atau mengalami gangguan.

Seperti platform berbasis internet pada umumnya, platform WhatsApp pun memiliki banyak aspek yang perlu dikelola dengan baik oleh pengembang supaya layanannya bisa berjalan lancar.

Ketika salah satu dari aspek tersebut seperti piranti lunak, jaringan, atau server mengalami gangguan, maka para pengguna bisa jadi akan terdampak sehingga mereka tidak bisa menggunakan layanan tersebut dengan baik.

Pada beberapa kasus seperti yang terjadi pada bulan Juli 2019 lalu misalnya, kesalahan sistem yang terjadi saat pemeliharaan rutin mengakibatkan sebagian pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim foto atau video selama berjam-jam.

Namun perlu saya tegaskan, beberapa kesalahan atau gangguan pengiriman pesan melalui layanan WhatsApp bisa juga terjadi di sisi perangkat atau jaringan pengguna. Untuk itu, kamu bisa memastikannya terlebih dahulu sebelum menghakimi para pengembangnya.

Langkah paling mudah untuk mengecek apakah WhatsApp sedang gangguan atau tidak dapat dilakukan dengan melihat apakah pengguna yang lain juga mengalami gangguan tersebut atau tidak.

Dalam hal ini kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi halaman https://downdetector.com/status/whatsapp/ yang akan menampilkan laporan gangguan terhadap layanan WhatsApp dari waktu ke waktu.

Situs khusus yang beroperasi untuk memantau gangguan di berbagai macam layanan ini akan menampilkan data-data seperti jumlah laporan selama 24 jam dalam bentuk grafik, pemetaan gangguan, hingga jenis gangguan yang dilaporkan.

Cara Cek WhatsApp Gangguan atau Tidak

Kamu juga bisa melaporkan gangguan WhatsApp yang kamu alami melalui layanan ini dengan mengetuk tombol “I have a problem with WhatsApp” dan memilih jenis gangguan yang dialami.

Selain menggunakan layanan ini, kamu juga bisa menggunakan https://outage.report/whatsapp/amp untuk melakukannya. Situs ini pun memiliki fitur-fitur yang kurang lebih sama dengan situs yang sebelumnya.

Apabila data laporan gangguan dalam kedua situs di atas tidak banyak, maka gangguan yang kamu alami di layanan WhatsApp kemungkinan besar terjadi di sisi perangkat atau jaringan.

Kamu bisa mencoba menyelesaikan dengan beberapa cara yang direkomendasikan oleh WhatsApp di halaman berikut ini.

Tinggalkan Komentar