Tips dan Trik

Apakah Ada Cara Setting Penyimpanan WhatsApp Agar Otomatis ke SD Card?

Cara Setting Penyimpanan WhatsApp Otomatis Ke SD Card Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Ukuran penyimpanan WhatsApp dapat menjadi sumber masalah bagi sebagian pengguna, apalagi jika perangkat yang digunakan mempunyai kapasitas memori internal berukuran cukup kecil.

Seiring pemakaian, berkas data WhatsApp memang akan terus berkembang. Fitur-fitur berbagi konten multimedia media seperti foto, video, hingga suara dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Meskipun pada sejumlah handphone tidak langsung kentara, tetapi berbagai macam konten multimedia tersebut akan langsung tersimpan secara otomatis ke dalam memori internal saat pengguna mengaksesnya.

Belum lagi, layanan yang kini beroperasi dalam naungan Facebook ini pun rajin membuat pencadangan dengan ukuran yang lumayan besar setiap harinya. Jumlahnya pun terus bertambah hingga menyimpan seluruh data untuk seminggu.

Menambahkan kartu memori eksternal seperti MicroSD tentu menjadi opsi yang banyak dilirik. Namun, apakah ada cara mengatur penyimpanan WhatsApp agar data-data langsung masuk ke dalamnya secara otomatis?

Ada Cara Settings Penyimpanan WhatsApp Otomatis ke SD Card?

Sepengetahuan saya, dukungan untuk memindahkan data ke kartu SD umumnya tidak berlaku pada aplikasi yang mempunyai kredensial penting termasuk perbankan, marketplace, maupun media sosial.

Hal tersebut dikarenakan kartu SD yang mempunyai semacam sistem terpisah dari handphone masih memiliki sedikit celah yang bisa dimanfaatkan oleh para peretas untuk melancarkan aksinya.

Sejumlah handphone seperti iPhone dan beberapa perangkat Android menengah ke atas bahkan rela untuk meniadakan slot kartu SD untuk melindungi para pengguna karena hal tersebut.

WhatsApp pun termasuk di dalamnya. Melalui halaman bantuan, mereka pun secara tegas menyatakan bahwa WhatsApp tidak mungkin mendukung pemindahan penyimpanan data ke kartu memori eksternal (SD Card) secara langsung.

Oleh karena itu, pengguna yang benar-benar kehabisan ruang penyimpanan pun dapat menggunakan solusi lain yang pernah Tim Gadgetren bagikan. Beberapa di antaranya termasuk uninstall aplikasi yang tidak terpakai, menghapus data sampah, hingga memindahkan data secara manual.

Namun, saya sangat-sangat tidak merekomendasikan jika mau menempuh jalur hitam alias Rooting yang notabene memang menjanjikan kemampuan untuk memindahkan seluruh aplikasi ke SD Card.

Jalur tersebut memang menawarkan berbagai macam keuntungan melalui opsi kepemilikan lebih baik. Tetapi, berbagai macam risiko di dalamnya sangat membahayakan bagi para pengguna terutama yang masih awam.

Tinggalkan Komentar