Tips dan Trik

Alasan Muncul “You Are Not Eligible to Sign In to Zoom at This Time” Saat Akan Meeting

Muncul You Are Not Eligible to Sign In to Zoom at This Time Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meski kini dapat menjadi media andalan untuk melakukan konferensi maupun pembelajaran jarak jauh di masa pandemi, platform Zoom tidak bisa digunakan oleh semua orang begitu saja.

Untuk menggunakannya, seseorang perlu memenuhi persyaratan dan ketentuan pemakaian layanan karena tanpa hal itu mereka tidak akan diizinkan masuk dan mengikuti konferensi atau acara yang sedang berlangsung.

Kamu yang mengunjungi artikel ini mungkin salah satunya. Meskipun bisa membuat akun di Zoom, pengguna yang belum memenuhi syarat bakal tetap ditolak masuk ke dalam layanan dan muncul peringatan “you are not eligible to sign in to Zoom at this time”.

Persyaratan dan ketentuan Zoom mana yang mengakibatkan peringatan tersebut muncul? Apa yang perlu dilakukan jika hal itu terjadi? Mari kita bahas secara tuntas.

Kenapa Muncul “You Are Not Eligible to Sign In to Zoom at This Time”?

Pembatasan Usia

Seseorang harus berusia minimal 16 tahun agar dapat mendaftar dan menggunakan layanan Zoom. Jika terbukti kurang dari itu meski akun sudah terverifikasi, maka pihak pengembang dapat mencabut akses secara sepihak bahkan tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Peringatan “you are not eligible to sign in to Zoom at this time” menjadi bukti bahwa kebijakan tersebut benar-benar berlaku di dalam layanan ini sehingga seluruh pengguna pun harus mematuhinya.

Berdasarkan keterangan Zoom dalam syarat layanan yang berlaku sejak Agustus 2020 kemarin, layanan konferensi daring miliknya secara khusus dirancang untuk pemakaian bisnis dan bisa dipakai untuk tujuan lain jika memenuhi kebijakannya.

Wilayah Akses Terlarang

Meskipun berbentuk digital, distribusi layanan Zoom pun terikat dengan kebijakan untuk wilayah tertentu termasuk di antaranya mengenai sanksi perdagangan milik Amerika Serikat (AS) yang menjadi basis perusahaan.

Oleh karenanya, akses dari beberapa wilayah yang terkena sanksi perdagangan AS atau pembatasan perdagangan signifikan lainnya (seperti Kuba, Iran, Korea Utara, Suriah, dan wilayah Krimea di Ukraina) tidak akan dapat dilakukan.

Sama seperti pembatasan umur, orang-orang yang masih berupaya mengakses Zoom dari wilayah tersebut bakal menemukan peringatan “you are not eligible to sign in to Zoom at this time”. Kabar baiknya, Indonesia sekarang tidak termasuk ke dalam wilayah yang terkena sanksi apa pun sehingga penyebab kedua penolakan akses ke Zoom ini kemungkinan kecil dapat terjadi.

Alternatif yang Bisa Dilakukan

Memanfaatkan Layanan Zoom for Education

Walaupun menerapkan batasan usia, Zoom tetap menyediakan layanan khusus agar dunia pendidikan (termasuk siswa berusia kurang dari 16 tahun) tetap bisa memanfaatkannya dalam menggelar pembelajaran jarak jauh.

Layanan khusus ini bernama Zoom for Education. Kamu dapat menghubungi pihak sekolah untuk mengetahui informasi lebih lanjut karena langganannya secara umum hanya bisa dilakukan pada level instansi.

Pinjam Akun ke Orang Lebih Tua

Meminjam akun Zoom dari orang dewasa dengan pengawasan dari mereka tentu dapat menjadi opsi selanjutnya jika sekolah belum berlangganan Zoom for Education yang harganya lumayan mahal.

Kamu sebenarnya bisa membuat akun baru dengan memanipulasi pengaturan usia. Namun perlu diingat, Zoom menerapkan sistem pembatasan umur bukan tanpa alasan begitu saja. Seperti apa yang diulas sebelumnya, Zoom dirancang khusus untuk berbagai macam tujuan bisnis dimana salah satunya terdapat transaksi pembayaran yang membutuhkan akses legal.

Kedua metode ini merupakan alternatif yang bisa dipilih oleh para pengguna dengan usia kurang dari 16 tahun agar berhasil mengakses dan menggunakan layanan Zoom untuk mengikuti konferensi atau pembelajaran jarak jauh.

Sementara jika permasalahan muncul akibat pembatasan wilayah padahal Indonesia bukan negara yang diblokir, maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan komputer, tablet, maupun handphone lain.

Tinggalkan Komentar