Aplikasi Berita

Tengah Banyak Digunakan, Zoom Ternyata Punya Sedikit Masalah Keamanan

ZOOM Conference Header

Gadgetren – Aplikasi Zoom tengah digandrungi berbagai kalangan mulai dari pemerintahan, profesional, sampai dunia pendidikan. Sebagai alat untuk melakukan video konferensi, sayangnya Zoom juga memiliki risiko siber yang dapat merugikan penggunanya.

Aplikasi video konferensi ini sendiri sering digunakan instansi pemerintah dan perusahaan sebagai media untuk melakukan pertemuan dan bisnis hingga sebagai media belajar mengajar jarak jauh bagi dunia pendidikan secara online.

Pasalnya, belakangan ini seluruh dunia mengalami peralihan metode kerja sebagai upaya untuk menghindari dan menghentikan penyebaran virus korona. Banyak instansi pemerintah, perusahaan, universitas, dan sekolah mengadopsi kebijakan beraktivitas dari rumah dan banyak di antaranya menggunakan alat konferensi online.

Kini Zoom menjadi semakin naik daun di tengah dunia yang membutuhkan ruang online untuk mengakomodasi berbagai aktivitas rutin tersebut. Namun sayangnya, aplikasi ini memiliki masalah yang mungkin akan memberikan gangguan pada penggunanya.

Yudhi Kukuh selaku IT Security Consultant PT Prosperita ESET Indonesia mengatakan bahwa segala hal yang terkait dengan dunia maya pasti memiliki risiko tersendiri, dalam hal ini untuk Zoom.

“Ancaman Zoom Bombing bisa menjadi masalah besar bagi banyak pihak. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan pengaturan yang tepat untuk mencegah terjadinya pembajakan,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dilayangkan kepada tim Gadgetren, Selasa (31/03/2020).

Zoom Bombing sendiri merupakan serangan berupa gangguan dari luar yang membajak video konferensi dengan mengirim gambar-gambar porno atau ujaran kebencian disertai ancamanyang membuat segala interaksi sosial online yang sedang dilakukan terpaksa dihentikan.

Serangan ini juga semakin meningkat secara signifikan selama wabah virus korona. Ia menambahkan bahwa pencegahan merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah Zoom Bombing.

Apalagi Zoom memiliki fitur untuk mencegah pengeboman Zoom yang disebut sebagai “Waiting Room” atau ruang tunggu yang memungkinkan tamu yang tidak diundang mengambil alih percakapan.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar