Tips dan Trik

Kenapa Memori Internal Bisa Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit Header

Gadgetren – Handphone dengan memori penyimpanan penuh tentu cukup menyebalkan bagi para pengguna, apalagi disusul fakta bahwa aplikasi yang terpasang di dalamnya berjumlah sangat sedikit.

Memori penyimpanan penuh akan menghambat berbagai macam aktivitas, mulai dari menyulitkan pengguna memasang aplikasi, membuat kamera tak bisa bekerja, hingga memperlambat kinerja handphone itu sendiri.

Untungnya, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengatasi hal ini selain harus mengumpulkan dana supaya dapat meminang handphone baru dengan kapasitas memori penyimpanan lebih besar.

Kamu yang mengalami permasalahan ini dapat menyimak beberapa tindakan tersebut pada ulasan berikut. Namun agar dapat mengatasi dengan tepat, kamu perlu mengetahui penyebab utamanya di mana setiap handphone tentu saja bisa berbeda.

Kenapa Memori Penyimpanan Bisa Penuh Padahal Aplikasi yang Terpasang Sedikit?

Ukuran Aplikasi Memang Besar

Penuhnya memori penyimpanan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk salah satu di antaranya adalah besarnya ukuran aplikasi dan data yang terpasang di dalam perangkat.

Mari kita nalar bersama-sama. Memasang aplikasi berukuran sangat besar tentunya tetap bisa menghabiskan memori penyimpanan internal meskipun jika dihitung jumlahnya sangat sedikit.

Misalnya, kapasitas memori penyimpanan kosong yang kita miliki adalah 16 GB mengartikan aplikasi yang bisa terpasang tentu hanya berjumlah 8 buah jika masing-masing berukuran 2 GB seperti ukuran berbagai game seluler masa kini.

Belum lagi sebagian memori dari kapasitas 16 GB tersebut biasanya akan terpotong oleh sistem bawaan handphone. Jadi, ruang kosongnya pun dapat semakin berkurang secara signifikan saat memasang aplikasi berukuran besar meskipun berjumlah lebih sedikit.

File Bertipe Cache, Cadangan, Hingga Thumbnail Menumpuk

Tak hanya ukuran aplikasi, besarnya data juga sangat berpengaruh pada pemakaian ruang penyimpanan. Perlu diketahui, aplikasi berjalan memerlukan beberapa jenis data dengan ukuran file yang kadang-kadang cukup gemuk.

Termasuk di antaranya seperti file cache, cadangan, hingga thumbnail. Meskipun sangat berguna, kedua jenis data tersebut bisa membuat memori penyimpanan semakin sesak meskipun aplikasi yang terpasang hanya sedikit.

Sebagai contohnya pada aplikasi WhatsApp. Layanan pesan singkat milik Facebook ini setiap hari melakukan pencadangan baik secara lokal ke memori internal maupun online ke layanan Google Drive.

Besarnya file cadangan cukup berbeda-beda pada setiap perangkat. Pada handphone saya misalnya, ukurannya memang hanya 228 MB setiap berkas tetapi bisa menumpuk hingga lima kali sehingga totalnya menjadi lebih dari 1 GB.

Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 1

Lumayan signifikan jika digabungkan dengan berbagai macam berkas konten yang diunduh dari WhatsApp seperti gambar, video, maupun audio. Jeleknya lagi, berkas ini tidak akan terlihat tanpa menelusuri penyimpanan secara lebih mendalam.

Hampir sama dengan ini, file cache pada layanan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, maupun Bukalapak memungkinkan memberikan pengalaman yang lebih baik dengan menyimpan data sementara.

Data-data yang terangkum dalam file cache tersebut memang akan membantu kita mempercepat pemuatan gambar dan keterangan barang-barang di dalam layanan, tetapi sebagai akibatnya akan semakin menumpuk jika dibiarkan secara terus menerus.

Sebut saja pada Tokopedia memiliki ukuran dan data asli sebesar 145 MB dalam handphone yang saya pakai, tetapi seiring lamanya waktu pemakaian dapat membengkak menjadi 1,27 GB.

Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 2

Pemakaian aplikasi Gallery pun tak jauh berbeda. Untuk menampilkan foto maupun video, aplikasi ini tak menampilkan ukuran yang sebenarnya melainkan membuat sebuah file baru bernama thumbnail untuk menghindari waktu pemuatan lebih lama.

Berkas bertipe thumbnail biasanya juga terletak secara tersembunyi. Kamu bahkan perlu menghidupkan fitur “show hidden files” agar dapat menemukan folder yang berisi file-file tersebut.

Masih Terdapat Sisa Data dari Aplikasi Lama yang Sudah Dihapus

Saat menghapus aplikasi dari handphone, sejumlah data sebenarnya masih tersisa di dalam perangkat. Adapun di antaranya meliputi gambar tertentu, file pengaturan, hingga konten unduhan.

Apabila tak dikelola dengan baik, beberapa data tersebut juga akan memenuhi memori penyimpanan. Apalagi di sisi lain juga tak akan terdeteksi begitu saja karena aplikasi yang bisa mengakses sudah hilang.

Banyaknya Aplikasi Bawaan

Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, sistem bawaan handphone juga memakan sebagian ruang kosong penyimpanan. Ukurannya pun bisa terus tumbuh saat pengguna melakukan pembaruan.

Secara umum, ada dua tipe aplikasi bawaan dalam hal ini yang mana meliputi bawaan sistem operasi (seperti Google Play Store) dan bloatware yang berasal dari pihak pengembang.

Sayangnya, beberapa aplikasi tersebut tak jarang hanya memenuhi ruang penyimpanan karena sama sekali tidak pernah digunakan meskipun sebagian lainnya sangat bermanfaat bagi pengguna.

File Foto dan Video Semakin Banyak

Meskipun jarang memasang aplikasi berukuran besar, ruang kosong dalam handphone dapat menjadi semakin sempit saat kamu sering menggunakan perangkat untuk mengambil foto atau video.

Apalagi dalam hal ini, berkas foto maupun video yang diambil dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi akan memiliki ukuran sangat besar. Meskipun tidak terlihat pada awal pemakaian, berkas tersebut jika tidak dipindahkan dapat membuat memori penyimpanan penuh.

Lebih-lebih lagi, beberapa aplikasi media sosial seperti WhatsApp juga mengunduh berkas serupa dan menyimpannya ke dalam perangkat. Jika dibiarkan maka handphone tidak akan mampu menampungnya.

Solusi Saat Melegakan Kembali Memori Penyimpanan

Hapus Aplikasi dan Gunakan Alternatif yang Lebih Ringkas

Menghapus aplikasi berukuran besar menjadi solusi pertama yang bisa kamu tempuh ketika memori penyimpanan membeludak dan perangkat mulai kehilangan beberapa fungsinya.

Apabila aplikasi tersebut sangat penting, maka kamu bisa mencari pengganti maupun menggunakan versi ringannya seperti Google Chrome dengan Opera Mini atau Mozilla Firefox Lite, Facebook dengan Facebook Lite, serta PUBG Mobile dengan PUBG Mobile Lite.

Untuk beberapa aplikasi yang tidak memiliki pengganti atau masih benar-benar dibutuhkan, maka kamu dapat mengantisipasi dan mengatasi pembengkakan ukurannya dengan rajin membersihkan file sampahnya.

Bersihkan File Cache

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian App (Pengelola Aplikasi)
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 3
  3. Cari dan klik aplikasi yang akan dibersihkan
  4. Masuk ke bagian Storage (Penyimpanan)
  5. Klik Clear Cache (Hapus Cache)
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 4

Perlu diketahui, metode membersihkan file cache pada sejumlah tipe handphone bisa berbeda dengan langkah-langkah di atas karena adanya perbedaan versi sistem operasi. Kamu pun dapat menyesuaikannya karena biasanya hanya beda peletakan dan penamaan.

Sementara untuk aplikasi yang mencadangkan data seperti WhatsApp, kamu pun memerlukan treatment tambahan yang mana  dalam hal ini, menghapus file cadangan yang tidak dibutuhkan pun sangat saya rekomendasikan.

Bersihkan File Cadangan WhatsApp

  1. Buka File Manager (Saya dalam hal ini menggunakan My Files bawaan Samsung)
  2. Masuk ke Memori Internal
  3. Cari dan buka folder WhatsApp
  4. Masuk ke folder Databases
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 5
  5. Pilih semua file di dalamnya (kecuali yang paling baru untuk berjaga-jaga)
  6. Lalu gunakan opsi Delete

Sama halnya menghapus cache kamu pun bisa menyesuaikan langkah-langkah membersihkan file cadangan WhatsApp di atas dengan aplikasi yang digunakan karena masing-masing memiliki konfigurasi yang berbeda-beda.

Ini pun berlaku juga untuk membersihkan file thumbnail yang terbentuk berkat aplikasi Gallery. Namun bagi kamu yang belum bisa tetap dapat menyimak langkah-langkah berikut dan menyesuaikannya dengan keinginan.

Bersihkan File Thumbnail

  1. Buka pengaturan File Manager lalu aktifkan opsi Show Hidden Files
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 6
  2. Masuk ke bagian memori internal
  3. Lalu buka folder DCIM
  4. Tekan lama pada folder bernama .thumbnails
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 7
  5. Akhiri dengan menekan tombol Delete (Hapus)

Dengan langkah yang hampir sama, kamu pun bisa membersihkan folder-folder untuk aplikasi yang sudah dihapus. Seperti pada kasus saya, untuk menghapus data dari aplikasi CamScanner yang sudah saya uninstall karena terduga memiliki celah berbahaya.

Hapus Folder yang Tak Terpakai

  1. Buka memori penyimpanan internal menggunakan File Manager
  2. Cari folder aplikasi yang akan dihapus
  3. Tekan selama beberapa detik jika folder sudah ketemu
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 8
  4. Klik Delete (hapus)

Dengan begitu, folder yang berisi data-data aplikasi yang sudah dihapus tidak akan memenuhi memori penyimpanan. Namun untuk melakukannya, kamu sayangnya perlu menghapusnya satu per satu.

Supaya bisa membersihkan berkas sampah secara bersamaan, kamu dapat memanfaatkan aplikasi file cleaner sesuai dengan data yang ingin dihapus. Salah satu di antaranya, saya merekomendasikan AVG Cleaner.

Gunakan File Cleaner

  1. Unduh aplikasi yang akan digunakan dari toko terpercaya (sesuai rekomendasi, saya mencontohkan menggunakan AVG Cleaner)
  2. Buka aplikasi setelah selesai
  3. Izinkan permohonan akses dan beberapa pengaturan
  4. Lakukan pemindaian
  5. Ketuk opsi Quick Clean
  6. Pilih file yang akan dihapus
  7. Tekan Finish Cleaning dan tunggu prosesnya sampai selesai
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 9

Pada beberapa handphone, kamu menariknya tidak perlu memasang aplikasi tambahan dalam hal ini. Adapun salah satu di antaranya seperti Samsung dengan mengakses Settings lalu masuk ke Device Maintenance dan Storage.

Opsi ini pun bisa digunakan untuk membersihkan data-data dari aplikasi bawaan. Namun jika benar-benar jarang digunakan, alangkah baiknya kamu menonaktifkannya supaya tidak berjalan di belakang layar maupun melakukan pembaruan yang bisa membuat ukuran datanya semakin besar.

Nonaktif Aplikasi Bawaan

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian App
  3. Cari aplikasi bawaan yang akan dinonaktifkan
  4. Ketuk aplikasi tersebut lalu pilih opsi Disable
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 10

Kamu bisa mengunjungi halaman tersebut kembali ketika ingin menggunakan aplikasinya kemudian mengetuk tombol Enable yang sebelumnya muncul untuk menggantikan opsi Disable.

Memindahkan berkas penting ke media lain seperti komputer atau cloud juga bisa sedikit mengurangi beban handphone dalam menangani masalah yang diakibatkan oleh penuhnya memori penyimpanan.

Pindahkan Foto, Video, Dokumen, Atau File Penting ke Komputer

  1. Hubungkan handphone dengan komputer menggunakan kabel data yang sesuai
  2. Aktifkan opsi Transfer Files di dalam handphone
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 11
  3. Buka File Explorer di komputer
  4. Masuk ke partisi penyimpanan internal handphone
  5. Pilih semua data yang ingin dipindah
  6. Klik kanan dan pilih Cut
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 12
  7. Buka folder baru di komputer untuk menyimpannya
  8. Pilih Paste
  9. Lepaskan handphone dari komputer setelah selesai

Selain memanfaatkan transmisi melalui kabel, kamu pun bisa menggunakan transfer data secara nirkabel melalu Bluetooth atau memanfaatkan aplikasi khusus seperti Share It dalam hal ini.

Atau di sisi lain, kamu pun bisa memindahkannya ke cloud seperti Google Drive agar lebih mudah mengaksesnya kapanpun dan di manapun selama terhubung internet atau ketika memori penyimpanan komputermu juga penuh.

Pindahkan Foto, Video, Dokumen, Atau File Penting ke Cloud

  1. Buka Google Drive
  2. Klik tombol Plus (+) lalu ketuk opsi Upload
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 13
  3. Pilih semua file yang akan diunggah
  4. Klik Open
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 14

Tunggu sejenak prosesnya. Semakin banyak aplikasi yang ingin dipindahkan ke Google Drive maka semakin lama waktu untuk mengunggahnya. Selain Google Drive, kamu pun bisa memanfaat OneDrive atau Dropbox dengan cara serupa.

Sebagai antisipasi tambahan, kamu selanjutnya dapat menonaktifkan fitur mengunduh dan memutar konten secara otomatis dari beberapa aplikasi dan layanan seperti WhatsApp.

Menonaktifkan Fitur Unduh Otomatis pada Sejumlah Aplikasi

  1. Buka pengaturan aplikasi (misalnya WhatsApp)
  2. Masuk ke bagian Storage
  3. Ubah semua pengaturan Media Auto-download ke No Media
    Kenapa Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 15

Untuk aplikasi lain, kamu bisa mengeksplorasi cara mematikan fitur mengunduh otomatis secara mandiri. Jika kebingungan, kamu pun boleh berkeluh kesah di kolom komentar dan tim Gadgetren akan coba membantu.

Dengan beberapa tindakan ini, memori penyimpanan internal dalam handphone kamu diharapkan dapat semakin lega. Namun jika belum sesuai dengan yang diharapkan, membeli perangkat dengan opsi lebih besar bisa kamu pertimbangkan.

Tinggalkan Komentar