Aplikasi Tips dan Trik

Cara Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp Agar Lebih Hemat Penyimpanan

Cara Mematikan Download Otomatis di WhatsApp[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – WhatsApp kerap menjadi salah satu aplikasi chat yang memakan banyak kapasitas penyimpanan di handphone.

Seiring lamanya pemakaian, tentunya kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan WhatsApp menjadi sangat besar sehingga merepotkan sebagian orang. Apalagi jika handphone yang digunakan mempunyai kapasitas penyimpanan kecil.

Banyaknya data yang tersimpan biasanya disebabkan oleh WhatsApp yang secara otomatis download atau mengunduh file seperti foto atau video yang dikirim oleh pengguna lain sehingga menumpuk dan membuat pemakaian kapasitas penyimpanan menjadi semakin besar.

Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu untungnya dapat membuat aplikasi WhatsApp tidak langsung melakukan download secara otomatis sehingga nantinya kamu dapat secara selektif memilih foto, video, maupun file apa yang ingin dibuka dan disimpan.

Cara Mematikan Download Otomatis di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone
  2. Pada halaman utama, pilih menu Options berikon tiga titik
  3. Selanjutnya, pilih menu Settings
  4. Pilih menu Storage and data
  5. Tuju bagian Media auto-download
  6. Hilangkan tanda checklist untuk Photos, Audio, Videos, dan Documents pada bagian When using mobile data, When connected on Wi-Fi, dan When roaming
  7. Tekan tombol OK
  8. Fitur Media auto-download pun telah dimatikan

Cara Mematikan Download Otomatis di WhatsApp

Setelah semua jenis data dinonaktifkan, maka aplikasi WhatsApp tidak akan lagi langsung download file yang dikirimkan oleh pengguna lain. Nantinya kamu harus mengunduh secara manual satu per satu file yang didapatkan pada halaman Chat atau Group.

Misalnya setiap ada kiriman foto, kamu harus menekan tanda download di bagian tengah file agar bisa disimpan dan dilihat karena jika tidak hanya akan terlihat seperti kotak buram. Dengan begitu, kamu dapat lebih hemat pemakaian kapasitas penyimpanan karena tidak semuanya langsung masuk. Hal ini akan sangat membantu ketika handphone milikmu hanya mempunyai kapasitas yang kecil.

Sementara jika kamu ingin kembali mengaktifkan kembali fitur Media auto-download dapat mengulangi langkah-langkah tersebut. Namun yang menjadi perbedaannya, kamu sekarang harus menambahkan tanda checklist agar fitur kembali aktif.

Tinggalkan Komentar