ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mematikan Auto Download WhatsApp Agar Penyimpanan Hemat

Aplikasi Whatsapp

Gadgetren – Ruang penyimpanan  di WhatsApp mayoritas dipenuhi dengan beragam file seperti foto dan video dari percakapan chat grup sehingga membuat kapasitas penyimpanannya cepat penuh.

Oleh karena itu WhatsApp secara bawaan menyediakan fitur untuk mematikan pengunduhan secara otomatis sehingga beragam jenis file tidak akan langsung tersimpan. Selain jenis file foto dan video, dokumen dan audio pun menjadi salah satu jenis berkas yang termasuk.

Jika kapasitas penyimpanan penuh, biasanya akan muncul masalah di chat grup dan personal WhatsApp sehingga memaksa kamu untuk menghapus beberapa file yang tidak penting. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mematikan auto download WhatsApp.

Cara Mematikan Auto Download WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar. Unduh-otomatis-WhatsApp
  • Pilih menu Setelan.
  • Pilih menu Penyimpanan dan Data.  Unduh-otomatis-WhatsApp
  • Pada menu Unduh Otomatis media, kamu bisa memilih jenis koneksi yang digunakan seperti data seluler, WiFi, atau saat roaming. Unduh-otomatis-WhatsApp-
  • Bila ingin mematikan semua jenis unduh otomatis media, kamu bisa hilangkan tanda centang semua jenis media di jaringan WiFi. Unduh-otomatis-WhatsApp
  • Lalu lakukan hal yang sama pada data seluler dan roaming.
  • Lalu pilih Oke pada setiap opsi penggunaan jaringan.Unduh-otomatis-WhatsApp

Setelah semua jenis media dimatikan, nantinya pengunduhan otomatisnya baik menggunakan data seluler, WiFi, dan roaming tidak lagi dilakukan. Jadi file tidak akan secara otomatis disimpan yang mana kamu perlu memilih dan melihatnya secara manual terlebih dahulu.

Kamu juga bisa memilih hanya satu jenis media saja atau lebih dari itu untuk bisa disimpan secara otomatis di aplikasi WhatsApp. Misalnya hanya foto dan dokumen saja yang mana sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan sementara video dan audio masih membutuhkan konfirmasi manual.

Selain mematikan fitur unduh otomatis, kamu juga bisa menggunakan fitur setelan chat untuk mematikan penyimpanan media di galeri sehingga perangkat tidak cepat penuh. Apabila fitur ini diaktifkan, maka semua media yang disetel diunduh otomatis akan ikut tersimpan di galeri perangkat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar