ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone Untuk Menggunakan Kartu dan Pembayaran

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC di iPhone - Header

Gadgetren – Selayaknya ponsel-ponsel kelas atas, lini perangkat iPhone juga meluncur dengan dukungan NFC (Near Field Communication) untuk menunjang berbagai macam aktivitas pengguna.

NFC sendiri merupakan protokol komunikasi jarak dekat. Dengan menggunakan fitur tersebut, kita dapat melakukan berbagai macam hal mulai dari mengecek atau top-up saldo kartu e-money hingga membuat pintasan otomatis di aplikasi Shortcuts.

Hanya saja, menggunakan fitur NFC di perangkat iPhone sangat berbeda dengan ponsel-ponsel Android. Kita soalnya tidak akan menemukan pengaturan khusus untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan dukungan tersebut secara manual.

Pada beberapa versi iOS sebelumnya, pengaturan khusus untuk mengaktifkan atau mematikan fitur NFC memang muncul di halaman Settings > General maupun pintasan Control Center dengan mengatur setelannya di Settings > Control Center. Hanya saja kini tidak tersedia lagi.

Setelan NFC di iPhone umumnya sudah aktif secara otomatis. Jadi kita bisa langsung memakainya untuk mengecek atau top-up saldo kartu e-money. Kita dalam hal ini hanya perlu memasang aplikasi sesuai dengan layanan yang digunakan.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

  • Pasang aplikasi dari layanan yang digunakan.
  • Login jika diperlukan.
  • Pilih menu kartu e-money atau uang elektronik terkait.
  • Ketuk tombol Cek Saldo atau Top-up sesuai menu yang ingin digunakan.
  • Jika muncul jendela Ready to Scan maka NFC sudah aktif.
  • Tempelkan kartu e-money di ke bodi depan atau belakang iPhone.
  • Untuk top-up, pilih nominal isi ulang lalu ikuti petunjuk yang muncul selanjutnya.

Perlu diingat bahwa aplikasi yang digunakan harus sesuai dengan layanan e-money. Kita dalam hal ini dapat memakai BRImo BRI untuk BRIZZI, BCA Mobile untuk Flazz, BNI Mobile untuk TapCash, atau Tokopedia yang mendukung banyak kartu.

Namun tentu saja, setiap aplikasi akan menampilkan antarmuka yang berbeda-beda. Kita pastinya perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas supaya berhasil mengecek atau mengisi ulang kartu e-money yang dimiliki.

Sejauh yang saya tahu, fitur NFC sayangnya tersedia cukup terbatas di beberapa model perangkat. Kita sebenarnya sudah bisa menemukannya di iPhone 6 tetapi secara teknis hanya mendukung pemakaian untuk Apple Pay saja dan itu pun memerlukan pembaruan ke iOS 12.

Sementara untuk memperoleh fungsi yang lebih komplit seperti mengecek dan mengisi saldo kartu e-money, kita memerlukan minimal iPhone 7 dengan sistem iOS 13 ke atas. Fitur NFC sendiri memang sudah bisa dipakai lewat iOS 11 tetapi dukungannya juga lumayan terbatas.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar