Smartphone Tips dan Trik

Mau Top Up E-money? Ini Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC di iPhone

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone Header

Gadgetren – Para pengguna kini tak hanya dapat memanfaatkan fitur NFC di iPhone untuk melakukan pembayaran dengan Apple Pay, melainkan juga beberapa hal seperti cek saldo atau top-up e-money.

Hal itu dikarenakan Apple kini telah menambahkan dukungan untuk melakukan hal tersebut melalui sistem operasi terbarunya yang berdasarkan keterangan dari Apple sudah tersedia sejak iOS 11.

Sejumlah layanan perbankan dan marketplace pun menariknya sudah mulai menyambut baik dukungan tersebut dengan mengimplementasikan fitur NFC ke dalam aplikasi-aplikasi seluler khusus iOS miliknya.

Di Indonesia sendiri, para pengguna kini sudah dapat mencoba fitur khusus ini untuk mengelola kartu pembayaran terkait pada sejumlah aplikasi resmi seperti Tokopedia, Mandiri Online, BRImo BRI, maupun BCA Mobile.

Kamu misalnya bisa memanfaat Mandiri Online untuk mengecek atau mengisi saldo E-money, BRImo BRI untuk BRIZZI, BCA Mobile untuk Flazz, sementara Tokopedia untuk beberapa kartu pembayaran.

Yang jadi masalah, setelan fitur NFC di iPhone sangat berbeda dari Android. Kamu mungkin akan sedikit kebingungan untuk menggunakannya apalagi jika baru beralih dari sistem operasi buatan Google itu.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

Tidak sama dengan Android, iPhone tidak menyediakan setelan khusus untuk fitur NFC. Para pengguna bisa langsung menggunakannya tanpa perlu mengaktifkannya terlebih dulu.

Fitur ini akan aktif secara otomatis ketika pengguna membutuhkannya. Kamu hanya perlu memperbarui sistem operasi ke versi yang paling anyar supaya dapat menggunakannya.

Dukungan NFC di iPhone memang sudah bisa digunakan sejak iOS 11. Namun jika ingin mendapatkan fungsi yang tak hanya sekedar membaca kartu, kamu perlu memperbarui sistem minimal iOS 13.

Setelah sistem operasi mendukung, kamu selanjutnya hanya perlu memasang salah satu aplikasi dari Apple Apps Store sesuai dengan kartu pembayaran atau NFC tag yang ingin dikelola.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

  1. Pasang aplikasi dari layanan yang digunakan
  2. Login dengan akun yang dimiliki jika diperlukan
  3. Akses menu kartu pembayaran terkait
  4. Pilih opsi lihat atau perbarui saldo untuk mengecek sisa kredit di dalam kartu pembayaran
  5. Dekatkan kartu pembayaran ke komponen NFC iPhone yang biasanya terletak di bagian atas
  6. Pilih opsi top-up lalu ikuti petunjuk yang ditampilkan jika mau melakukan pengisian ulang

Masing-masing layanan tentunya mempunyai cara berbeda (termasuk penempatan dan penamaan tombol) dalam hal ini. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan langkah-langkah di atas dan mengeksplorasi aplikasi terkait secara lebih mendalam.

Pemakaian fitur NFC seperti untuk mengecek atau mengisi saldo kartu pembayaran secara teknis sayangnya hanya mendukung seri iPhone 7 ke atas. Pada seri iPhone 6, fitur NFC hanya mendukung Apple Pay dan itu pun perlu iOS 12.

Tinggalkan Komentar