Tips dan Trik

Ini 15 Fitur Baru dan Kelebihan iOS 13 di iPhone

Kelebihan iOS 13 Header

Gadgetren – Awal bulan Juni 2019, Apple mengenalkan sistem operasi seluler terbarunya, yakni iOS 13. Dalam sistem ini, mereka memberikan peningkatan dan fitur baru yang cukup menarik untuk dinantikan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Apple pun menyelenggarakan ajang WWDC tahun 2019 ini. Dalam keynote yang digelar di ajang ini, Apple mengenalkan berbagai macam hal, dari mulai hardware hingga software.

Tentu saja, versi terbaru iOS tidak luput dari pengumuman yang disampaikan oleh Apple dalam ajang tersebut. Dan jika kamu penasaran dengan berbagai macam kelebihan dan fitur barunya, berikut ini rangkuman dari berbagai macam informasi.

Kelebihan iOS 13 Untuk iPhone

1. Dark Mode

Setelah sekian lama, akhirnya Apple berusaha menghadirkan Mode Gelap untuk mengejar banyak ketinggalan. Seperti yang kita tahu, berbagai macam perusahaan sebenarnya sudah memulai proyek ini sejak lama. Namun walaupun Apple baru mulai, ini menjadi langkah yang cukup menarik.

Kelebihan iOS 13 Dark Mode

2. Sign in with Apple

Privasi menjadi salah satu permasalahan yang banyak diangkat oleh banyak perusahaan. Fokus dengan hal ini, Apple pun meluncurkan metode login baru yang disebut dengan Sign in with Apple bersamaan dengan iOS 13.

Kelebihan iOS 13 Sign in Apple

Sama seperti login with Google atau login with Facebook, pengguna bisa masuk ke dalam aplikasi dengan menekan tombol login with Apple. Fitur otentikasi baru ini juga mendukung FaceID.

3. Aplikasi Maps yang Baru

Aplikasi Maps juga mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Salah satunya, Apple membawa fitur Favorites yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk menyimpan spot favorit mereka, serta tombol teropong yang berfungsi seperti Street View di Google Maps.

Kelebihan iOS 13 Maps

4. Pilihan Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center

iOS 13 juga membawa solusi menarik bagi banyak orang. Kini, pengguna bisa memilih jaringan Wi-Fi atau koneksi Bluetooth secara langsung dari Control Center. Dengan menekan beberapa saat tombol Wi-Fi atau Bluetooth, akan muncul pilihan jaringan atau koneksi yang tersedia.

5. Family Hotspot Sharing

Saat tidak memiliki koneksi internet, anggota keluarga secara otomatis dapat terhubung dengan hotspot iPhone yang kita miliki dengan iOS 13. Hal ini pun bekerja untuk perangkat Mac ataupun iPod. Menariknya, fitur ini bisa bekerja meski perangkat dalam kondisi sleep.

6. Insights Mengenai Bagaimana Aplikasi Melacak Pengguna

Selain meluncurkan pembatasan akses lokasi untuk berbagai macam aplikasi, iOS 13 juga akan menampilkan informasi mengenai peta tempat-tempat yang dilacak olah aplikasi secara berkala.

7. Slider Volume Baru

Sistem baru dari Apple ini juga membawa slider volume baru. Alih-alih menggunakan slider yang cukup mengganggu, sistem ini membawa slider ke samping kiri, dan akan mengecil setelah beberapa waktu.

8. Fitur Uninstall di Halaman Update

Kini selain bisa mencopot aplikasi dengan memegang ikon aplikasi dan menunggu sampai muncul menu Uninstall, pengguna juga bisa menghapus aplikasi melalui halaman update di App Store. Untuk menggunakannya, geser ke kiri aplikasi yang dimaksud, lalu pilih Delete.

9. Fitur Blokir Panggilan Spam

iOS 13 juga memunculkan fitur penyaring panggilan, yang bisa digunakan untuk memblokir panggilan dari nomor yang tidak diketahui. Fitur ini bisa ditemukan di dalam Settings > Silence unknown callers.

10. Smart Battery Charging

Dengan fitur baru ini, perangkat tidak akan mengisi baterai hingga 100 persen. Perangkat hanya akan mengisi hingga 80 persen, dengan 20 persen akan diisi sebelum pengguna mencabutnya dari charger (akan disesuaikan dengan kebiasaan pengguna).

11. Memutar Lagu (podcasts) Dengan Siri

Dengan iOS 13, pengguna juga bisa memutar musik dengan lebih mudah meski sedang membuka aplikasi favoritnya. Saat ini, pengguna hanya perlu memerintah Siri untuk memutar musik tanpa perlu membuka aplikasi musik atau podcasts.

12. Peningkatan Apple Music

Apple Music juga mendapatkan perombakan dari Apple. Aplikasi ini memili beberapa fitur baru, termasuk tombol khusus untuk lirik dan tombol baru untuk melihat apa yang akan diputar selanjutnya.

13. Fitur Reading Goals

Tahu bahwa membaca itu penting, Apple menghadirkan fitur untuk membantu pengguna menyelesaikan bacaannya. Dalam iOS 13, Apple meluncurkan Reading Goals yang bisa digunakan untuk membaca buku atau mendengarkan audiobook.

14. Text Selection yang Lebih Baik

Meskipun sebuah fitur kecil, Text Selection merupakan salah satu fitur yang cukup penting. Untuk itu, Apple meningkatkan kemampuannya dengan beberapa kemampuan baru, lengkap dengan kemampuan intelligent text selection, untuk memilih alamat, nomor telepon, hingga e-mail.

15. Menutup Tab di Safari Secara Otomatis

Bagi sebagian orang, manajemen fitur tab di Safari adalah hal yang sangat mengganggu. Namun dengan pembaruan iOS 13, pengguna bisa menutupnya secara otomatis dan berkala dari mulai harian, mingguan, dan bulanan.

Tinggalkan Komentar