Tips dan Trik Handphone

Cara Aktifkan NFC di Handphone OPPO Supaya Bisa Isi dan Cek Saldo e-Money

Cara Aktifkan NFC di HP OPPO Header

Gadgetren – NFC (Near Field Communication) merupakan salah satu fitur yang membantu pengguna dalam mengecek atau mengisi saldo kartu e-money, transfer data, hingga membayar transaksi digital.

Fitur NFC pun sudah tersedia di berbagai handphone OPPO kelas menengah dan atas karena kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mengisi saldo kartu e-money semakin tinggi.

Berkat adanya fitur NFC pengguna bisa melakukan pembayaran di supermarket, merchant, transportasi umum (Bus TransJakarta, Commuter Line, MRT, dan lainnya), maupun biaya jalan tol.

Pada saat handphone OPPO diaktifkan, sebenarnya NFC secara otomatis akan turut ikut aktif secara bawaan. Namun terkadang sebagian mungkin tidak sengaja mematikannya karena pada awalnya tidak terlalu dibutuhkan.

Untuk itulah kamu tidak perlu khawatir karena dapat mengaktifkan NFC dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Aktifkan NFC di OPPO

Melalui Quick Settings

  • Pada halaman Home Screen, sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari
  • Nantinya akan muncul menu Quick Settings
  • Cari ikon dan menu NFC
  • Kemudian, tekan tombol hingga menyala
  • NFC pun sudah aktif

Namun apabila tombol NFC tidak ditemukan di menu Quick Settings, maka kamu dapat membukanya melalui menu Settings.

Melalui Aplikasi Settings

  • Akses aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Ketik keyword NFC pada kolom Search
  • Selanjutnya, pilih NFC di bagian Connection & sharing
  • Tekan tombol NFC hingga ke menyala

Penggunaan keyword pada kolom Search akan memudahkan kamu untuk langsung masuk ke menu NFC. Hal ini dikarenakan di berbagai versi ColorOS, biasanya beberapa handphone OPPO memiliki posisi menu NFC yang berbeda.

Untuk memastikan fitur menyala atau tidak, kamu tinggal menempelkan kartu e-money ke bagian belakang handphone OPPO tempat sensor NFC berada. Nantinya jika berhasil akan muncul popup untuk melihat atau mengisi saldonya.

Biasanya untuk pengecekan kartu e-money, kamu perlu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga di Google Play Store. Beberapa yang bisa kamu pilih meliputi Tokopedia, Bukalapak, Electronic Money Card Balance, BCA Mobile, Livin by Mandiri, BNI TapCash Go, BRImo BRI, dan lainnya.

Kamu juga dapat mengisi saldo dari Mandiri e-money, BRI Brizzi, atau BNI TapCash secara langsung melalui Tokopedia, Bukalapak, maupun aplikasi bank masing-masing. Sementara BCA Flazz Gen2 baru bisa diisi melalui BCA Mobile.

Tentunya menjadi sebuah hal yang praktis ketika kamu sedang dalam perjalanan, namun ternyata saldo kartu e-money hampir habis. Dengan begitu kamu dapat langsung mengisinya lewat handphone yang memiliki fitur NFC.

Tinggalkan Komentar