ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Parktis! Begini Cara Melakukan Factory Reset di Handphone Xiaomi

Cara Factory Reset Xiaomi Header

Gadgetren – Saat tidak dapat dipakai secara normal seperti layar hang atau aplikasi terus berhenti, mengembalikan perangkat ke setelan pabrik tentu dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dipakai.

Opsi kembali ke setelan pabrik untungnya menjadi salah satu fitur dasar yang mempersenjatai hampir seluruh handphone masa kini, termasuk di antaranya perangkat-perangkat buatan Xiaomi.

Kita dalam hal ini dapat mengakses opsi tersebut secara langsung melalui halaman Settings maupun menu recovery. Secara lebih rinci, berikut cara menggunakan opsi kembali ke setelan pabrik pada handphone Xiaomi.

Cara Factory Reset di Handphone Xiaomi

Melalui Settings

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke About phone
  3. Masuk ke menu Factory reset atau Backup & reset
  4. Klik Erase all data atau Erase all data (factory reset)
  5. Konfirmasi dengan mengetuk Delete all data jika diperlukan
  6. Ikuti petunjuk yang muncul jika masih ada

Kita dapat menggunakan opsi kembali ke setelan pabrik melalui halaman Settings di atas apabila handphone Xiaomi masih dapat dioperasikan secara normal atau minimal dapat membuka pengaturan-pengaturannya.

Sementara jika handphone mengalami kendala seperti layar tidak dapat disentuh atau dioperasikan, maka kita perlu menempuh cara yang kedua dengan menggunakan menu Mi Recovery.

Melalui Mi Recovery

  1. Matikan handphone Xiaomi (tekan tombol Power dengan durasi lama atau copot baterai jika diperlukan)
  2. Tekan lalu tahan tombol Power dan Volume Up bersamaan
  3. Lepaskan tombol jika sudah muncul logo Mi
  4. Pakai tombol Volume untuk navigasi (menggeser pilihan) di dalam Mi Recovery
  5. Gunakan tombol Power untuk mengkonfirmasi pilihan
  6. Pilih menu Wipe Data
  7. Pilih opsi Wipe All Data
  8. Konfirmasi dengan memilih Confirm
  9. Setelah berhasil, pilih Back to Main Menu
  10. Pilih opsi Reboot
  11. Kemudian pilih Reboot to system

Mengembalikan perangkat ke setelan pabrik baik melalui Settings maupun menu Mi Recovery akan menghapus seluruh data, informasi, dan pengaturan di dalam handphone Xiaomi.

Oleh karena itu selain dapat menjadi solusi saat handphone mengalami beberapa permasalahan teknis, langkah-langkah di atas pun dapat digunakan untuk membersihkan data handphone ketika ingin dijual atau diberikan kepada orang lain.

Dengan begitu, orang yang menggunakan handphone di kemudian hari tidak akan dapat mengakses data-data sensitif seperti kontak maupun akun apalagi menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar