Aplikasi Tips dan Trik

Muncul “Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda”? Ini Penyebabnya!

Kenapa Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dengan berbagai macam fitur dan dukungan di dalamnya, para pengguna sering kali akan menemukan sejumlah permasalahan saat memakai Instagram seperti filter yang tidak bisa digunakan.

Setelah meluncurkan fitur Story, Instagram memang sangat rajin memperkenalkan filter-filter kamera baru yang bisa dipakai oleh para pengguna untuk berkreasi membuat konten di dalam layanan tersebut.

Pengguna sekarang ini bahkan dapat menemukan berbagai macam jenis filter kamera dengan jumlah yang terus menerus bertambah setiap hari, apalagi pengguna kini pun dapat membuatnya secara mandiri.

Namun seiring dengan pertambahan filter-filter baru di Instagram tersebut, sejumlah pengguna justru mengalami sebuah hal yang tidak mengenakan saat ingin memanfaatkan salah satu di antaranya.

Dalam beberapa kasus yang sering saya temui, sejumlah pengguna bahkan terlihat tidak bisa menggunakan filter Instagram karena muncul pesan bahwa hal tersebut tidak didukung oleh perangkat.

Kenapa filter Instagram bisa tidak didukung di perangkat? Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi dimana beberapa di antaranya dapat kamu simak sebagai berikut.

Penyebab Muncul “Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda”

Aplikasi Belum Diperbaharui

  1. Buka toko aplikasi resmi di perangkat yang digunakan
  2. Cari dan kunjungi halaman produk untuk Instagram
  3. Cek apakah ada pembaruan atau tidak
  4. Unduh pembaruan jika tersedia

Agar dapat menggunakan filter yang tersedia, para pengguna secara umum harus memasang versi paling mutakhir Instagram karena beberapa di antaranya memerlukan baris kode baru di sisi aplikasi.

Kenapa Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda - 1[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Meskipun umumnya bisa berjalan secara otomatis (tergantung pengaturan yang diterapkan), para pengguna dapat mengecek dan memperbarui aplikasi dengan cara seperti di atas untuk memastikan hal tersebut.

Koneksi Internet Tidak Stabil

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Cari bagian setelan koneksi
  3. Hidupkan mode pesawat
  4. Tunggu beberapa detik, kemudian matikan lagi

Mengecek koneksi dengan cara di atas pun perlu dicoba oleh para pengguna. Selain di sisi layanan, jaringan internet yang mempunyai kualitas buruk pun dapat mengganggu pengalaman pemakaian Instagram.

Kenapa Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda - 2[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Seperti apa yang kita tahu, layanan Instagram membutuhkan koneksi internet untuk berjalan. Dalam hal ini, termasuk untuk mengunduh dan menggunakan berbagai macam filter kamera.

Namun selain dengan menggunakan cara di atas, pengguna pun dapat mencoba untuk beralih ke operator lain atau jaringan Wi-Fi yang umumnya mempunyai dukungan lebih baik untuk mengecek koneksi internet.

Letak Geografis

  1. Pasang aplikasi VPN dari toko resmi
  2. Buka aplikasi
  3. Izinkan sejumlah permohonan akses
  4. Aktifkan fitur VPN
  5. Ubah lokasi ke sejumlah tempat jika opsinya tersedia

Meskipun kebanyakan dirancang untuk pengguna secara global, terdapat sejumlah filter Instagram yang sayangnya hanya tersedia untuk wilayah terbatas karena kebijakan dari masing-masing negara.

Kenapa Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda - 3[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Menggunakan VPN seperti metode di atas tentu dapat menjadi alternatif bagi para pengguna yang ingin mencoba mengakses Instagram dari negara atau wilayah lain sehingga filter tersebut bisa dicoba.

Sistem Operasi Perlu Update

  1. Buka Pengaturan
  2. Cari menu pembaruan sistem
  3. Cek pembaruan dengan mengetuk tombol yang tersedia jika diperlukan
  4. Unduh dan pasang pembaruan sistem jika tersedia

Sebagaimana aplikasi pada umumnya, Instagram pun memerlukan dukungan dari sejumlah fitur di dalam perangkat yang mana dijembatani oleh sistem operasi agar layanan dapat berjalan dengan baik.

Kenapa Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda - 4[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Secara khusus, Instagram memerlukan dukungan tersebut untuk menghadirkan filter-filter kamera ke dalam layanan supaya bisa dinikmati oleh seluruh pengguna dengan perangkatnya.

Ketidaksesuaian dan bug yang muncul di dalam sistem operasi tentu dapat menjadi penyebab filter tidak didukung oleh perangkat. Oleh karena itu, pengguna perlu mengecek dan memperbaruinya dengan cara di atas.

Perangkat Sudah Tidak Kompatibel

Nah jika beberapa upaya di atas masih belum membuahkan hasil sama sekali, bisa jadi perangkat yang sedang digunakan memang benar-benar sudah tidak mendukung layanan Instagram.

Berdasarkan penelusuran saya, Instagram memang bisa dipasang pada perangkat dengan sistem rendah sekalipun. Namun untuk menjalankan filter, pengguna biasanya memerlukan versi terbaru dari aplikasinya.

Apabila sistem minimal perangkat (baik itu sistem operasi maupun peranti keras) tidak terpenuhi, memasang aplikasi versi baru sayangnya akan sulit untuk dilakukan. Sebagai akibatnya, dukungan filter kamera tidak akan bisa digunakan.

Tinggalkan Komentar