ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Data Seluler Tidak Muncul Padahal Sudah Diaktifkan? Ini Solusi Agar Internet Jalan Lagi

Kenapa Data Seluler Tidak Muncul Padahal Sudah Diaktifkan - Header

Gadgetren – Agar dapat terhubung ke internet, ada beberapa metode yang bisa digunakan. Salah satunya kita dapat memanfaatkan sambungan data seluler menggunakan kartu SIM dari operator komunikasi yang didukung oleh hampir semua ponsel.

Sambungan data seluler sendiri termasuk opsi yang lumayan praktis untuk digunakan. Kita dapat memakainya untuk mendapatkan akses ke internet tanpa terikat oleh tempat tertentu selama jaringan dari operator yang digunakan sudah tersedia.

Cara memakainya pun sangat mudah. Kita nanti hanya perlu menyiapkan nomor dari suatu operator dengan dukungan jaringan internet seluler yang baik. Selanjutnya kita pun bisa membeli paket data yang dianggap pas supaya pengeluaran tidak semakin membengkak.

Sayangnya, pemakaian data seluler untuk mengakses jaringan internet pun tidak terlepas dari sejumlah masalah yang bisa cukup mengganggu dan muncul secara tiba-tiba. Termasuk di antaranya sambungan koneksinya yang tidak muncul padahal pengaturan di ponsel sudah diaktifkan.

Adapun dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab mengapa masalah sambungan data seluler tersebut bisa terjadi mulai dari sinyal hingga salah pengaturan. Solusi yang perlu dilakukan untuk mengatasinya pun akan sangat bergantung kepada faktor-faktor tersebut.

1. Sinyal Tidak Tersedia

Koneksi data seluler yang tidak muncul di ponsel salah satunya dapat disebabkan oleh masalah sinyal. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan operator seluler memang belum mampu menjangkau semua wilayah di Indonesia dengan sempurna, khususnya di daerah-daerah yang bukan kota besar.

Celakanya, ketersediaan sinyal pun akan mempengaruhi kualitas saat kita mengakses internet. Bahkan tak jarang dapat mengakibatkan data seluler di ponsel tidak muncul sehingga kita sama sekali tidak dapat tersambung ke berbagai macam layanan daring.

Berpindah ke lokasi dengan sinyal yang memadai tentu dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah data seluler tidak muncul jika terjadi karena hal tersebut. Apabila terpaksa, kita juga dapat berganti ke operator dengan jaringan kuat di wilayah terkait.

Sebagai solusi yang lebih ringan, kita dapat mencoba untuk menyegarkan jaringan dengan menghidupkan sementara waktu mode pesawat kemudian mematikannya. Kita juga dapat bergeser ke tempat yang terbuka, tidak banyak gedung menghalangi, atau bahkan lebih tinggi.

2. Jaringan Sudah Tidak Didukung

Bagi kamu yang belum tahu, sejumlah operator di Indonesia kini sudah mulai menghapus dukungan untuk jaringan 3G. Hal ini pun dapat menjadi salah satu penyebab data seluler di ponsel yang kita gunakan tidak muncul meskipun sudah diaktifkan.

Dengan penonaktifan jaringan 3G dari berbagai macam operator seluler, kartu SIM dan perangkat yang hanya mendukung sambungan tersebut pun akan kehilangan sinyalnya. Data seluler pun tidak akan muncul kecuali kita sudah melakukan pembaruan.

Namun tentu saja, kita mungkin perlu menyiapkan dana supaya bisa mengatasi masalah ini. Kita soalnya bisa saja perlu membeli ponsel baru yang mendukung jaringan 4G atau 5G selain melakukan upgrade kartu SIM ke kantor layanan operator terkait.

3. Pengaturan Sambungan Salah

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke pengaturan Mobile Network.
    Kenapa Data Seluler Tidak Muncul Padahal Sudah Diaktifkan - 1
  • Cari dan buka menu setelan SIM Card.
  • Ubah setelan Preferred Network ke jaringan yang masih didukung.
    Kenapa Data Seluler Tidak Muncul Padahal Sudah Diaktifkan - 2
  • Pastikan tidak memilih Prefer 3G Atau 3G only.
    Kenapa Data Seluler Tidak Muncul Padahal Sudah Diaktifkan - 3

Masih berkaitan dengan penghapusan 3G, pengaturan sambungan yang salah juga dapat mengakibatkan data seluler tidak muncul. Beberapa ponsel soalnya memungkinkan kita mengatur koneksi ke mode jaringan tertentu.

Sebelum jaringan 4G atau LTE tersebar secara lebih merata seperti sekarang, dulu banyak orang memanfaatkan pengaturan sambungan untuk mengunci koneksi ke 3G agar dapat memperoleh akses yang lebih stabil dan hemat baterai karena ponsel tidak harus selalu bekerja keras.

Namun jika kita kini lupa mengaturnya kembali, maka data seluler pun tidak akan muncul mengingat jaringan 3G yang sudah mulai dimatikan oleh berbagai operator.

Mengembalikan setelan jaringan ke mode otomatis atau menguncinya ke 4G seperti langkah-langkah di atas tentu dapat menjadi solusi untuk mengatasi data seluler yang tidak muncul akibat hal ini. Hanya saja perlu diingat bahwa masing-masing ponsel tentu mempunyai antarmuka pengaturan yang berbeda.

4. APN Tidak Sesuai

  • Masuk ke pengaturan Mobile Network di halaman Settings.
  • Buka menu pengaturan untuk SIM card.
  • Cari dan pilih menu setelan Access Point Names.
    Kenapa Data Seluler Tidak Muncul Padahal Sudah Diaktifkan - 4
  • Atur ke APN yang sesuai.
  • Atau ketuk tombol Add atau New APN lalu tambahkan APN sesuai apa yang disarankan oleh operator.

Pengaturan APN (Access Point Name) yang salah juga dapat mengakibatkan data seluler tidak dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet. Bagi kamu yang belum tahu, setelan tersebut soalnya akan menentukan gateway yang dipakai untuk menyambungkan antara ponsel dengan operator.

APN untuk setiap operator pun tentu akan berbeda-beda. Masing-masing penyedia pun kadang-kadang mempunyai setelan khusus untuk tiap-tiap tipe jaringan yang dimiliki. Agar data seluler dapat digunakan pun kita perlu mengaturnya.

Umumnya, pengaturan APN akan berlangsung secara otomatis ketika kita memasang sebuah kartu SIM ke dalam ponsel. Hanya saja jika kita pernah mengubahnya maka perlu melakukan pengaturan ulang dengan menyesuaikan langkah-langkah di atas selaras model perangkat yang digunakan. Biasanya kamu hanya perlu mengetuk tombol untuk mengembalikan ke setelan awal.

5. Kartu SIM Belum Terdaftar

Meskipun jarang terjadi karena umumnya kita perlu melakukannya sejak memasang kartu SIM pertama kali, nomor yang belum didaftarkan juga dapat menjadi salah satu penyebab data seluler tidak dapat dipakai sebagaimana mestinya.

Pendaftaran kartu SIM sendiri biasanya cukup berbeda-beda untuk setiap operator. Namun secara umum, kita dapat melakukannya dengan mengirim pesan SMS ke layanan 4444 berisi data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga.

6. Operator Sedang Gangguan

Masalah data seluler yang tidak muncul juga dapat terjadi jika operator sedang mengalami gangguan. Karena pada saat hal itu terjadi, jaringan yang ditawarkan pun kemungkinan besar tidak tersedia selama beberapa waktu sampai berhasil diatasi.

Gangguan pada operator biasanya bisa terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan mereka seperti sambungan kabel penghubung maupun menara pemancarnya. Bisa juga diakibatkan karena proses pemeliharaan untuk menyegarkan layanan.

Pada saat layanan yang dipakai mengalami gangguan, tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Kita mungkin hanya dapat beralih sementara waktu ke jaringan milik operator lain atau memanfaatkan WiFi yang tersedia sebagai solusi jika hal tersebut terjadi.

7. Kerusakan Peranti Lunak Atau Keras

Kerusakan yang terjadi di ponsel juga dapat menjadi alasan selanjutnya apabila data seluler tidak muncul meskipun pengaturannya sudah diaktifkan. Hal ini pun berlaku baik untuk peranti lunak maupun keras yang dimiliki oleh perangkat.

Memuat ulang perangkat agar peranti lunak berjalan secara lebih segar dapat menjadi solusi awal yang dilakukan. Namun apabila masih gagal, maka bisa dicoba dengan melakukan reset pabrik atau factory reset yang mana berisiko untuk menghapus semua data.

Untuk peranti keras, kita pun bisa memastikannya dengan membawa ponsel ke pusat perbaikan. Hanya saja kita mungkin perlu menyiapkan sejumlah dana untuk mengganti komponen jika sudah tidak memperoleh garansi atau membeli perangkat baru.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

3 Komentar