Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca yang TIba-Tiba Bisa Terjadi Kapan Saja

 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca Header

Gadgetren – Kartu SIM merupakan salah satu benda penting yang disematkan pada handphone karena nomor telepon tersimpan di dalamnya.

Kartu SIM yang rusak atau tidak terbaca oleh handphone akan membuat kamu susah untuk melakukan panggilan telepon, SMS, maupun akses internet.

Tak hanya sampai di situ saja, beberapa aplikasi perbankan pun mewajibkan kartu SIM untuk disematkan di handphone sebagai bentuk verifikasi. Apabila nomor tidak ada, maka aplikasi tersebut malah akan menampilkan pesan error.

Namun kamu jangan panik terlebih dulu ketika kartu SIM tidak dapat terbaca di handphone karena dapat melihat tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Bersihkan Kartu SIM

Kita ketahui bersama bahwa bagian depan kartu SIM memiliki kuningan yang akan mengalirkan data sehingga dapat dibaca oleh handphone. Terkadang pada saat kotor karena sering dikeluarkan, ada beberapa bagian pada kuningan yang tidak dapat terhubung dengan benar.

Kamu pun dapat mengeluarkan terlebih dulu kartu SIM dari slot di handphone dan selanjutnya membersihkannya menggunakan kain kering. Gosokan secara perlahan ke kuningan kartu SIM agar kembali bersih.

Selanjutnya kamu dapat kembali memasukkannya ke dalam slot yang tersedia di handphone. Apabila berhasil, indikator sinyal seluler akan muncul di handphone berupa jaringan dan nama operator.

Atur Jaringan Manual

Terkadang pada waktu tertentu, jaringan internet di suatu daerah terjadi masalah sehingga membuat bar sinyal hilang sehingga membuat seolah-olah kartu SIM tidak terbaca.

Untuk mengatasi kendala tersebut, kamu dapat ke halaman Network pada aplikasi Settings di handphone untuk mengatur jaringan operator secara manual. Termasuk dalam hal ini pengaturan APN.

Pastikan Slot Kartu SIM Pas

Biasanya pada handphone dengan slot kartu SIM yang menggunakan model atas bawah bisa terjadi kerenggangan apabila kamu hanya menyematkan satu kartu SIM saja.

Sebaiknya kamu menyematkan dua kartu SIM sekaligus pada slot yang telah disediakan agar sistem pada handphone dapat membaca kartu SIM yang ada. Hal ini sendiri sering saya alami karena saat menggunakan handphone dengan slot kartu SIM yang berjenis atas bawah.

Reset Sistem Jaringan di Handphone

Ada kalanya sistem operasi pada handphone mengalami masalah sehingga berimbas pada beberapa hal seperti aplikasi menjadi error, jaringan sinyal tidak terbaca, dan masih banyak lagi.

Apabila hal ini sampai terjadi, kamu dapat coba melakukan reset sistem jaringan di handphone berbasis Android melalui aplikasi Settings. Biasanya metode ini bisa kamu akses dengan cukup mengetikkan kata kunci Reset Network pada kolom pencarian.

Pindahkan ke Slot lain

Ketika handphone tidak menampilkan indikator sinyal seluler dalam waktu yang lama, mungkin kamu dapat coba memindahkan kartu SIM dari slot 1 ke slot 2 atau sebaliknya tergantung penempatan awal.

Pada saat kartu SIM dapat terbaca pada saat dipindahkan ke slot 2, maka kemungkinan besar slot 1 yang mengalami masalah sehingga bukan kartu SIM itu sendiri. Namun jika kartu SIM juga tidak dapat terbaca di slot 2, maka kamu juga dapat mencobanya di handphone lain terlebih dahulu.

Tukar Kartu SIM dengan yang Baru

Tidak menutup kemungkinan kartu SIM yang kamu gunakan memang telah rusak. Apalagi kalau sudah digunakan lama dan pernah beberapa kali berganti handphone, biasanya akan ada bagian kartu SIM yang rusak khususnya di bagian konektor.

Untuk itulah sebaiknya kamu mengunjungi gerai resmi operator terdekat untuk menggantinya fisik dari kartu SIM dnegan yang baru. Nantinya kamu akan dilayani oleh staff yang membantu proses migrasi pergantian kartu SIM hingga selesai.

Tinggalkan Komentar