ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengunci Jaringan 4G di HP Android

Cara Mengunci Jaringan 4G Header

Gadgetren – Pada tahun 2018 ini jaringan 4G-LTE sudah mulai hadir di berbagai daerah di Indonesia. Bisa dibilang dengan hadirnya jaringan ini di Indonesia dapat memberikan pengalaman berinternet cepat bagi banyak orang di Indonesia.

Meskipun kencang, namun terkadang masih terdapat kendala pada smartphone yang secara otomatis merubah jaringan 4G ke HSDPA / 3G di daerah tertentu dan tidak mau kembali lagi ke jaringan 4G karena bisa dibilang pada daerah tersebut, jaringan 4G yang hadir lemah.

Nah, kini sebagian orang banyak yang mencari cara agar jaringan 4G-LTE dapat dikunci di smartphone sehingga tidak berubah ke HSDPA / 3G ketika sedang membutuhkan internet dengan kecepatan tinggi ketika sedang berselancar di dunia maya, mengunduh data, atau mengunggah dokumen penting.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai cara mengunci jaringan 4G maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengunci Jaringan 4G di HP Android

Menggunakan kode

  1. Pertama, Gadgeter dapat menyalakan smartphone.
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat membuka aplikasi Phone atau Telepon.
  3. Kemudian, Gadgeter dapat mengetikkan kode *#*#4636#*#.
  4. Pada halaman Testing, Gadgeter dapat memilih menu Device information.
  5. Nantinya akan muncul halaman Handheld mobile device info.
  6. Pada menu Set Preferred Network Type, Gadgeter dapat memilih LTE only.
  7. Setelah dipilih, Gadgeter akan hanya mendapatkan jaringan 4G saja.
  8. Terakhir, Gadgeter dapat menekan tombol fisik Home untuk kembali ke Homescreen.

Sebagai catatan, tidak semua smartphone Android dapat menggunakan cara yang sama untuk mengunci jaringan 4G-LTE karena ada beberapa yang dikunci fitur LTE only untuk menjadi kestabilan smartphone. Salah satu contoh merek yang mengunci fitur LTE Only pada smartphone adalah Huawei.

Kunci 4G

Menggunakan Aplikasi 4G LTE Switch

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal aplikasi 4G LTE Switch dari Google Play Store di smartphone.
  2. Apabila aplikasi telah terinstal maka Gadgeter dapat membuka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman awal, Gadgeter dapat menekan tombol Continue.
  4. Selanjutnya, Gadgeter dapat menekan tombol Switch to 2G/3G/4G/LTE.
  5. Nantinya akan muncul tombol Change to LTE Only dan Gadgeter hanya tinggal menekan tombol tersebut.
  6. Setelah ditekan, maka aplikasi akan memberitahukan bahwa proses penguncian jaringan berhasil. Namun akan muncul notifikasi tidak kompatibel apabila smartphone tidak mendukung fitur LTE Only.

Bisa dibilang kedua cara penguncian jaringan 4G-LTE ini mudah untuk dilakukan. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa tidak semua smartphone mendukung fitur penguncian jaringan 4G-LTE. Selain itu, Gadgeter harus berhati-hati apabila jaringan sudah terkunci ke 4G-LTE karena tidak akan bisa menerima telepon maupun SMS yang menggunakan teknologi jaringan di bawahnya, baik 3G maupun 2G.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar