ASUS TUF Gaming FX507
Perangkat Pintar Tips dan Trik

Jangan Sampai Salah, Diffuser dan Humidifier Punya Fungsi Berbeda

Bedanya Diffuser dan Humidifier Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Diffuser dan Humidifier mulai digandrungi oleh banyak orang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan mulai banyak pula produsen yang ikut terjun untuk meluncurkan produk dalam kategori tersebut.

Rata-rata orang membeli kedua perangkat ini karena bertujuan untuk membuat udara lingkungan sekitar menjadi lebih bersih dengan aroma terapi yang nyaman untuk dihirup.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Diffuser dan Humidifier mempunyai beberapa perbedaan yang patut untuk diperhatikan sebelum membelinya. Agar kamu tidak salah, berikut ini uraian perbedaan dari Diffuser dan Humidifier.

Fungsi Diffuser dan Humidifier

Diffuser adalah alat yang dapat mengubah Essential Oil (Minyak Esensial) menjadi uap wangi atau beraroma yang kemudian disebarkan ke udara sekitar agar menjadi aromaterapi.

Dengan kata lain, Diffuser dapat menyegarkan udara ruangan sehingga penggunanya dapat lebih nyaman ketika sedang beraktivitas mulai dari menonton televisi di ruang keluarga, tidur di kamar, bekerja di ruang kerja, dan lainnya.

Bahkan Diffuser juga dapat membersihkan udara sekitarnya dengan bantuan Essential Oil (Minyak Esensial) yang juga mampu membuat penggunanya menjadi rileks dan bernapas dengan lebih nyaman berkat wewangian yang memikat.

Di sisi lain, Humidifier adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk melembapkan udara sehingga cocok bagi kamu yang tinggal di ruangan dengan AC maupun daerah panas atau kering. Produk ini juga dapat digunakan untuk meminimalisir alergen dari udara.

Humidifier Relax

Humidifier dapat mengatur tingkat kelembapan ruangan tanpa harus mengeluarkan wewangian. Tentunya perangkat ini akan sangat berguna bagi pengguna yang menderita asma, alergi, pilek, sakit tenggorokan, iritasi mata, maupun batuk yang diakibatkan oleh alergen yang ada di udara.

Meskipun Humidier dapat menggunakan air biasa, namun banyak yang menyarankan agar diisi dengan air sulingan (demineralisasi). Hal ini berfungsi untuk meminimalisir debu mineral yang ikut dilepaskan ke udara.

Maka dari itu, fungsi kedua alat ini berbeda. Diffuser merupakan alat yang lebih mementingkan aromaterapi agar pengguna menjadi rileks dan dapat bernapas dengan nyaman. Sementara Humidifier dapat digunakan untuk melembapkan ruangan dan meminimalisir alergen dari udara.

Humidifier membutuhkan air untuk diubah menjadi uap yang nantinya kecepatan penguapan disesuaikan tergantung dari suhu ruangan. Sementara Diffuser membutuhkan Essential Oil untuk menghasilkan uap wangi dengan waktu penguapan yang terjadi dalam waktu singkat.

Cara Kerja Diffuser dan Humidifier

Hudimifier mengubah air menjadi uap hangat yang disebarkan meningkatkan kadar kelembapan udara di sekitar ruangan. Biasanya pengguna dapat menggunakan air biasa yang dikombinasikan wangi alami (seperti potongan buah lemon, bunga, dan lainnya) untuk menghadirkan kelembapan udara yang pas, namun dengan wangi yang menyegarkan penggunanya.

Diffuser On[Ilustrasi: Pixabay]

Sementara Diffuser akan mengubah Essential Oil menjadi uap yang akan dilepaskan ke udara dengan memberikan wewangian atau aromaterapi tanpa melembapkan udara.

Humidifier dan Diffuser masa kini sudah dapat dikendalikan dengan remote control sehingga pengguna dapat mengatur tingkat banyaknya uap yang disebar ke udara. Apalagi Diffuser masa kini ada yang memiliki lampu warna-warni yang dapat membuat tidur penggunanya lebih nyaman di malam hari.

Letak Penyimpanan dan Kebutuhan Air

Humidifier sebaiknya ditempatkan pada lokasi di mana keluarga sering berkumpul, seperti ruang ber-AC, dapur, ruang tamu, dan lainnya untuk membuat kelembapan udara tetap terjaga. Posisikan juga Humidifier di sebuah tempat yang membuat uap air dapat menyebar secara merata dalam suatu ruangan.

Humidifier Deerma

Sementara Diffuser dapat ditempatkan pada ruangan yang biasanya digunakan untuk istirahat seperti kamar tidur, ruang keluarga, dan lainnya agar setiap orang merasakan rileks berkat uap dari Essential Oil yang menghasilkan aroma menyegarkan.

Rata-rata Diffuser membutuhkan air sekitar 300 hingga 500 ml yang nantinya dikombinasikan Essential Oil. Sementara Humidifier membutuhkan air dalam jumlah jauh lebih banyak mencapai 3 liter hingga 5 liter.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar