Berita Perangkat Pintar

Samsung Resmi Boyong Neo QLED TV 4K dan 8K ke Indonesia, Ini Fitur-Fitur Jagoannya

Mr.-Yoonsoo-Kim-with-Samsung-Neo-QLED-8K

Gadgetren – Setelah diperkenalkan dalam ajang CES 2021, akhirnya Samsung Electronics Indonesia (SEIN) secara resmi telah membawa Samsung Neo QLED TV 4K dan 8K.

Fomalhaut Sundamen selaku Head of TV/AV Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan bahwa pihaknya ingin menghadirkan layar TV dengan teknologi terbaru kepada penggunanya.

“Screen for all and everyone agar mereka mendapatkan kebutuhan hiburan di rumah untuk membantu aktivitas dengan SMART TV,” ujarnya kepada tim Gadgetren. Penggunaan daya Neo QLED TV ini menurut Fomalhaut sangat bervariasi di kisaran 200W untuk mode art dan ambient.

Dalam kesempatan yang sama, Samsung turut menggandeng Angga Dwimas Sasongko selaku produser dan sutradara film untuk berbagi pengalamannya ketika menggunakan Neo QLED 8K TV selama proses pra-produksi film pendeknya yang berjudul Konfabulasi yang digarap bersama Samsung.

Angga mengungkapkan bahwa Neo QLED 8K TV menawarkan teknologi Quantum Mini LED yang akan menghasilkan warna konten filmnya terlihat jelas. Hal ini berkat Quantum Matrix Technology Pro yang mengoptimalkan performa Quantum Mini LED dengan ukuran LED yang 40 kali lebih kecil dari LED konvensional.

Level kontras yang tinggi dan warna hitam yang lebih pekat pada tayangan TV menjadi lebih tajam dan hidup. Soal dapur pacunya, TV ini mengandalkan Neo Quantum Processor 8K yang dibantu oleh teknologi deep-learning dan AI Upscaling untuk meningkatkan kualitas konten apapun menjadi konten yang berkualitas 8K.

Selain visual, dukungan surround sound juga diberikan berupa Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) yang menyajikan suara bergerak mengikuti gerakan obyek di setiap adegan. Fitur Spacefit Sound pun menyuguhkan akustik terbaik berkat kemampuannya menganalisa bentuk dan material ruangan dan menyesuaikan audio secara otomatis.

Angga-Dwimas-Sasongko-with-Samsung-Neo-QLED-8K

“Dengan ketajaman visual, ketepatan warna dan akustik audio yang harmonis, Neo QLED 8K mampu menyampaikan pesan dari karya sepenuhnya, membuat penonton tenggelam dalam dunia baru,” ujar Angga.

Desain infinity pada bingkainya membuat Neo QLED TV 8K memiliki bodi yang semakin tipis dengan 0.8mm bezel sehingga TV ini tampak menyatu dengan interior ruang dan meningkatkan estetika ruangan yang ditempatinya.

Tak hanya itu, Neo QLED TV 8K juga dirancang Samsung untuk memberikan pengalaman terbaik  semua aktivitas di rumah mulai dari gaming, bekerja, hingga menjaga kebugaran. Untuk para gamer pada level apapun, Samsung menjanjikan pengalaman menikmati permainan yang bebas gangguan seperti lagging atau stuttering.

Sementara Fitur FreeSync Premium Pro dan ALLM (Auto Low Latency Mode) menawarkan gaming  tanpa layar patah-patah dan latensi rendah mencapai 5,8ms di kualitas gambar 4K pada refresh rate  120hz.

Samsung-Neo-QLED-Lifestyle

Kemampuan ini juga disokong teknologi AMD FreeSync untuk menampilkan gambar yang semakin mulus saat digunakan bermain game. Ditambah lagi terdapat fitur Motion Xcelerator Turbo+ yang mampu mengeluarkan gerakan dan gambar sangat jernih.

Layar TV ini didukung Super Ultrawide GameView untuk rasio layar yang lebar antara lain 21:9 dan 32:9. Posisi layar juga bisa diatur sesuai ketinggian mata dan fitur Game Bar membuat gamer bisa mengecek status game dan mengontrol permainan dengan mudah.

Dengan bantuan fitur PC on TV, pengguna dapat mengakses dokumen-dokumen yang ada di PC atau laptop untuk ditampilkan di layar Neo QLED 8K yang lebih besar. Bagi pengguna Samsung Galaxy dapat menggunakan Samsung DeX untuk menampilkan dokumen kerja atau sekolah di layar TV.

Dian-Sastrowardoyo-with-Samsung-Neo-QLED-8K-Smart-Trainer-Experience

Untuk conference call, Neo QLED TV juga sudah dilengkapi aplikasi video call Google Duo yang bisa dimanfaatkan dengan cukup menghubungkan webcam menggunakan USB atau mirroring smartphone ke layar TV saat meeting.

Serunya, pengguna bisa tetap memantau konten TV sambil meeting berkat fitur Multi View. Samsung Neo QLED TV juga dilengkapi aplikasi SmartThings dan Digital Butler sehingga pengguna dapat bekerja atau menonton TV sambil memonitor dan mengontrol smart appliances di rumah melalui layar TV ini.

Pengguna Neo QLED TV di Indonesia kini mampu menikmati layanan Samsung Health dengan fitur Smart Trainer untuk berolahraga dari rumah. Pengguna pun akan dipandu menggerakkan postur tubuh, hitungan repetisi set, dan jumlah kalori yang dibakar secara real-time.

Setelah latihan selesai, Samsung Health akan menampilkan ringkasan data dan skor dari latihan. Pengguna bisa menentukan tantangan bulanan maupun menjadwalkan latihan rutin supaya olahraga di rumah semakin efektif. Samsung Health di TV bisa terhubung dengan perangkat mobile dan wearable Samsung untuk konsolidasi data aktivitas pengguna.

Tinggalkan Komentar