ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Film Pendek Konfabulasi Gunakan Galaxy S21 Ultra 5G Untuk Perekamannya

Samsung Galaxy S21 Ultra

Gadgetren – Lewat Galaxy Movie Studio (GMS) 2021, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) secara resmi telah meluncurkan film pendek pertama yang seluruh adegannya direkam menggunakan kamera Galaxy S21 Ultra 5G.

Film ini berjudul Konfabulasi yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Ia telah merekam adegan demi adegan film dengan mengoptimalkan fitur kamera Galaxy S21 Ultra 5G seperti Director’s View, video recording 4K, Super Steady, memanfaatkan kondisi low light, dan daya tahan baterai 5.000 mAh.

Konfabulasi diperankan oleh beberapa aktor Indonesia seperti Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo, Putri Ayudya, dan Sheila Dara Aisha. Film pendek Galaxy Movie Studio 2021 “Konfabulasi” dapat disaksikan di kanal YouTube Samsung Indonesia mulai 5 Mei 2021.

Miranda Warokka selaku IT & Mobile Marketing Director, Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan bahwa hadirnya film pendek ini berawal dari GMS 2019 yang dibuat dengan Galaxy S21 Ultra 5G dan QLED TV.

Dalam kesempatan yang sama, Angga Dwimas Sasongko menceritakan kepada tim Gadgetren mengenai proses pembuatan film pendek Konfabulasi tersebut. Ia mengatakan bahwa proses perekaman memakan waktu tiga hari penuh.

“Kita pakai kamera utama satu perangkat, empat di mobil pada saat adegan tabrakan, hari pertama 2 kamera bersamaan dan malemnya pakai satu kamera,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Angga sendiri cukup terkesan dengan kualitas resolusi 4K dan pencahayaan rendah di ruang gelap yang dihasilkan kamera Galaxy S21 Ultra 5G terutama dalam adegan di ruang laboratorium bersama layar TV QLED dan adegan menembak dimana memanfaatkan lampu yang datang dari luar gedung agar terlihat alami.

Konfabulasi-Adegan-GMS-2021

Sementara Kenza Lutfhiani selaku pemenang Galaxy Movie Studio 2021 yang menjadi Asisten Director Angga mengaku sangat senang bisa dilibatkan dalam pembuatan film pendek dengan Galaxy S21 Ultra 5G. Kenza pun bertugas mengatur ritme adegan dan menyiapkan aktor serta wardrobe yang dikenakan.

Terdapat dua fitur yang sering digunakan oleh Angga untuk merekam adegan demi adegan, yakni Director View yang dapat mengambil gambar lebih banyak dan sensor kamera Galaxy S21 Ultra 5G yang mampu menangkap pencahayaan rendah.

Untuk menghasilkan fokus yang semakin tajam dan jernih, kamera Galaxy S21 Ultra 5G ditambahkan Angga lensa untuk chain focus. Selain untuk fokus, lensa tambahan juga diperlukan Angga untuk mendapatkan sudut pandang yang sesuai keinginannya.

GMS-2021-Konfabulasi

Soal audio, dengan kamera Galaxy S21 Ultra 5G bahkan Angga mengklaim dapat mengurangi kebisingan suara pada saat pengambilan gambar dengan pencahayaan rendah di ISO 1200 dan gambar yang keluar bisa tetap tajam dengan perangkat handphone yang ia nilai sama seperti kamera profesional.

Sementara sudut pandang yang ia gunakan mencakup tiga pengambilan meliputi jauh, sedang, dan jarak dekat. Pada sudut pandang jarak dekat, Angga dapat mengambil wajah atau mimik aktor yang ada di depan kamera Galaxy S21 Ultra 5G.

Baterai berkapasitas 5.000 mAh pada Galaxy S21 Ultra 5G menurut Angga mampu diajak shooting seharian dan ia tak perlu mengisi daya lagi. Hal ini buatnya menjadi keuntungan lebih karena kamera profesional biasanya harus ganti baterai untuk proses shooting seharian.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar