Berita Perangkat Pintar

Samsung Rilis Neo Qled 8K 2022 di Indonesia, Ini Fitur-Fitur Baru dan Aksesoris Pelengkapnya

Samsung-Neo-QLED-8K-3.

Gadgetren – Dalam sesi Samsung Visual Display Media Forum 2022, Samsung memamerkan teknologi terbaru yang diusung oleh produk televisi pintarnya yakni Neo QLED 8K 2022.

Sebelumnya Neo QLED 8K 2022 telah diperkenalkan lebih dulu dalam ajang CES 2022 kemarin. Melalui media forum 2022 yang digelar secara daring ini, Samsung mencoba memberikan informasi lebih mendalam terkait produk terbaru ini dan dukungan aksesoris pelengkapnya.

Saat ini Samsung sudah memboyong televisi Neo QLED 8K 2022 dalam 2 model ke Indonesia antara lain QN900B berukuran 85″ dan QN700B berukuran 55″, 65″ dan 75″. Harganya mulai Rp29.169.000-Rp126.199.000 dan akan bisa dipesan melalui samsung.com pada tanggal 25 April sampai 6 Juni 2022 mendatang.

Selama periode pemesanan, pemesan akan berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai hingga Rp23.499.000 berupa cashback langsung, hadiah bundling, dan gratis modem. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Neo QLED 8K 2022 menawarkan peningkatan spesifikasi baik dari segi performa, visual, hingga fitur cerdas.

Di tahun 2022 ini Neo QLED 8K 2022 masih menggunakan Neural Quantum Processor 8K yang sama dengan tahun lalu namun Samsung memberikan beberapa pemolesan lebih baik agar semakin memanjakan visual penggunanya.

Secara ringkas teknologi baru yang dihadirkan dalam Neo QLED 8K 2022 meliputi 14-bit Contrast Mapping, Shape Adaptive Light Control, dan Neural Quantum Processor 8K. Dengan 14-bit contrast mapping, warna di layar Neo QLED 8K 2022 empat kali lebih presisi ketimbang generasi sebelumnya.

Kemudian, Shape Adaptive Light Control memungkinkan contrast ratio yang lebih baik lagi agar gambar bisa terlihat lebih cerah dan hidup. Sementara Neural Quantum Processor 8K yang sebelumnya berisi 16 neural network, kini 2022 Samsung meningkatkannya menjadi 20 neural AI network.

Tambahan empat neural network ini menurut Samsung akan menambah presisi dan akurasi dalam melakukan upscaling pada jenis konten tertentu seperti streaming OTT, video Youtube, siaran TV, dan lainnya. Menariknya, fitur ini juga memberikan peningkatan pada efek tiga dimensi dan peningkatan untuk game cloud.

Samsung-Neo-QLED-8K-4

Samsung juga menghadirkan fitur pintar lainnya pada Neo QLED 8K 2022 berupa Smart Calibration dan EyeComfort Mode. Dengan Smart Calibration, pengguna mampu mengalibrasi layar mereka dari menu atau melalui aplikasi Smart Calibration di handphone.

Lalu dengan EyeComfort Mode, TV akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya yang terdeteksi di lingkungan sekitar. Pembaruan Neo QLED 8K 2022 juga berpengaruh pada aspek Cloud Gaming yang mana pengguna kini tak perlu lagi mengunduh atau menginstal apa pun di perangkat TV ini.

Ditambah lagi, tampilan antarmuka Neo QLED 8K 2022 mendapatkan pembaruan termasuk Cloud Gaming dan HDR10+ Gaming untuk mengoptimalkan kualitas gambar untuk setiap genre game. Fitur HDR10+ Gaming sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman gaming lebih responsif dan akurat.

Tak ketinggalan, pada Neo QLED 8K 2022 juga menggunakan teknologi layar MICRO LED seperti produk TV pintar Samsung sebelumnya. Teknologi layar ini membawa pengalaman unik kepada pengguna berupa kualitas gambar seperti wujud aslinya dalam format modular.

Samsung-Neo-QLED-8K

Samsung kini telah mengembangkan MICRO LED dan menawarkan 100 persen color gamut DC, Adobe RGB, dan level warna hitam yang lebih baik. Di samping teknologi yang ada di dalam Neo QLED 8K 2022, Samsung juga melengkapinya dengan wireless speaker soundbar flagship Q990B.

Speaker ini mengusung bentuk persegi panjang yang tipis dengan ukuran panjang yang sama seperti TV The Frame. Soundbar ini dibekali 11.1.4 channel Dolby ATMOS,  perangkat utama, sebuah subwoofer, dan teknologi Q-Symphony yang menciptakan 3D soundscape.

Pada tahun ini Samsung juga telah menambahkan sejumlah aksesoris dan wall mount atau TV stand yang akan memberikan personalisasi menonton TV untuk setiap penggunanya. Di antaranya adalah Slim Fit Wall Mount yang memungkinkan pengguna bisa memiringkan atau memutar TV dengan celah hanya 19,5mm.

Samsung-Neo-QLED-8K.

Ada lagi wall mount untuk My Shelf yang memungkinkan pengguna bisa mendekor dinding di sekitar TV untuk menampilkan ruangan yang enak dilihat. Aksesoris lainnya ialah Studio Stand Solution yang diperbaharui dengan lapisan tembaga sehingga tampilan yang estetik.

Aksesoris baru lainnya adalah Auto-Rotation di mana pengguna akan bisa menikmati pengalaman menonton berbagai konten TV dalam format vertikal seperti TikTok dan Instagram Reels di layar TV yang bisa berotasi secara otomatis. TV yang kompatibel dengan aksesoris ini adalah The Frame, Neo QLED 4K, dan Neo QLED 8K 2022.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar