ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Wearable

Apakah Apple AirPods Bisa Untuk Android? Ini Jawabannya!

Apakah AirPods Bisa Untuk Android Header

Gadgetren – Perusahaan Apple juga mempunyai peranti audio nirkabel bernama AirPods untuk melengkapi ekosistem yang dikembangkannya selain perangkat berbentuk handphone, tablet, dan komputer.

Dengan menggunakan peranti ini, para pengguna dapat mendengarkan musik dengan cara lebih nyaman, membuat atau menerima panggilan telepon pada perangkat yang terhubung, hingga mengakses asisten digital Siri untuk melakukan sejumlah hal.

AirPods mempunyai beberapa fitur mutakhir seperti Active Noise Cancellation alias ANC (khusus versi Pro dan Max), opsi memutar musik secara otomatis ketika dikenakan atau menjedanya saat dilepas, serta beralih dari perangkat satu ke yang lain secara otomatis.

Bisakah AirPods Dihubungkan ke Android?

Meskipun dirancang agar dapat melengkapi ekosistem buatan Apple, AirPods ternyata juga mendukung perangkat non-Apple. Para pengguna handphone atau tablet Android bahkan bisa menggunakannya seperti peranti audio nirkabel secara umum.

Hanya saja, ada sejumlah catatan yang perlu diperhatikan saat menggunakan AirPods untuk perangkat non-Apple. Yang mana salah satu di antaranya, pengguna akan kehilangan sejumlah fitur ajaib dari peranti ini.

Sejumlah fitur tersebut termasuk di antaranya meliputi pairing cepat, penjeda musik otomatis, maupun indikator pengecekan baterai untuk peranti itu sendiri. Bahkan pada beberapa perangkat Android, fungsi active noise cancellation dari AirPods Pro pun tak akan bekerja.

Saat dipasangkan ke perangkat lain, dukungan terhadap Siri juga akan ikut nonaktifkan. Para pengguna bahkan tidak akan menemukan alternatif untuk hal itu karena AirPods juga tidak mendukung asisten digital lain, termasuk Google Assistant.

Kabar baiknya, beberapa fitur standar seperti kontrol untuk pemutar musik masih tersedia. Para pengguna pun dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi beberapa dukungan yang hilang, misalnya AirBattery untuk menampilkan indikator baterai dan mengaktifkan penjeda musik otomatis (khususnya Spotify).

Menghubungkan AirPods dengan perangkat Android pun mudah untuk dilakukan. Secara lebih rinci, para pengguna dapat mengikuti beberapa langkah berikut jika ingin melakukannya.

Cara Menghubungkan AirPods ke Perangkat Android

  1. Akses halaman pengaturan Bluetooth (tarik panel notifikasi dan tekan ikonnya selama beberapa saat)
    Apakah AirPods Bisa Untuk Android 1
  2. Nyalakan Bluetooth dengan mengetuk tombol yang sesuai
    Apakah AirPods Bisa Untuk Android 2
  3. Buka kotak pengisian AirPods
  4. Dekatkan ke perangkat yang akan dihubungkan
  5. Tekan tombol kecil di belakang kotak pengisian sampai lampu indikator berkedip-kedip putih (mode pairing aktif)
  6. Tunggu sampai perangkat Android menemukan AirPods
  7. Cari AirPods pada menu pairing Android
  8. Klik nama AirPods yang dimaksud untuk menghubungkannya

Secara khusus bagi pengguna AirPods Max, mode pairing dapat dilakukan dengan melepas perangkat dari smart case kemudian menekan tombol noise control hingga lampu indikator di tempat penyimpanan sebelah kanan berkedip-kedip.

Setelah berhasil menghubungkannya, para pengguna pun bisa memakai AirPods selayaknya peranti audio nirkabel lain. Koneksi di antara keduanya juga akan tersambung atau putus secara otomatis ketika perangkat Apple ini dilepas atau dimasukkan ke dalam kotak pengisian.

Jika handphone Android yang dipakai mendukung opsi pengisian balik nirkabel (reverse wireless charging), para pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk mengisi daya AirPods dengan menggunakan metode yang sesuai.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar