Aksesoris

AirPods Vs AirPods Pro – Apa Saja Bedanya?

AirPods vs AirPods Pro

Gadgetren – Tidak hanya laptop dan handphone saja, Apple juga telah menghadirkan earphone wireless yang terdiri dari AirPods dan AirPods Pro untuk mendukung ekosistem produknya.

Meskipun sama-sama berukuran kecil, namun AirPods dan AirPods Pro memiliki perbedaan mulai dari sisi desain hingga fitur yang ditawarkan. Sementara itu, AirPods telah memasuki generasi ketiga yang tentunya lebih canggih dibandingkan generasi sebelumnya.

Kedua earphone wireless besutan Apple ini sama-sama dibekali dengan sertifikasi IPX4 yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap cipratan air normal atau keringat dari segala arah. Semua produk ini pun telah dibekali fitur Audio Spasial dengan pelacakan kepala dinamis yang mampu menghadirkan suara seolah-olah berasal dari sekitar pengguna.

AirPods Pro sendiri sudah dirilis sejak tahun bulan Oktober 2019 silam. Sementara AirPods generasi ketiga (Gen 3) dirilis pada bulan Oktober 2021. Dengan kata lain, kedua produk ini memiliki usia yang terpaut dua tahun.

Meskipun begitu, AirPods Pro masih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan AirPods Gen 3. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan dari kedua produk ini, maka kamu dapat melihat informasi berikut ini

Perbedaan AirPods Vs AirPods Pro

Desain

AirPods Pro mempunyai desain ergonomis yang dibekali dengan eartips dalam tiga buah ukuran berupa Large, Medium, dan Small sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran telinga untuk memberikan kenyamanan.

Sementara AirPods generasi ketiga memiliki desain universal fit yang digunakan untuk semua ukuran telinga. Dengan kata lain, mau tak mau pengguna yang harus menyesuaikan desain dari perangkat ketika disematkan pada telinga.

Fitur Kenyamanan

AirPods Pro hadir dengan dukungan Active Noise Cancellation yang mampu mengurangi suara bising dari lingkungan sekitar sehingga pengguna dapat menikmati musik, audio dari konten, maupun telepon dengan suara yang jernih tanpa gangguan.

Tak hanya itu, AirPods Pro juga telah dilengkapi dengan fitur Transparency Mode yang memungkinkan masuknya suara dari luar agar dapat mendengar semua hal yang terjadi di sekitar tanpa melepasnya. Sementara AirPods generasi ketiga tidak dibekali dengan kedua fitur tersebut.

Daya Tahan Baterai

Pihak Apple menjanjikan earphone kiri dan kanan dari AirPods generai ketiga mampu bertahan selama 6 jam dalam sekali cas serta daya tahan baterai total hingga 30 jam ketika terhubung dengan MagSafe Charging Case.

Sementara AirPods Pro dapat bertahan selama 4,5 jam dalam sekali cas dan mempunyai daya tahan total hingga 24 jam ketika terhubung dengan MagSafe Charging Case. Meskipun begitu, daya tahan baterai akan berbeda-beda tergantung dari kebiasaan dan mode yang digunakan.

Kontrol Gesture

Pada saat pengguna menekan dan menahan bagian pinggir dari earphone selama beberapa detik, maka akan membuat AirPods generasi ketiga mengaktifkan Siri. Sementara AirPods Pro akan menukar Active Noise Cancellation mode atau Transparency mode secara bergantian. Namun pengguna masih dapat mengaktifkan Siri dengan perintah suara pada kedua produk ini.

Harga

Meskipun AirPods generasi ketiga dirilis lebih baru, namun harganya hanya US$179 atau sekitar Rp 2,57 jutaan. Lebih murah dibandingkan AirPods Pro yang mempunyai harga mencapai US$249 atau sekitar Rp 3,57 jutaan.

Spesifikasi AirPods Gen 3 Vs AirPods Pro

SpesifikasiAirPods Gen 3AirPods Pro
Fitur KenyamananAudio Spasial dengan Pelacakan Kepala
Adaptive EQ
Custom high-excursion Apple Driver
Custom high dynamic range amplifier
Audio Spasial dengan Pelacakan Kepala
Transparency Mode
Active Noise Cancellation
Adaptive EQ
Custom high-excursion Apple Driver
Custom high dynamic range amplifier
Vent system for pressure equalization
ChipsetH1 headphone ChipH1 headphone Chip
Daya Tahan6 Jam
total 30 jam (ditambah charging case)
4,5 Jam
total 24 jam (ditambah charging case)
SiriYaYa
Tahan Air Sertifikasi IPX4Sertifikasi IPX4
SensorSkin-detect sensor
Motion-detecting accelerometer
Speech-detecting accelerometer
Force Sensor
Dual optical sensor
Motion-detecting accelerometer
Speech-detecting accelerometer
Force Sensor
MikrofonDual beamforming microphones
Inward-facing microphone
Dual beamforming microphones
Inward-facing microphone
Dimensi dan Bobot30,79mm x 18,26mm x 19,21mm
bobot 4,28 gram
30,9mm x 21,8mm x 24 mm
bobot5,4 gram
HargaUS$179 atau sekitar Rp 2,57 jutaanUS$249 atau sekitar Rp 3,57 jutaan.

Tinggalkan Komentar