ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tips dan Trik

Biar Cepat Ditolong!! Begini Cara Membuat Kontak Darurat di Berbagai Macam Merek Handphone

Cara Membuat Kontak Darurat - Header

Gadgetren – Menambah kontak darurat sering terlewatkan oleh sebagian besar pengguna, padahal termasuk salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat mengatur perangkat pertama kali.

Dengan menambahkan kontak darurat, pengguna bakal lebih mudah dan cepat menghubungi seseorang jika sedang berada dalam kondisi berbahaya tanpa perlu membuka layar kunci terlebih dahulu.

Hal ini tentu bakal sangat berguna. Apalagi kontak yang ditambahkan tak hanya terbatas ke kerabat atau anggota keluarga lain tetapi juga bisa mencakup layanan darurat seperti polisi, ambulan, hingga pemadam kebakaran.

Dalam kondisi tertentu saat pengguna tidak bisa berbicara melalui telepon, fitur bawaan dari perangkat modern ini pun umumnya menawarkan dukungan mengirim pesan darurat secara otomatis.

Selain itu, fitur ini juga mendukung Emergency Location Service (ELS) yang akan berusaha mengirimkan lokasi terakhir pengguna agar para penolong bisa lebih mudah menemukannya.

Membuat kontak darurat sayangnya berbeda-beda untuk setiap perangkat. Masing-masing perusahaan melalui antarmuka sistemnya meletakkan fitur ini dengan lokasi dan nama berlainan.

Namun secara umum jika kamu membutuhkannya, berikut sejumlah metode yang bisa kamu pakai untuk membuat kontak darurat di berbagai macam tipe dan merek handphone.

Cara Membuat Kontak Darurat

Untuk Android Secara Umum

  1. Pertama, buka Settings
  2. Masuk ke menu About phone
  3. Cari bagian Emergency information
  4. Klik Add contact (cari Contacts terlebih dahulu jika belum ketemu)

Pengaturan informasi darurat (Emergency information) pada langkah di atas bakal tersedia untuk Android 10 ke atas. Pada sistem yang lebih lawas, pengguna bisa mencoba mengunjungi bagian Account (Users and Accounts).

Jika tidak menemukannya, kamu bisa mengikuti metode spesifik untuk menambahkan kontak darurat pada berbagai macam merek handphone populer berikut.

Untuk Samsung

  1. Buka aplikasi Contacts
  2. Klik Menu (ikon hamburger) jika diperlukan
  3. Pilih menu Groups
  4. Ketuk opsi Emergency contacts
  5. Klik Edit
  6. Ketuk tombol Add member
  7. Pilih kontak yang akan ditambahkan
  8. Tekan tombol Done
  9. Klik Save untuk menyimpan perubahan

Untuk menambahkan opsi bantuan, para pengguna perangkat Samsung Galaxy juga bisa mengaktifkan SMS darurat melalui bagian Settings > Advance Features > Send SOS Messages, lalu mengikuti petunjuk yang muncul.

Untuk OPPO

  1. Kunjungi halaman Settings
  2. Masuk ke bagian Security
  3. Pilih Emergency SOS
  4. Untuk pemakaian pertama kali, baca kebijakan layanan lalu klik Agree untuk menyetujuinya
  5. Tekan opsi Emergency Numbers
  6. Klik Add Emergency Contact
  7. Pilih hingga tiga kontak yang diinginkan
  8. Klik Add untuk menyimpan

Selain menambahkan kontak darurat, para pengguna perangkat OPPO juga dapat mengatur beberapa hal seperti kontak default hingga SMS SOS seperti di perangkat Samsung pada halaman Emergency SOS.

Untuk Xiaomi

  1. Masuk ke bagian Settings
  2. Cari dan pilih menu Password & Security
  3. Lalu buka Emergency SOS
  4. Aktifkan opsi Emergency SOS
  5. Klik Add lalu pilih kontak yang akan ditambahkan
  6. Klik Send now jika diperlukan untuk mengirim pesan pemberitahuan

Para pengguna handphone Xiaomi dapat menambahkan beberapa kontak darurat jika menginginkannya. Mereka pun bisa mengelola kontak di masa selanjutnya dengan mengetuk opsi Emergency contact di halaman pengaturan tersebut.

Untuk realme

  1. Buka Settings yang ada di handphone realme
  2. Cari bagian Security lalu klik opsinya
  3. Tekan menu Emergency SOS
  4. Baca dan setujui ketentuan layanan dengan mengetuk Agree jika baru pertama kali menggunakannya
  5. Pilih Emergency numbers
  6. Klik Add Emergency Contact
  7. Pilih kontak yang ingin ditambahkan
  8. Klik Add

Pada dasarnya pengaturan Emergency SOS di realme hampir sama dengan OPPO karena memang keduanya adalah perusahaan yang masih berada dalam satu naungan pada akhirnya. Jadi, pengguna bisa membaca bagian pengaturan OPPO jika membutuhkan informasi lainnya.

Untuk iPhone

  1. Buka aplikasi Health
  2. Ketuk foto profil pengguna
  3. Klik Medical ID
  4. Ketuk tombol Edit
  5. Cari bagian Emergency contacts
  6. Klik opsi add emergency contact
  7. Pilih kontak yang ingin ditambahkan lalu masukkan hubungan
  8. Tekan Done untuk menyimpannya

Perlu diingat bahwa langkah di atas tidak akan langsung menghidupkan opsi panggilan darurat. Jika ingin menginginkannya, pengguna perlu masuk ke aplikasi Settings > Emergency SOS lalu mengaktifkan opsi Auto Call dan sejumlah opsi yang dibutuhkan.

Sayangnya, tidak semua tipe dan merek handphone mendukung opsi kostumisasi kontak darurat seperti perangkat buatan vivo. Namun jangan khawatir, pengguna masih bisa memanfaat fitur panggilan cepat (speed dial) yang ada di dalamnya atau menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar