Tips dan Trik

Apakah Ada Cara Menghapus Banyak DM Instagram Sekaligus?

Cara Menghapus Semua DM Instagram Sekaligus Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Menghapus DM (Direct Message) Instagram memang bukan hal yang sangat sulit untuk dilakukan sehingga para pengguna tak perlu menggunakan tips atau trik khusus untuk hal itu.

Selayaknya aplikasi pesan singkat pada umumnya, fitur DM Instagram memang mempunyai sejumlah dukungan yang mana dapat digunakan oleh pengguna untuk mengelola semua percakapan pribadi.

Dukungan untuk menghapus pesan menjadi salah satu di antaranya. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menyederhanakan halaman DM dengan membersihkan berbagai macam percakapan yang sudah tak diinginkan.

Untuk menggunakannya, kamu bisa secara langsung mengunjungi halaman DM dengan mengetuk ikon Messenger atau Pesawat Kertas di bagian pojok kanan atas halaman beranda Instagram.

Bagi yang belum tahu, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut jika ingin menghapus percakapan tertentu dari halaman DM Instagram.

Cara Menghapus DM Instagram

  1. Login ke aplikasi Instagram
  2. Masuk ke bagian Direct Message
    Cara Menghapus Semua DM Instagram Sekaligus - 1
  3. Cari percakapan yang ingin dihapus
  4. Tekan percakapan selama beberapa detik jika menggunakan handphone Android atau geser ke kiri untuk perangkat iOS
  5. Pilih opsi Delete pada menu yang muncul
    Cara Menghapus Semua DM Instagram Sekaligus - 2
  6. Konfirmasi dengan tombol Delete sekali lagi jika diperlukan

Namun tentu saja, kamu membutuhkan durasi lebih lama dan sangat merepotkan jika ada banyak percakapan yang perlu dihapus dengan menggunakan langkah-langkah di atas. Lalu apakah ada cara menghapus DM sekaligus secara bersamaan?

Bagaimana Cara Menghapus Semua DM Instagram Sekaligus?

Menghapus DM Instagram sekarang ini sayangnya tidak bisa dilakukan secara serentak alias hanya satu per satu. Fitur pengelola masal dulu memang ada, tetapi mulai ikut hilang sejak tampilannya berubah.

Melalui pembaruan akhir tahun 2020 kemarin, DM Instagram resmi mengadopsi dukungan dari Facebook Messenger untuk menciptakan percakapan lintas platform. Hal ini turut mengubah tatanan di dalamnya termasuk pada menu pengelola pesan masal.

Dengan begitu, kamu yang ingin menghapus semua DM Instagram sekaligus harus sedikit bersabar. Kamu mungkin bisa menempuh jalur lain seperti menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga tetapi tidak saya sarankan.

Seperti apa yang kita tahu bersama, aplikasi pihak ketiga sangat rentan terhadap pencurian data karena biasanya untuk mengakses DM perlu kredensial akun Instagram itu sendiri.

Apalagi selain itu, aplikasi-aplikasi yang tersedia secara resmi di toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple Apps Store umumnya belum cukup mumpuni untuk melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu supaya lebih aman dan nyaman, alangkah baiknya kamu tetap menggunakan cara di atas jika ingin menghapus semua DM Instagram meskipun membutuhkan waktu lebih lama karena tidak bisa langsung sekaligus.

Tinggalkan Komentar