Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menghapus Riwayat Panggilan di Instagram, Adakah?

Cara Menghapus Riwayat Panggilan Instagram - Header

Gadgetren – Menghapus riwayat panggilan pada berbagai macam layanan memang sangat mudah untuk dilakukan, tetapi hal itu sayangnya tidak berlaku untuk fitur yang ditawarkan oleh Instagram.

Bagi kamu yang belum tahu, aplikasi Instagram sekarang ini memang mempunyai fitur khusus yang bisa kita pakai untuk membuat panggilan suara maupun video. Dukungan tersebut tersedia setelah DM (Direct Message) dan Facebook Messenger resmi bergabung.

Kita tentu dapat memanfaatkannya sebagai alternatif yang pas untuk menghubungi seseorang ketika kehabisan pulsa utama atau pengganti beberapa layanan komunikasi berbasis internet seperti LINE, Telegram, Google Meet, atau WhatsApp sedang down.

Dukungan yang terhitung baru tersebut sayangnya terlihat belum sempurna. Masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki, termasuk salah satu di antaranya mengenai kemampuan untuk mengelola history atau riwayat panggilan.

Sampai pada saat artikel ini diterbitkan, belum ada opsi khusus yang bisa dipakai untuk menghapus sepenuhnya riwayat panggilan yang kita lakukan di dalam aplikasi Instagram. Kita hanya bisa melakukannya untuk informasi yang termuat di dalam percakapan.

Berbeda dengan kebanyakan layanan, setiap panggilan yang kita lakukan di Instagram juga akan tercatat di dalam percakapan Direct Message. Alih-alih bisa menghapus riwayatnya secara langsung, kita hanya dapat membersihkan catatan tersebut.

Adapun untuk menghapus catatan panggilan di dalam Direct Message Instagram bisa ditempuh dengan cara seperti biasanya. Kamu yang belum tahu dapat menyimak langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut dalam ulasan berikut.

Cara Menghapus Catatan Riwayat Panggilan di DM Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Login dengan akun yang dimiliki
  3. Akses halaman DM dengan mengetuk ikon Messenger atau usap layar ke kiri di halaman utama
    Cara Menghapus Riwayat Panggilan Instagram - 1
  4. Masuk ke tab Chats
  5. Sentuh beberapa detik percakapan yang ingin dihapus
    Cara Menghapus Riwayat Panggilan Instagram - 2
  6. Pilih Delete pada menu yang muncul
    Cara Menghapus Riwayat Panggilan Instagram - 3
  7. Konfirmasi dengan mengetuk Delete
    Cara Menghapus Riwayat Panggilan Instagram - 4

Perlu saya tegaskan sekali lagi bahwa beberapa langkah di atas hanya akan menghapus informasi panggilan yang ada di dalam percakapan DM Instagram terkait. Daftar riwayat pada tab Calls sayangnya tidak akan terpengaruh sama sekali.

Saya percaya perusahaan Meta yang sekarang menaungi layanan Instagram sudah mengetahui hal itu. Jadi kita hanya bisa berharap bahwa fitur menghapus riwayat panggilan akan meluncurkan di beberapa pembaruan selanjutnya.

Tinggalkan Komentar